Pages

Senin, 03 Maret 2014

Babak 1: Bikin Visa Jepang... Yuk maree! [Part 2]

Ini lanjutan dari post sebelumnya
Setelah syarat2 dirasa lengkap, masukin amplop atau map, dan pagi2nya kita berangkat ke Kedutaan Jepang di Indonesia :D

Seperti yang sudah eyke bilang, kalau apply visa itu pagi2. Mulai dari jam 08.30-12.00 WIB.

Jumat, 28 Februari 2014
Gue sendiri berangkat sedari jam 6.15 pake Commuter Line alias kereta, dan sebetulnya nyampe Stasiun Sudirman udah dari jam 7an. Lah masih pagi banget yak. Jadi eyke ma temen eyke duduk dulu sembari mencocokan dokumen. Setelah setengah jam berada di sana dan merasa sudah cocok maka kita pergi ke kedutaan dengan... JALAN KAKI. Deket kok, percaya deh. Anggep aja latihan sebelum jalan-jalan di Jepang, biar kuat gitu kakinya.

Skip bagian jalan kaki, melihat bunderan HI yang isinya ada orang-orang baju hijau lagi megang spanduk kampanye entah-siapa-dia.

Tiba lah kita di Kedutaan Jepang! letaknya ada di sebelah Plaza Indonesia. Kalau naik TransJakarta turunnya di Halte Bunderan HI (Tapi sampai tulisan ini dibuat sih masih ditutup Halte Trans Jakartanya gara2 MRT). Belom jam 08.30 nih, tapi ternyata kita boleh masuk aja tuh tuh tuh. Ga begitu rame sih pas mau masuk, tapi kita kudu antri dulu. Yah sekitar 8 orang lah disitu. Abis masuk, tuker KTP ma kartu masuk (sebut saja demikian, gue dapet nomer 26!), masuk ke ruang pemeriksaan macam di bandara atau di SENCY, lalu kita masuk ke ruang tunggu. Dan sebelum masuk ke ruang tunggu, gw melihat poster-yang-sebetulnya-sudah-pernah-gue-liat-dari-bulan-Desember tapi tetep bikin gue senyuuummm selebar-lebarnya.

Perkenalkan, mereka adalah ARASHI!!!!!!
OMG... KYAAAAA... KYAAAAA!!!
Ga perlu dijelasin ya kenapa gue sumringah.

Di dalem ruang tunggu ada sekitar 5 loket. 3 loket visa dan 2 loket buat warga Jepang (nampaknya). Dari 3 loket visa itu, 1 loket buat travel agent. Jadi buat kite-kite sisa 2 loket aja gitu. Yah ga masalah, toh ga banyak yang dateng saat itu. Oh iya, pas nyampe, langsung ke mesin (ada 2 biji mesin) buat ambil nomer antrian. Jangan lupa ambil yang buat VISA. Jangan sebelahnya (kalau ga salah bagian Visa itu mesin sebelah kiri).

Pas temen gue ambil, ternyata dapet nomer A 010. Wiiwww. nunggu 9 orang dulu. Waktu itu belum ada loket yang buka. Maklum, belum waktunya tuh. Masih jam 8.15. Dan perlahan sebelum jam 8.30, loket 4 sama 5 alias yang buat Nihonjin (nampaknya) dibuka. Yang jaga juga Nihonjin. Setelah itu loket buat Visa dibuka juga, yang jaga bukan Nihonjin *yaeyalah*. Yang travel agent langsung ngicir ke loket 1 tanpa diminta. Sementara nomer A 001 buat orang awam macam gue yang mau apply visa mulai dikumandangkan.

"Aaaa, deg2an..." itulah pikiran gue saat itu. This is the first time gue apply visa cuyyy. Agak2 nervous, takut kalau petugasnya galak, atau banyak cingcong, atau pertanyaan2 ga jelas seperti yang pernah gue baca di internet. Sebetulnya sih yang bikin gue agak lebay nervous begitu adalah karena dari sekian cerita kesuksesan orang2 dalam apply visa Jepang yang gue baca, gue, 2 hari yang lalu akhirnya (ga sengaja) baca cerita seseorang yang... GAGAL. hahahahahahaha. jadi deh gue kepikiran, takut ga di approve *agak lebay, tapi ya gitu deh*

Gue, pas baca cerita agan-aganwati yang laen, kayaknya 99% pas apply ditanya sesuatu sama petugasnya, entah itu, "ngapain di Jepang?", "sama siapa?", "punya temen di sana?" dan semacam itu. Gue pun mempersiapkan diri ma temen gue biar agak kompak gitu jawabnya, soalnya ntar pasti ditanya-tanya juga. Ya... itu pikiran gue.

Skip bagian nunggu antrian, pas nomer 10 dikedapkedipin di monitor, temen gue langsung nyelonong ke sono...  Pas di sana petugas loketnya cewek, cantik. Kita kasih dokumen2 kita, ga pake amplop coklatnya, karena langsung ditolak ma doi kalau dikasi plus amplop2nya. Abis itu doi langsung kasih tanda terima yang suruh kita isi disitu, ada 2 rangkap, 1 buat dia, 1 buat kita. Kita isi, sembari dia jedak jeduk alias ngecap in dokumen2 yang kita kasih. Selesai nulis, kita kasih balik ke mbak2nya, mbak2 nya pun ngasih lagi tanda terima yang kita isi tadi (yang lembaran buat kita) dan bilang:

"Ini tanda terimanya, dibawa lagi nanti pas ambil visa, kalau ga ada masalah hari Rabu dateng lagi ya jam stenga 2"
...
....
.....

Gue (dalem hati): "Eh, udah? UDAH? GITU DOANG? Kok ga ditanya apa2? eeeehhhhh???" *kebanyakan nonton dorama Jepang ya gini deh*
itu yang pengen gue ungkapin, tapi gue lebih penasaran sama kata-kata mbaknya...

"KALAU GA ADA MASALAH DATANG LAGI HARI RABU"

Maksudnya kalau ada masalah ga usa dateng? Apa ntar dikasi tau? Apa ntar kita mesti konfirm sebelumnya kalau mau dateng? Apa... apaaaa... apaa....

Kenyataannya pertanyaan gue cuma:
Gue: "Jadi dateng lagi hari Rabu?"
Mbak Petugas: "Iya"

....
krik.

Oke deh, makasih ya. Itu dia kata-kata perpisahan kita ke Mbak Petugas.

Abis kelar, temen gue nanya, "ini boleh diwakilin ga ya ngambil visanya?"
Gue: "Katanya boleh... Mau?"
Temen: "Boleh deh, gue dah bingung mau alesan apa ijinnya"
Gue (dalem hati): "Cuma gue emang yang kurang ajar keluar masuk kantor seenak jidat"
Gue: "Yah harusnya tadi nanya ya ke Mbak2nya (bisa atau ga diwakilin), yaudahlah ntar ditelepon aja kedutaannya"

[update] ternyata boleh kok diwakilin pas ngambil Visa. Gue ga nelpon sih, tapi ada di FAQ di web kedutaan Jepang.

Keluarlah kita, sebelum itu gue foto dulu Arashi yang mejeng disitu :D dan ke WC. Kelar urusan, kita pulaaaangggg...... ke kantor masing-masing dan berdoa semoga hari Rabu yang kami terima adalah kabar baik. AMIN.

Semoga kita berjodoh ya abang2 ganteng di 2014 (nunjuk poster di atas)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar