Pages

Senin, 28 April 2014

Hello Japan [Day 2]

Rute: Haneda - Sengakuji - Tokyo Tower - Minami Senju - Ueno Park - Ueno Zoo

Dari Haneda ke kuil Sengakuji (yang ada di stasiun Sengakuji juga) cuma naik 1 kali kereta kok, harganya ¥410. Setelah itu kita naik lift (berhubung bawa barang) dan pas keluar langsung aja ke kanan terus luruuussssss terus ampe ketemu tu Sengakuji Temple. Kalau ga nemu, ya tanya orang ya...


Biasakan pake awalan "Sumimasen" (yang artinya: maaf) pas mau nanya :D Yah semacam pengganti Excuse me lah. Selebihnya hajar aja pake bahasa Inggris (lol)... Semisal "Do you know Sengakuji temple?"... atau langsung aja tembak... "Sengakuji temple?" tambahin kata "Dokko" yang artinya "Dimana" kalau mereka masih bengong ga ngerti. 99% pasti mereka bantu (berdasarkan pengalaman 12 hari disana)

Lalu setelah selesai bertanya (entah elu paham ato ngga) jangan lupa ucapkan "Thank you" atau "Arigatou gozaimasu" -- pake nunduk2in kepala biar lebih afdol ngikutin ala orang Jepang

Keluar dari lift ini nih abis itu ke kanan aja dan...

Ketemulah kuil nya :D
 Sayang disayang, pas kita dateng, belom buka tuh kuilnya TwT baru buka sekitar pukul 8 atau 9 (lupa), jadi deh cuma foto depan kuil aza.
masuk gang dikit ada sekolahan ternyata dan... SAKURAAAA...
sakura pertama yang gw temuin di Jepang TwT *bahagia*
Karena Sengakuji-nya juga ga belom buka, dan ga ada niatan buat nungguin ampe buka, jadi deh kita balik lagi buat menuju ke Tokyo Tower sebelum ke Hotel kita di deket stasiun Minami Senju.

Pas balik ke arah stasiun, temen gw liat resto di sebelah lift mau ke Sengakuji stasiun itu. Liat gambar dan harganya (fyi, setiap resto 90% ngasih liat menu dan gambarnya dan harga di depan, jadi ga perlu nebak2 ini resto apaan) udah cocok nih (prioritas pertama yg harganya di bawah 500yen).

Akhirnya kita masuk, dan kebetulan ada orang juga yang masuk sebelum kita. Doi pun menuju mesin... Eh, ternyata ini resto yang mesennya pake mesin. Gw sih dah tau beberapa resto punya mesin buat mesennya. TAPI... ternyata tulisannya KANJI semua T__________T maaf ya, kami belom sempet belajar baca tulisan2 macam ini.

5 menit ngotak ngatik di depan mesin, mencoba mesen, ga berhasil2. Dan ga ada yang mau bantuin kita? hahahahha yaeyalah wong ga minta bantuan jg kita. Teteup kekeuh. Tapi Tuhan tau kesulitan anak-anak-Nya, jadi si paman pekerja resto langsung nyamperin kita dan bantuin kita mesen. Akhirnya gw ikut2 aja pesenan temen gw biar ga pake lama.


Well, do you know, untuk restoran macam itu, yang ada di sana buat ngelayanin tamu, masak, bersih2in piring dan meja HANYA ada 1 orang saja pagi itu (ya, yang tadi bantuin kita)

Heeeeeeee....

Hebat ya! Dan paman itu ga pernah lupa buat ngucapin "Arigatou Gozaimasu" sama tamu2nya yang kelar makan dan pergi TwT Kalo ga salah juga yang makan disitu ngucapin sesuatu deh pas selese mau pergi dari situ... Entah Otsukaresama atau Gouchisousama *lupa* dan kemudian disambut oleh ucapan "Arigatou Gozaimasu" oleh si Paman.

Oke lanjut, sesuai rencana, kita langsung ke Tokyo Tower.

mamam dah tuh peta subway Tokyo. Pusyingggg.
Dari info temen gw, kita bisa turun di stasiun Onarimon atau Toranomon (yang semua berbunyi seperti nama-nama di Digimon). Kalau dilihat dari peta sih bisa ada 2 cara, yaitu:

Dari Sengakuji ke Shimbashi untuk transit, terus pindah line dari Asakusa Line ke Ginza Line trus naik lagi kereta dan turun di Toranomon.

atau

Dari Sengakuji ke Mita untuk transit, terus pindah line dari Asakusa line ke Mita line trus naik lagi kereta dan turun di Onarimon

Dari 2 pilihan itu kita pilih pilihan ke-2. Ga ada yang khusus. Meskipun dari segi jarak emang deketan pilihan ke-2 tapi sebetulnya ga masalah buat kedua pilihan itu karena kita dah make tiket one day pass nya Toei & Tokyo Metro buat 1 hari.

Yup, pas gw nyampe Sengakuji stasiun, gw sempet beli dulu tiket One Day pass nya Toei & Tokyo Metro seharga 1000 Yen (itu ada di mesin2 jual tiket kok) dan Pasmo seharga 2000 yen (500 yen nya deposit alias ga bs dipake).

Pasmo itu apasih? Itu tuh semacam Flazz kalau di Indo. Jadi dia IC Card yang sistem saldo gitu. Jadi tinggal tap aja di gerbang tiket otomatisnya. Lebih praktis ga perlu mikir harganya berapa.

Mungkin lebih kenal sama SUICA ya? Ngga ada beda sih, tapi SUICA itu keluaran JR dan Pasmo itu punya si Tokyo Metro. Fungsinya SAMA. Pasmo bisa dipakai pas naik JR, dan SUICA juga bisa dipake pas naik Tokyo Metro. Bisa dipakai juga di luar Tokyo. Info lengkapnya: klik ini.

Sedangkan si One day Pass Toei & Tokyo Metro itu tiket terusan buat naik kereta. Jadi mau bolak balik berapa kali itungannya tetep 1000 yen per hari. Mau dari Shibuya ke Shinjuku, balik lagi ke Tokyo terus Asakusa, terus Ginza? ga masalah tetep 1000 yen... TAPI, mesti pake kereta Toei & Tokyo Metro ya. Bukan JR ataupun yang lain. Karena mereka beda perusahaan.

Buat tiket terusan lain ada juga yang HANYA Tokyo Metro dan HANYA untuk JR atau untuk keduanya juga ada (JR, Toei, dan Tokyo Metro). Jadi bisa disesuaikan dengan tempat hotelnya ya. Kalau deket sama JR ya pilih JR juga ga masalah, kalo deket sama subway ya pilih si Tokyo Metro. Dan ingat, ada tempat-tempat yang dilalui sama Tokyo Metro TAPI ngga dilalui sama JR, misalnya: Asakusa. Jadi harap diperhatikan ya.

Lanjut...

Pas nyampe Onarimon, kita exit di arah Tokyo Tower (liat aja papan petunjuk disana, di sana infonya sudah terpampang nyata) dan ternyata ... tak ada LIFT. Jadi deh kita ngegerek koper ke atas lewat tangga. HUBAAAA... *siapa suruh maen2 dulu ga ke hotel dulu*

Persoalannya sekarang, dimanakah si Tokyo Tower itu?

Yang namanya Tokyo Tower alias menara pasti tinggi dong. Jadi apa yang kita lakukan? Yup, MELIHAT KE ATAS. Dan betul aja, keliatan langsung tuh Tokyo Tower dan kita tinggal mendekat ke sana.



Fyi, kita ga pake acara naik ke sana ya. Karena ini perjalanan hemat dan kita ga merasa perlu buat naik ;p

Selesai foto2, baru lah kita terusin perjalanan kita ke Hotel buat naro barang dan mandi.

Sebetulnya dari Sengakuji ke Onarimon itu adalah sebuah keberuntungan lah. Gw juga ga ngerti kenapa bisa nyampe situ dengan ga nyasar. Tapi pas mau ke Minami Senju... BUSET DAH... Puyeng...

Berdasarkan Hyperdia, dari Onarimon ke Minami Senju cuma transit 1 kali yaitu di Hibiya. Dari Hibiya ganti line dari Mita Line ke Hibiya Line lalu lanjut langsung ke Minami Senju. ITU PEMIKIRAN PAS NGERTI BENER. Pas kenyataannya di sana, gw bingung setengah mati nyari Hibiya Line dan arahnya yang ke Minami Senju.

Di sana kita "ditolong" 2 orang cewek tanpa kita minta.

Yang pertama langsung ditanya, "Mau kemana?" Dalam bahasa Inggris. Kemudian temen gw jawab "Yurakucho"

Asli gw lupa kenapa temen gw bilang Yurakucho hahahaha. Padahal harusnya bilang Minami-Senju aja langsung. Abis itu dia bilang Yurakucho bukan disini, jadi kalian mesti ke sini sini sini dan nanti ada "little stairs" lalu begini begini...

Okay, we trust you. Bye. Bisa dibilang dia bahasa Inggrisnya ngelebihin gw. Kalah deh gw hahaha.

Pas ketemu si little stairs (yang ternyata adalah tangga yang lumayaaaaaaaannnnn banget buat orang yang bawa koper) gw ma temen gw bengong dulu. Takut sia2 naik ke atas. Pas lagi liat-liat peta lagi, dateng lagi cewek yang niat buat nolongin kita...
"Are you alright?" (Yes we definitely alright, we still alive kan???? *pemikiran gw*)
"We want to go to Minami-Senju" akhirnya gw tembak aja langsung.
Abis itu dia liat peta kita orang dan bilang
"Minami-Senju bukan lewat sini, mesti lewat JR atau lewat Tsukuba Express, tapi yang Tsukuba harganya agak mahal"
"Okay, terima kasih"

Terus? Kita ke JR? Heeee....

Kata Hyperdia udah tinggal naik sekali lagi kok ke arah Minami-Senju, gw sih ga percaya sama tu orang. Toh gw lebih percaya mesin. Satu2nya yang bisa dipercaya selain mesin adalah... Petugas stasiun! Yeah. Betul. Ini dia sumber kepercayaan kita yang seharusnya kita tanya dari tadi. Akhirnya pas nanya, dia jawab jawab "Number 2" (diulang ulang) dan kita pun ke tempat yang dia tunjuk lalu naik keretanya. Huaaaa.

Nyampe Minami-Senju, langkah selanjutnya adalah, mencari Hotel. Dari nanyain orang depan stasiun, tanya pak polisi, tanya orang lewat, tanya orang yang lagi kerja, akhirnya kita ketemu juga tuh hotel TwT bener-bener perjuangan banget deh. Tapi semuanya yang nolong bener-bener helpful lah. 2 orang nganterin, 1 orang ampe nanya orang lain, dan akhirnya kita nyampe. Arigatou minna TwT

Abis naro barang terus numpang mandi (dan bayar hotelnya) kita pun berangcusss lagi ke... UENO.

Oiya nama hotel tempat kita tinggal adalah Juyoh Hotel *ngga gw foto juga*. Lumayan jauh sekitar 10 menit jalan dari stasiun. Tapi overall, bersih, terjangkau harganya, dan yah itu aja kan yang penting? lol. Ada Wii dan XBOX pula disana. Tapi kitaorang ga sempet maenin.

Sebelum kita ke Ueno, kita sempetin beli tiket museum Doraemon (kata kita, aslinya namanya Fujiko F. Fujio Museum sama Museum Ghibli) di LAWSON. Tau Lawson kan? Yang semacam Seven Eleven itu lho.

Buat beli tiket ini salah satu caranya emang beli Loppi alias mesin yang (hanya) ada di Lawson. Berhubung kita tau kalo tu mesin banyakan bahasa Jepang, akhirnya kita AWALNYA berinisiatif buat nyuruh resepsionis hotel buat nulisin di kertas dalam bahasa jepang mau kita apa (misal kita mau beli tiket museum ghibli buat tanggal sekian, jam sekian) jadi kita tinggal ngasih ke orang Lawsonnya biar dia yang ngurusin.

Eh alih-alih ditulisin, dia malah kayak ga mau (atau ga ngerti) entahlah gw juga heran. Akhirnya pake jalan terakhir, coba sendiri.

Pas awal ngeliat Loppi, udah deh rada bingung sedari awal. Untungnya temen gw pinter juga. Setiap dia liat tulisan kanji berseliweran, dia langsung pencet tombol help yang ada di layar atas. Lol, lumayan ngebantu sih. Oiya kalo beli dari mesin Loppi ini bakal diminta nomer telepon, kasih aja nomer telepon ente, tapi kalo ga jg gpp, tulis aja 0 terus.

Buat Museum Ghibli aja kita sekitar 15 menit depan Loppi. Untungnya Ghibli Museum ditulis dalam romanji (ga pake hira/kata/kanji), jd nyari dari menu awal jg gampang. Nyari tanggal ga cucok semua. Akhirnya menyerah di hari Rabu, jam 4 sore alias kloter terakhir di hari itu. Yah daripada ga ke sono.

Fyi, jadi Museum Ghibli itu membatasi tiap harinya orang-orang yang akan ke sana. Jadi ga bisa tuh kita langsung ke Museumnya. Mesti mesen tiket dulu. Nah di 1 hari itu dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kelompok jam 10.00, 12.00, 14.00 dan terakhir jam 16.00.

Museumnya sendiri tutup jam 18.00 waktu setempat ya. Jadi kebayang kalau Anda baru masuk jam 16.00? Yak cuma sisa waktu kurang dari 2 jam buat ngiterin museum itu plus beli merchandise.

Sebetulnya tiket juga bisa dibeli di luar Jepang, tapi pasti urusannya pake CC. Males deh. Jadi kita beli di mesinnya aja. Karena ketidakpastian ini, Museum Ghibli (dan Museum Fujiko F. Fujio ga bakal bisa masuk itin di hari pertama :)) Usahakan kalau emang mau ke sini, ya beli aja dari pertama kali dateng, menghindari kemungkinan ga dapet tiket. Oiya tiket untuk kedua museum itu 1000 yen.

Nah pas mau mesen yang ke Fujiko F. Fujio Museum, kita baru kelabakan.... Edeuh ini romanji nya ga ado ya? Kanji semuah. Eyke pusying nyarinya. Akhirnya agak nyerah dan memutuskan bayar dulu si Ghibli. Oiya ada limit waktunya ya, klo 1 jam (apa 30 menit) ga dibayar abis mesen tiket, dianggep angus atau cancel.

Oke langsung bayar di kasir. Pas di kasir temen gw bilang "Doraemonnya gimana?" "Lah gw juga ga ngerti?" langsung dah ditanya ke Mbak Kasirnya. "We want to buy ticket of Doraemon Museum".

Doeng, mbaknya bengong sambil pasang muka bingung. Gw sambung "Fujiko Fujio Museum... Tiketo"

Duar! Mbaknya baru ngeh.

DUH JAPRISH! (Dibilang ticket --ala cinta laura-- doi ga ngerti, pas bilang ti-ke-to, doi baru paham)

Akhirnya dibantu Mbaknya beli di Loppi. Untungnya pas tanggal 16 itu pas ada yang jam 10 (jam paling pagi) akhirnya kita pesen di hari itu, hari yang sama dengan museum Ghibli. Paling kocak pas bagian ngisi nama. Waktu mesen yang Museum Ghibli, keyboardnya tuh huruf romawi. Eh pas yang ini, katakana-hiragana semuah. Bengong dulu. Temen gw bilang ke mbaknya "Debora"... Mbaknya: "Hmm?? Ah, chotto (wait)"

Ternyata nama gw ada kanji nya (kata temen gw). Gw sih bingung, gw pikir nama gw pake katakana aja.

OKE KELAR URUSAN. TERIMA KASIH TUHAN, TERIMA KASIH MBAK KASIR YANG BAIK. Akhirnya tiket di tangan dan kita pun melangkah keluar dengan pasti bersama Rindi setelah sebelumnya bayar tu tiket.

[edit] buat yang buka si Loppi, entah masih sama ato ngga, Fujiko F. Fujio Museum di mesinnya ditulis dalam kanji: 川崎市 藤子・F・不二雄ミュージアム  jadi silakan dicermati kanji ini... kalo tau kanji kawa << kayak ada 3 aliran sungai gitu, nah berarti itulah museum yang dimaksud. Ditambah ada F di tengahnya. Museum katananya>> ミューゼアム(myuーze-a-mu) kalo mau paling cepet ya print aja terus kasih liat ke mba kasir. 

Nah lanjut ke Ueno. karena kita udah beli Tokyo Metro & Toei pass 1 day, kita gunain lah subway.

Rutenya dari Minami-Senju ga pake pindah langsung ke Ueno. Terus ya kita langsung menuju Ueno Park.




ada topeng monyet juga

Abis itu kita juga ke Ueno Zoo (harganya 600 yen per orang)

Isinya apa? Ya binatang! Ini kebun binatang, LUAS juga lho. Jadi ga rugi deh 600 yen, apalagi buat lu pada yang suka binatang. Tapi asal kuat jalan ya. Hahahhaa gw rada capek pas disini, jadi bawaannya seneng pas duduk lol.




Shirokuma

Lesson panda

Setelah Zoo nya mau tutup (ga mau rugi, soalnya kita ke sini juga udah siang jam 1 atau 2) akhirnya kita memutuskan buat balik ke hotel karena rada teparrrrrrrrr....

Rencananya sih abis tidur2 cantik bentar abis itu cari makan. Tapi adanya mah temen gw ketiduran pules ga bangun2. Gw ketok2 juga ga nyahut. Oiya, kita pisah kamar, gara2 ga ada lagi yang double atau twin :))) Tapi bagusnya kita pisah, soalnya enak buat lempar2 barang ke sana kesini ga perlu nyusain orang. Persis kayak kamar sendiri.

Jadi lah hari ke-2 kita berakhir dengan... ketiduran (temen gw sih, gw nya sih bangun jam 7an malem)

Oiya sedikit info, gw di Jepang pake XL (karena Telkomsel lebih MAHAL) dan tarif roaming per hari itu 75rb/hari (maksimal) dan GA ADA lagi gratisan 3 hari kayak sebelum2nya. cih. Dan gw ga make router wifi yang bisa dibawa ke sana kesini. Gw cuma ngandelin wifi gratis kalau pulsa dah abis hahahahha.

Pengeluaran hari ke-2:
- Haneda ke Sengakuji: 410 yen/orang
- Tokyo Metro & Toei 1 day pass: 1000 yen/orang
- Pasmo: 2000 yen/orang
- Makan pagi: 450 yen/orang
- Tiket masuk Ueno Zoo: 600 yen/orang
- Tiket Museum Fujiko. F. Fujio: 1000 yen/orang
- Tiket Museum Ghibli: 1000 yen/orang


(silahkan di total sendiri)

*to be continued*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar