Pages

Rabu, 01 Mei 2013

Review: Her Sunny Side

*tulisan diedit karena udah nonton movienya*

Selagi masih ada semangat buat review, gw mau review lagi, kali ini bukan Anime, bukan Komik tetapi Novel.

OOT dulu...

Selama gw hidup 23 tahun, dari gw belajar membaca sampai gw menuliskan kalimat per kalimat di sini, novel yang gw beli di hidup gw cuma berjumlah... 2. Sebetulnya 3 sih, si Poconggg ntuh. Tapi gw anggep itu bukan novel :p

Dibandingin sama jumlah komik gw yang maha dahsyat jumlahnya (yah 500 udah lebih lah) tentu jumlah Novel ini kelewat dikit dan dipastikan gw bukan penyuka Novel. Atau lebih tepatnya gw orang yang ga bisa baca novel... sampai selesai. 


2 Novel yang gw punya itu Botchan dan Her Sunny Side. Botchan gw beli di tahun 2009 (mungkin) dan sampai detik ini, gw belom menyelesaikannya. Bahkan dengan hebatnya gw pinjemin si Botchan ke temen gw. Ketika temen gw berkoar soal endingnya, gw cuma bisa ngangguk2 monyet gitu deh.



Makanya ga heran kalo gw rasanya perlu menuliskan review si Her Sunny Side karena gw berhasil membacanya sampai selesai *tebar bunga*. Ah tapi ini bukan yang pertama kok, seinget gw, gw pernah pas SMP minjem novel horror dan berhasil gw tamatkan kurang dari seminggu *seluruh kemampuan gw kerahkan demi ga telat balikin ke perpustakaan*



Indonesian version
Japanese version.
Her Sunny Side adalah novel terjemahan karya Koshigaya Osamu yang berjudul asli Hidamari no Kanojou (陽だまりの彼女) yang di Indonesia diterbitkan oleh Penerbit Haru seharga Rp 51.000 dan sudah tersedia di toko2 buku terdekat Anda sejak awal April 2013.

Alasan kenapa gw membeli (yak membeli bukan minjem! catet) novel ini adalah... yak adalah karena Jun Matsumoto bakal membintangi film ini XD Hidup fangirl! Yup Her Sunny Side ini di Jepang sudah dibuat filmnya dan akan tayang di sana pada tanggal 12 Oktober 2013 :) Pemerannya adalah Matsumoto Jun (kecengan gw dari 2010), Ueno Juri (tau dorama Nodame Cantabile? Pasti tau doi) dan lain lain (alias gw juga ga tau lagi)

Yak karena gw fans Arashi, gw merasa perlu beli novel ini, ditambah lagi ichiban gw bakal jadi bintang utama di filmnya. HARUS beli. Itu dia alasannya. So simple, right? Jadi kalo ga ada Jun, ga beli dong? YA, Anda benar!


Kisah dimulai dari Okuda Kosuke yang sedang bekerja tiba-tiba bertemu lagi dengan Watarai Mao yang merupakan teman SMPnya. Berbeda dengan Mao dulu yang bodoh, saat ini Mao sudah berubah, Baik segi penampilan maupun segi kemampuan otak. Maklumlah, Mao dulu disebut anak bodoh di sekolahnya karena gagal dalam semua pelajaran (sigh). Mereka tidak saling melupakan saat bertemu lagi di dunia kerja, atau lebih tepatnya tidak mungkin melupakan, karena bagi Mao, Kosuke adalah malaikat penolong dia dan Kosuke sendiri diikuti setiap hari oleh Mao. Waktu Mao dikerjai temannya dengan mengolesi rambut Mao dengan mentega (insiden Mentega) tidak ada satu pun yang perduli, kecuali Kousuke. Aksi hero Kosuke pun dibayar mahal dengan dijauhi teman-temannya dan dianggap si Galak (eh lupa ah di novelnya sebutannya apa). Hal ini tentu membuat keduanya makin akrab, karena memang tidak ada lagi yang mau berteman dengan mereka dan karena persamaan nasib itulah akhirnya mereka jadi suka bermain bersama (terpaksa bermain bersama kalo untuk Kosuke). Yah mau ga mau daripada ga punya temen sama sekali *ngoook*


Ketika bertemu lagi di kehidupan kerja, mereka pun kembali berteman, bahkan lebih akrab lagi. Mereka yang saling menyukai pun, singkat cerita, akhirnya memutuskan untuk menikah. Sejauh ini terlihat adem ayem aja sih ceritanya. Kira-kira sampai seperempat novel, belom ada yang mengganjal pikiran lah, kecuali rencana mereka buat kawin lari *omigottt masih jamaaannn* Alasan kawin lari adalah karena orang tua Mao terlihat ga merestui karena ternyata si Mao itu menderita penyakit (?) yang membuat dia lupa kehidupan sebelum SMP alias kehidupan sebelum dia diasuh (yup dia bukan anak kandung)


Kehidupan saat setelah menikah pun biasa-biasa aja. Belanja bareng, pergi bareng, nonton konser bareng, selalu ada ciuman selamat pagi dan selamat tidur, duh mesra deh *sambil ngebayangin si Jun sama Ueno Juri tapi ganti muka gue* Tetapi di balik semuanya itu, sepertinya Mao menyimpan rahasia yang belum pernah dia beritahu kepada Kosuke. Tingkah Mao pun terkadang suka aneh seperti menangis berlebihan saat temannya akan pulang seakan-akan tidak akan pernah bertemu lagi. Ia juga menyimpan uang yang suangat banyak yang ga tau buat apaan dan lain sebagainya. Apa sebetulnya rahasia Mao itu? Mengapa dia sangat merahasiakan hal itu kepada Kosuke? Well, silahkan baca sendiri.


Kosuke sendiri menurut gw adalah tipe pria idaman. Meskipun (kayaknya) ga disebutkan kalau dia tampan (gw cuma bayangin Jun aja deh) dan pinter, tapi untuk kepribadiannya, gw acungkan jempol. Selalu minta maaf saat sadar dirinya salah ke pasangannya (misal pas Kosuke teriak marahin Mao), perhatian, tidak suka menuduh-menjudge, penyayang binatang (kucing), dan meskipun terlihat kaku tapi dia ngerti kesenangan pasangannya dan berusaha selalu supaya pasangannya bahagia (teringat adegan pot bunga)... "Tetaplah di sampingku, itu sudah cukup" hahahah sering denger sih, tapi tetep bikin gimanaaa gitu *ngebayangin Jun yang ngomong soalnya*


Ga heran kalo Novel ini di cap sebagai novel no. 1 yang direkomendasikan cewek untuk cowok di Jepang sana ;) Boys, you should learn lot of things from Kosuke. Mungkin bagian yang paling ingin ditekankan adalah jangan pernah menyerah untuk mempertahankan cintamu. Ya kan? cinta jangan setengah-setengah deh.


Mao sendiri menurut gw adalah tipe gadis "blo'on" biasa. kadang terkesan egois, angin2an (ini yang paling) tapi loveable menurut gw. Kepribadiannya menyenangkan. Gw suka tipe cewek ceria seperti ini ;p


Ending

Menurut komen orang-orang yang sudah membaca si Her Sunny Side ini, kebanyakan (dan kayaknya semua deh) bilang kalau ENDINGNYA TAK TERDUGA. Yah buat gw sendiri, kalo gw ga kena jebakan betmen (ada gitu yang ngasih sopiler dan gw ga sengaja baca errrghhh) pasti Endingnya terasa lebih seru -____-

Result

Untuk gw yang jarang baca Novel, Her Sunny Side menurut gw termasuk novel yang cukup bagus, apalagi menjelang akhir, gw makin ga mau lepasin ni novel (kalau pas awal sih 20 halaman udah tutup buku, lanjut kapan lagi). Di bagian tengah mungkin agak membosankan soalnya kehidupan mereka adem ayem aja sih *ga suka bgt sih gw* ... Tapi mungkin akan terbayarkan oleh endingnya yang Unpredictable.

Overall: 3.5/5


Tapi mungkin untuk filmnya bakal gw kasih 5/5 (ga usah nonton, gw udah tau nilainya *Jun biased* /bricked/) 


Oke buat filmnya, menurut gw INDAH BANGET. Karena mungkin judulnya Hidamari no Kanojo alias Her Sunny Side, jadi brightness di film ini agak2 lebih dari film pada umumnya XD Jadi pas kita liat filmnya tuh kayak "cerah banget ya ni film" ahaha.

Ceritanya sendiri ga semuanya persis kayak di Novel. Banyak adegan yang dilewatin (kalo ga bisa 6 jam sendiri mungkin) tapi ga ngurangin inti dari cerita kok. Mungkin disini lebih banyak flash back tentang masa lalu Kosuke. TAPI menurut gw ini film benar-benar indah deh. Dari segi scenery, adegan2nya, OST, slow motionnya XD Oiya, OST Wouldn't it be nice - The Beach Boys yang terdengar ceria kalau digabungin sama cerita ini bakal terdengar sedih. Percaya deh, apalagi di bagian akhirnya... Nonton dulu aja makanya :)

Pada akhirnya gw emang harus memberikan banyak jempol ke Ueno Juri. Gw suka banget sama aktingnya bener bener mirip .... (ntar sop iler lagi)

Untuk Jun, cinta itu buta, bagaimanapun akting Jun gw bakal tetep suka XD ahahaha becanda. Bagus kok akting Jun disini. Apalagi di bagian tengah sampe akhir lovelovelovelove it.

Khusus filmnya gw kasih 4.5/5 (karena indahnya ni film >> 4, ditambah Jun >> 4.5 (tambah 0.5))

Buat yang belom tau, Jun (Matsumoto Jun) itu salah satu anggot Arashi dan juga pemeran Domyouji Tsukasa di Hana Yori Dango. Yak si Dao Ming Tse (Jerry Yan) nya Meteor Garden. Kalo di versi Koreanya yang main si Lee Min Ho.

Sedangkan si Ueno Juri mungkin banyak yang tau saat dia jadi si Megumi Noda di Nodame Cantabile. Jadi soal kemampuan ga usah diragukan lagi. Menurut gw mereka udah cocok banget lah meranin karakter ini.


Her Sunny Side film version (taken from here). 
Kiri: Ueno Juri (Watarai Mao) kanan: Matsumoto Jun (Okuda Kosuke)

dan ini spoiler filmnya uwoooo uwooo Kosuke Mao <3
-all gifs below are mine :)-

 
 



So buat kamyu-kamyu yang suka cerita romantis yang unyu unyu gitu, silahkan beli dan baca Her Sunny Side serta jangan lupa nonton filmnya *ada kecengan gw coyyy /dibuang ke jurang/*


Have a sunny day :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar