Pages

Senin, 10 Maret 2014

Babak 1: Bikin Visa Jepang... Yuk maree! [Part 3] - The Result

Lanjutan dari postingan sebelumnya

Datanglah judgement day (lebay) yaitu hari Rabu, 5 Maret 2014. Sebelumnya gue apply visa, dan disuruh dateng kembali hari Rabu untuk ambil visa, JIKA TIDAK ADA MASALAH.

Kalau ambil Visa itu ga sama jamnya sama kayak apply Visa. Jam untuk ambil Visa itu jam 13.30-15.00. Yang artinya, gue mesti masuk kantor pas pagi dan menghilang di siang hari.

5 Maret 2014
Singkatnya, gue tiba di kedutaan Jepang jam 13.20, seperti biasa gue tuker KTP, masuk ke ruang pemeriksaan, masuk ke ruang tunggu, ambil nomer antrian dan dapet nomer A 178. Lalu gue duduk. Saat itu belom dibuka lagi tirai kehidupan alias orang-orangnya belom mulai, karena ya belom jam 13.30 juga.

Tepat pukul setenga 2 waktu setempat, tirai kehidupan itu mulai diangkat, dan sudah gue duga, yang buka duluan dan mulai duluan adalah Nihonjin di loket 4 dan 5. Ga lama, si loket 1,2,3 buat visa dibuka juga. Dipanggilah satu2 mulai dari nomer 148 yang artinya masih 30 orang lagi. 149, 150, 151, gue duduk sambil melihat orang lalu lalang bawa tanda terima dan duit... eh duit ya... EHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH????? DUITTT!


OMG GUE LUPA KALAU GUE MESTI PUNYA 700 RIBU secara temen gue nitip ke gue buat ambil visa. GUE LUPA SELUPA-LUPANYA. Di dompet cuma ada 300 ribuan, entah, ga cek juga, tp yang pasti 700 ribu itu ga ada.

Fyi, buat visa single entry itu 350 ribu rupiah yah per orang. Mesti bayar tunai di tempat, ga pake GESEK. Sah? Tsah!

Ga pake mikir, gue langsung masukin lagi tanda terima semua ke tas, dan nomer antrian reflek gue masukin kantong (sempet kepikiran mau gue buang), trus pergi keluar buat nyari ATM... drama bgt. Gue pikir gue ga bakal ada drama kayak di sinetron gini.

Ngibrit ke Plaza Indonesia pake lari, dan dengan sangat terpaksa ngambil duit di ATM lain yang bukan BeceA karena itu doang yg deket dan ga ngantri. Ga pake belanja dulu (yaeyalah), gue langsung balik (pake lari) dan berharap belom nyampe nomer 178 atau gue harussss ngantri lagi.

Pas balik, sama lagi, tuker KTP (tu satpam bingung kali gue lagi, gue lagi), trus masuk ke bagian pemeriksaan ...di pikiran gue cuma, PLISSSS JANGAN lewat dari 178

Masuk lagi ke ruang tunggu, langsung melototin nomer antrian. Yokatta~~ Puji Tuhan, ternyata baru nomer 168. Huah... Masih bisa. Untung ga gue buang tu nomer antrian. Sambil whatsap temen gue, dan nahan geter2 di kaki (kebanyakan lari, maklum ga pernah olahraga) dan ngos2an, gue nunggu nomer 178 dikumandangkan :D

Lalu tibalah nomer 178 dikedap kedipin dilayar *wink wink*... kyaaa~~ Akhirnya giliran gue.

Petugas (cowok): "Selamat siang Ibu, nomer 178 ya"
Gw: "Iya" *ngasih slip tanda terima sama nomer antrian* *ga pake bales salam, maap ya mas*

Terus petugasnya ngambil paspor gue. Sementara gue berdoa biar dia ga bilang kata2 penolakan seperti "Maaf kita belum bisa..." atau semacamnya (padahal gue jg ga tau kalimat penolakan visa kayak gimana)... Setelah dia ngambil, dia malah mengucapkan kata2 sakti berikut: "2 Visa... jadi 700 ribu ya"

YAAAAAAAAAAHAAAAAAAAAAAAAA~~~

Puji Tuhan! di APPROVE saudara2 :D. Yup, kalau udah disuruh bayar artinya visa Anda di approve, kalau ngga diapprove, ga bayar. Buat mahasiswa, gratis! Segera gue keluarkan 700ribu dan gue kasih ke mas2nya. HOREEEE!!!!

Btw, dia ga ngasih liat visa gue, beda sama petugas sebelahnya si obachan yang setiap orang ngambil visa selalu diliatin visanya. Abis ngambil paspor gue ma temen gue, langsung deh gue buka tu halaman visa *belom percaya kalau ga liat sendiri* dan akhirnya...

demi kenyamanan bersama, foto dan keterangan lain tidak diperlihatkan :)

SELESAI SUDAH PERJUANGAN GUE MENGURUS VISA. DREAM COMES TRUE. Negara yang gue impikan selama gue mengenal Doraemon buat gue kunjungi akhirnya beneran bakal jadi kenyataan :'D

Setelah itu gue ngecas dulu di luar ruang tunggu (ada 3 colokan disini cuy dan gue dengan bodo amatnya ngecas disini, demi si hape bocorrrr) dan ngamat2in yg keluar dari ruang tunggu. So far yang gue liat mukanya belom ada yg ditekuk alias yang nampak seperti "ditolak". Yang gue liat malah 4 sekawan yang naik ke lantai atas. Nampaknya ada masalah dengan pengisian form visa nya. Tapi kenapa harus ke atas?

Kelar mengamat-amati, gue pergi... bukan buat pulang tapi ke Grand Indonesia. hahhaahhaahhaa.

Bikin Visa Jepang ternyata emang ga sulit. Terbukti dari pas gw apply visa, gw ga ditanya apa2. Dalam artian, kalau emang semuanya dah ada disitu (dokumen2 yang diperlukan), ya udah. Dan 4 hari kemudian, situ dapet visanya deh. Syarat2 buat visa Jepang termasuk mudah kayaknya ya. Ga perlu minta surat rekomendasi dari bank dan print rekening koran (kalau Korea katanya wajib ya?), ga perlu punya tabungan ampe 30-50 juta (kalau Eropi, Aussie, atau Ameriki kayaknya wajib ya punya tabungan gede).

That's it. Sampai bertemu di bulan April dear Japan. Akhirnya kita berjodoh ya abang2 ganteng (ngelirik Arashi)

*end*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar