Pages

Jumat, 26 April 2013

Kartini siapa sih?

Happy belated Kartini Day... 21 April 2013.
Selamat hari Kartini yang terlambat.

Gw cukup bahagia tidak melewatkan hari Kartini seperti setahun yang lalu dimana gw sekantor dan yang ngerasa masih cewek disuruh pake kebaya (helooowwww) dan pastinya gw tolak mateng2, meskipun di mulut saja (akhirnya gw make atasnya doangs)

Gw sendiri juga ga begitu menyerap (ealah kayak sponge) atau mendalami makna Kartini di hidup (yang katanya) perempuan gw. Yah karena dari dulu gw mengira Kartini identik dengan kalimat "Emansipasi Wanita" dimana wanita ga lebih buruk dari cowok, dimana wanita itu sama dengan pria jadi ga harus ada beda2in... Tapi yah akhirnya kan tetep aja cewek seneng didahuluin, cewek seneng dibantuin barangnya kalo berat, cewek seneng dikasih tempat duduk, cewek seneng lah kalo diprioritaskan LEBIH dari cowok. See? Jadi arti Emansipasi tu apa? 


Gw pernah baca dimana gtu, ada kejadian gini... ada 2 cewek lagi di dalem TransJakarta, yang 1 duduk yang 1 ngga, yang 1 berdiri depan cowok yang duduk. Si cewek katanya megang perut trus mukanya kayak kesakitan gitu, si cowok mikir mungkin dia hamil muda, dan akhirnya mempersilahkan duduk. Ga lama si cewek ketawa sama temennya satu lagi. 

Kalo di kereta, dari yang gw liat sih, banyak cowok yang gentle yang dengan sadar memberi tempat duduk sama cewek (antara ga enak sama emang niat ngasih ato pantatnya tiba2 gatel) Gw sendiri juga pernah sekitar 3x dikasih duduk. Dengan senang hati ya gw terima, tp gw kan ga minta :p Dulu pernah ada ibu2 yang rebutan tempat duduk pas masuk kereta bilang "Iya cowok berdiri aja, yang duduk kasih cewek" hahahahah emang cowok ga boleh duduk coy? Kasian kali.

Dan saking perhatiannya negeri kita sama cewek2 ini, ampe dibentuk tuh kereta khusus wanita. Bayangkan. KERETA KHUSUS WANITA. 6/8 gerbong isinya kaum hawa... Yah tentunya gara2 banyaknya kasus yang tidak menyenangkan, makanya dibentuk hal-yang-menurut-gw-ga-terlalu-penting-ini....

Hey cewek, kalo ngakunya emansipasi, ga usah lenje lah ga dapet tempat duduk di kereta, selama situ ga hamil, berdiri kan ga masalah. Selama depan lu cowok yang duduk, ga usa ditatap pake tatapan mengutuk, yang akhirnya bikin si cowok berdiri. Siapa tau si cowok capek dan lagi sakit... ya ga sehhhh. Kalo depan lu bapak2 ato ibu2 tua yah kasih lah dia duduk selama lu ga setua dia. Kalo depan lu ibu2 hamil yah kasih lah, masa sama sesama cewek pelit sih. 

Ini kok ngomongin masalah duduk2 di kereta yah lol 

dan buat ibu2 yang selalu berebut masuk ke kereta tanpa memperhatikan kalo masih-ada-yang-mau-keluar segeralah pergi ke Singapore buat belajar kehidupan berkereta disana *ini curhatan, karena gw pernah dimentalin ibu2 gara2 mau masuk, the power of ibu2*

Jadi gw bahas antara Kartini dan kehidupan kereta yah, entah kenapa bisa jadi begini akhirnya. Anggep aja ini dari sudut pandang anker :p
Intinya, jadilah wanita yang ga lenje, mandiri, dan menginspirasi (menarik kesimpulan sendiri)

Yah, selamat hari Kartini... yang terlambat.
Eh gw cewek ya btw. *penting bgt*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar