Pages

Sabtu, 26 April 2014

Babak 3: Hello Japan [Departure - Day 1]

Rute: Tangerang (Soekarno Hatta) - Malaysia - Tokyo (Haneda)

Tepat tanggal 10 April kemaren, perjalanan terbesar gw (sepanjang gw hidup) yang pertama dimulai. Gw berdua dengan temen gw sekitar jam 6 udah di CGK demi penerbangan pukul 08.30 WIB ke KL lalu abis itu diteruskan ke Haneda.

Dah tau lah ya gw naik pesawat apaan kalo transitnya ke KL :p Meskipun ga terlalu sreg sama pesawat ini (karena sempit dan transit2) tapi ya apa boleh bikin lah, yang Garudanya ga dapet tuh :)))

now everybody can fly...
Singkatnya kita terbang dengan pesawat itu dan sampai di KL di LCCT (Low Cost Carrier Terminal) yang isinya bener-bener LOW banget. HAHAHA. Gw ga pernah ke sini sebelumnya jadi agak2 amaze aja sih. Ini terminal kayak terminal Senen. Penuh amit. Mana orangnya macem2 jenisnya.

Kita transit selama kurang lebih 3 jam disitu. Kebayang kan bosennya. Mana kayak terminal Senen gitu. WC nya horor juga. Aer minum gratisannya kayak PAM daerah Jakarta Utara yang agak2 aneh rasanya (iya disitu ada aer minum gratis dari keran, tapi ya gitu deh). Ga nahaannn.

Demi memberi makan cacing2 kelaparan di perut akhirnya gw dan temen gw memutuskan makan di LCCT itu. Namanya gw lupa. Yang ada Uncle2nya lah. Sebelah Gate 14. Makan Chicken Rice seharga 13.9 RM.

The famous Chicken Rice (siapa yang bilang famous)
 Rasa? Ntah lah, ga enak, tapi masih bisa kemakan juga. Kalau temen gw bilangnya, ini kayak rasa daging ayam seminggu lalu yang baru dipanasin lagi. Emang sih mereka cuma manasin doang, jadi kita ga tau ini daging dah berapa lama diendepin. Tapi berhubung gw lapar dan gw agak2 ga pedulian (yang penting makan), akhirnya ya gw abisin aja tuh makanan. Sementara temen gw berjuang amat sangat makan gituan.

Abis itu kita cari tempat buat ngaso, berhubung di situ kan penuh orang-orang kayak terminal pasar Senen (terus aja disebut tu tempat), jadi mesti agak menyingkir dulu ke sonoan biar dapet tempat duduk yang kosong.

Ngaso 1 jam-an, abis itu langsung ke Gate 14 buat melanjutkan penerbangan. Kan diperiksa lagi tuh sebelum masuk ke gate-nya, nah kebetulan petugasnya cewek orang Malaysia.

"Lepas dulu kacamatanya"
"Eh iya"
"Pertama kali ke Jepang?"
"Iya"
*kurang lebih percakapannya seperti itu* *yang pasti dia ngajak ngomong gw pake bahasa Melayu bukan bahasa Inggris*

Abis itu dikasih lah boarding pass dan paspor gw. Kalo temen gw sih ditanya dia berangkat sendiri apa ngga, makanya abis itu dia nunjuk2 gw. Oh paspor hijau.

Abis itu terbang lah kita menuju ke Haneda. Hooraaayyyyy...

Untungnya pas di pesawat gw duduk berdua aja di tempat duduk yang harusnya bertiga itu. Hore! Puji Tuhan. Bisa taro pantat agak kesonoan.

TAPI...

Ternyata perjalanan selama kurang lebih 7 jam itu memang... MEMBOSANKAN YA.

Karena ya ga ada apa2 di pesawat itu. Akhirnya gw keluarkan headset dan dengerin musik aja. Kadang ngobrol, komentarin orang2. Dan ngeselinnya, gw pake acara sakit kepala sebelah disono (dah dari di LCCT sih). Jadi agak2 nyusahin aja. Untung udah minum obat. Jadi deh gw ngantuk dan ngorok (penting abis)

Selebihnya, pesen makan, ke WC, dengerin musik. Dan pas denger pengumuman kalau dalam 1 jam akan sampai di Haneda, mulailah ke-norak-an kita dimulai. Apalagi pas Haneda2 pinggiran itu mulai keliatan lampu-lampunya...

"Eh liat liat! Wooooghhh keren"

Sejenis itu lah kata-kata kita.

Pas nyampe, gw ma temen gw foto2 dulu sepanjang lorong menuju Imigrasi. Dalem hati gw, yaelah dah nyampe tau, foto2 dulu dong, santai2. Toh nginepnya juga di Bandara Hanedanya (soalnya dah malem juga dan ga ada budget buat nginep di hotel)
Blur dong. maklum camdig biasa. dan ANA itu cuma pencitraan sadja ahahaha :p
Hello, Japan!
TERNYATA...  hasil dari foto2 sepanjang lorong adalah...

Antrian imigrasi sepanjang ular naga. BENER-BENER panjang. Tapi tetep gw memilih update di  path (lol) sambil nungguin antrian.


Pas masuk imigrasi udah jam segini
menjejakkan kaki di Jepang :D
Oiya pas di pesawat dikasih Arrival Card gitu yang mesti diisi gitu, jadi pas imigrasi tinggal dikasih. Baiknya ya isi di pesawat jangan pas ngantri. Masalahnya antrian emang lama, tapi kan berdiri. Situ mau ngisi sambil berdiri? Malesin bgt :))

Pas imigrasi, kita difoto, dilihat paspor dan visanya. Trus suruh scan sidik jari. Diliat kali ya bener apa ni orang sama dengan di pasport. Dan pas temen gw dan temen gw, agak lama di bagian sidik jari. Doi ampe mau ngelap pake tissue ke mesin sidik jarinya *bingung kali, ini 2 orang kok sama2 ga cocok*

Pas bagian ambil bagasi, tinggal dikit tuh dan dah pada diturunin ke bawah, jadi mereka dan ga muter-muter lagi. Ambil troli buat naro tas-tas kita, ke bagian custom yang isinya lewat aja. Trus pas keluar, kita ke bagian Tourist Information dulu nanya2 bentar sesuatu yang ga  penting. Oiya, pas tiba itu kita ada di lantai 2 ya.

Di sini mulai kebingungan mau naik apa, kemana dan gimana, jadi nanyanya rada bingung dan ga meaning. HAHAHAHA. Ga terencana banget ya.

Tapi sudahlah, kita lebih milih buat nyari Sevel atau Lawson buat nyari makan. Tapi mah adanya bukan nyari makan tapi nyari tempat colokan dan internetan gratisan di Haneda. Abis siap2 (buat tidur) akhirnya kita ya tidur aja gitu sambil kedinginan *maklum orang tropis*
penyelamat si hape bocorrr
Oiya udah tau kan colokan di Jepang tuh beda sama yang di Indonesia. Silahkan ya yang mau ke Jepang tapi belom punya colokannya dibeli :))

WC yang cocok buat orang pemalas (kayak gw), dari cebok, ngeflush sampe ngeringin pantat ga perlu pindahin pantat

Besok siap2-siap ke Sengakuji (temen gw ngajakin liat lokasi film 47 Rounin disini) via Keikyu Line.

peta haneda lantai 2: arrival

Kurang lebih begitulah perjalanan hari pertama kami di Jepang.

Masih ada sekitar 11 hari lagi ya. Ahaayyy. Walaupun baru tapi sebetulnya saya sudah agak2 lupa gw kemana aja *ingatan orang tua*

Sekedar info:
- Di Haneda ada shower room yang harganya sekitar 1030yen selama 30 menit. Mahal? Tentu. Tapi siapa yang tau anda tidak mandi disitu? Hanya temen anda (kalau ada), Anda sendiri dan Tuhan kan? Jadi ga usa mandi juga RAPOPO. Cuci muka bisa di WC aja.
- Lawson ada di lantai 1. Jadi kalau dari kedatangan, langsung aja ke bawah 1 lantai. Nah disitu ada Lawson yang 24 jam
- Tourist Information (ada di lantai 2) ga 24 jam. Kalau ga salah dia cuma sampai jam 1 pagi. Di bagian Tourist Information ini juga jual 1 day sama 2 day pass buat tokyo metro yang harganya lebih murah buat turis. Jadi kalau hotel situ deket sama Subway bisa lho dibeli disitu.
- Pengguna BCA (kayak saya) bisa tarik tunai uang di ATM Seven Bank yang ada di semua Seven Eleven di Jepang. Kalau di Haneda juga ada. Monggo di cek disini. Yang pake mandiri juga bisa kok.
- Di lantai 2 juga ada money changer 24 jam. Silahkan kalau mau tuker2 duit disitu.
- Minta peta subway dan peta kota di bagian Tourist Information atau dimana saja kelihatannya bisa ngasih peta, karena sangat membantu anda kalau nyasar
- Hyperdia dot com juga salah satu penolong Anda saat di Jepang. Kalau mau pergi ke situ dari sini gimana caranya? Silahkan buka hyperdia dot com. Very recommended.


Pengeluaran di hari ke-1:
- 48.8 RM buat makan  sama minum di LCCT sama pesawat (berdua-- karena temen gw ga punya RM saat itu)
- di Haneda ga beli apa2 jd... zero!

*to be continued*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar