Pages

Kamis, 24 April 2014

Visiting Johnny's Shop - Osaka

Pas jalan-jalan kemaren ke Jepang, tepatnya 20 April 2014, gw menyempatkan diri ke Johnny's Shop (Janisu Shoppu kalo cara orang Jepang nyebutnya) yang di cabang Osaka.

Johnny's Shop tuh apaan sih? Apaan isinya? Harus banget ga ke situ?

Johnny's Shop itu toko yang jualannya merchandise artis di bawah naungan Johnny's Entertainment ( setelah ini bakal gw singkat >> JE). Jadi kalau Anda ngefans salah satu artisnya, ya gw amat sangat merekomendasikan untuk datang ke sini :)

Beberapa artis JE adalah: SMAP, V6, Kinki Kids, Hideaki Takizawa, Arashi, NEWS, Kanjani 8, KAT-TUN, dll (maap ya yang grup/artisnya ga kesebut)

Secara gw adalah penggemar Arashi, jadi yah ini sebetulnya masuk daftar tempat yang wajib dikunjungi. TAPI, pas gw nyampe Osaka (setelah dari Tokyo dan Kyoto), gw terserang penyakit malas dan kurang niatan. Kenapa? Karena temen gw bukan penggemar Johnny's dan sebetulnya pasti menolak (kalau bisa milih) buat ke sana (kalau pun gw minta temenin) dan karena ini menjelang akhir-akhir gue di Jepang, semacam udah 11 hari berlalu jadi tenaga gue udah berkurang drastis jadi kurang semangat, beda sama hari-hari gue pertama di Jepang.



FYI, tempat hostel gw sebetulnya di daerah Namba yang hanya beda 1 stasiun dari daerah Shinasibashi. DAN sebetulnya itu juga bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Namba ke Shinsaibashi.

Yah letaknya si Johnny's Shop ada di daerah Shinsaibashi. Menurut info yang gw dapatkan dari blog-blog (ini dan ini) orang yang sudah mengunjungi Johnny's Shop di sana, cara TERMUDAH untuk mencapai Johnny's Shop di Osaka adalah dengan naik subway ke stasiun Shinsaibashi (line Midosuji - warna merah) dan keluar di exit nomer 8 yang akan mengarahkan kamu ke Hotel Nikko (kalau di papan petunjuknya Hotel Nikko Passage)

Setelah ketemu ujung exit 8 itu, hotel Nikko ada di belakang kamu, depan kamu jalan raya dan department store. NAH silahkan jalan ke kiri dan di tikungan pertama, LANGSUNG belok kiri...

Maju terus aja (ambil jalan di kanan) sampe ketemu tulisan Johnny's Shop di gedung abu-abu kecoklatan (ga jelas juga ni warnanya) di BAGIAN KANAN (makanya tadi gw suruh jalan di kanan). Ada plangnya juga sih walau ramai2 (ada di atas tulisan Daibi). Gampang banget kan?--(edit Sept 2017: setelah gue baca ini tahun 2017, gue merasa, emang sedeket itu ya wkwkwkw, aslinya gue kelalang keliling dulu sih alias nyasar XD karena petunjuk yg gue dapet dari blog orang ga sesuai, entah gue yang ga ngerti apa gimana)

ketemu deh :D
Di Johnny's Shop pastinya yang paling banyak dijual itu Shop Photo. Yah foto-foto para artis JE itu. Waktu itu sih bagian paling rame ya Arashi (sasuga). Meskipun waktu itu hari Minggu tapi ga terlalu rame2 amat sih. Antrian pas bayar juga ngga ada. Oiya disitu ga boleh foto2 di dalem ya. Jadi fotonya di luar aja :)

Gw sendiri beli 7 Shop Photo (Arashi 2 lembar, Sho-Jun-Aiba-Ohno-Nino masing-masing 1 lembar)

Harganya 160 yen (per 20 April 2014, include tax 8%) buat Shop Photo. Di sana juga ada petugas-petugasnya ya, yang ngejagain di sekitaran (meskipun mereka cuma berdiri kayak patung aja). Dan kasirnya waktu itu ada sekitar 4 orang (2 cewek, 2 cowok) yang mukanya seperti biasa, di atas standar muka orang Jepang semua.

Oiya disini kalau mau beli shop photonya mesti ngisi di lembaran ya, abis itu baru kasih kasirnya, terus kasirnya yang ngambilin fotonya. Jadi bukan kita ambil barang terus bayar.

Jadi gini sistemnya: (setelah baca dari blog-blog orang tersebut ditambah pengalaman pribadi)
- Sampe di Johnny's Shop, deket pintu bakal ada kumpulan kertas dan bolpen. Ambil 1 lembar kertas itu dan bolpennya (buat ngisi tentunya, tapi jangan lupa dibalikin) lalu isi di bagian atas, nama artis/grup yang kita mau.
image taken from here. credit to owner
- 1 Lembar buat 1 artis/grup ya, jadi kalau mau beli foto dari 2 grup atau artis ya ambil 2 lembar.
- Isi nama artis/grupnya pake alphabet atau kanji terserah. Asal kita tau cara nulisnya. Kalau gw waktu itu nulis Arashi ya ga pake kanji, ga ngerti juga cara nulis kanjinya. Jadi gw tulis ARASHI aja biasa :)
- Liat foto2 yang mau kamu beli satu per satu dengan saksama, pahami gaya-gaya mereka, kalau udah fix mau yang itu, liat itu nomer berapa. Yah, setiap foto dikasih nomor urut. Liat di lembaran yang sudah diambil tadi, di nomer yang kita mau, tulis BERAPA lembar yang kita mau. Misal untuk foto nomer 23 kita mau 1, nomer 58 kita mau 2. Jadi di nomer 23 kita tulis 1. Nomer 58 tulis 2. Maksimal 5 lembar per foto per pembeli (berdasarkan tulisan di tembok)
- Setiap lembaran ada 800 nomor, tapi pas gw ke situ 1 artis/grup maksimal cuma ada 300an lembar (buat Arashi, yang gw asumsikan paling banyak shop photonya)
- Jangan kalap, sesuaikan dengan budget Anda :)) Malu kan kalau beli ga cukup duitnya
- Setelah selesai *ngisi dan/atau liat-liat foto artis/grup lain*, pergi ke kasir, nanti kita bayar dulu baru doi (kasirnya) ambilin fotonya.
- Setelah dia ngambil foto dia pasti nunjukkin foto2nya buat mastiin fotonya dah sesuai ato ngga, jadi kalau ga sesuai boleh deh diralat disitu :)

let met introduce them to you. from up to bottom, left to right:
Ninomiya Kazunari, Matsumoto Jun, Ohno Satoshi
Sakurai Sho, Arashi, Aiba Masaki
Arashi
(mau liat lembarannya kayak apa, silahkan ke blog ini ya, dia udah jelasin panjang lebar disini, bahkan bukan cuma Johnny's Shop di Osaka aja)

Oiya, kenapa akhirnya gw bisa ke Johnny's Shop? Karen pas gw mau jalan-jalan sekitar (dan menghabiskan fasilitas 1 day pass Osaka), gw dan temen gue itu bolak-balik ngelewatin stasiun Shinsaibashi yang akhirnya temen gw sendiri yang berkata "Eh ini tempat (stasiun) yang lu mau ya?" (mungkin karena Shinsaibashi terdengar terus di kupingnya, padahal sih gw ga pernah ngingetin) terus gw jawab "Iyee... Nape? Mau? Kalau mau turun nih"... Terus entah kasian apa gimana, temen gw bilang "Yaudah turun gih!"

*senang*
*bahagia*

Ternyata temen gw sih bilang daerah Shinsaibashi itu daerah Amerikakura (lupa penulisannya) dan ada patung badut gede. Dan karena tujuan awal kita itu Umeda (yang mana adalah daerah perkotaan, takutnya makanan mehong disitu) jadilah doi milih buat cari makan di Shinsaibashi.

Dan dari situ juga pas muter-muter Shinsaibashi, ga lama gw melihat Apple store yang langsung mengingatkan gw kepada daerah Namba.

"YA AMPUN ini mah deket hotel (hostel kalee) kitaaa yaaa???"

Ternyata bisa jalan. dan DEKET bingit lah. paling 15 menit nyampe dari hostel. Ckkk. -- itulah asal mula gw sadar jaraknya deketttt parah

Oke itu dia jalan-jalan gw ke Johhny's Shop, yang kalau di cerita asli, ini adalah hari ke 11 gw di Jepang. Gw bikin post sendiri supaya ntar ga sepanjang jalan anyer-panarukan pas cerita hari ke-11 di Osaka.

Btw, Johnny's shop bukan cuma di Osaka ya. Ada juga di Harajuku kalau di Tokyo, Fukuoka, Nagoya. Info lebih lengkap bisa baca2 di blog yang sebelumnya gw kasih atau ke http://www.johnnys-net.jp/page?id=shop&lang=en_us

Jyaaa. Happy shopping, JE fangirls.

2 komentar:

  1. Hallo, salam kenal. Aku Rei.
    Seneng banget baca blog kamu tentang Johnny's Shop Osaka
    Mudah-mudahan kesampaian impianku buat ke toko ini. Aamiin.
    Kalo baca di beberapa blog sih katanya Johnny's Shop yg di Harajuku ngga ketulungan ramenya.
    Pengen dateng ke Osaka aja. Secara Osaka juga hometown-nya artis JE fave aku, Kanjani8.
    Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Rei, salam kenal, kayaknya udah basi banget ya kalau baru dibales, tapi kepengen bales jadi ya udah.

      Semoga impian kamu tercapai ya, dan iya yang di Harajuku (katanya) kalau weekend dan hari-hari libur rame banget, jadi mungkin kalau pun cuma bisa di Harajuku bisa datang pas weekdays/selain tanggal merah.

      Hapus