Pages

Senin, 15 April 2013

Ebtanas, UAN, UN?

Hai, hari ini tanggal 15 bulan April, tahun 2013 dan tepat tanggal ini pula, ujian ketahanan mental para siswa kelas menengah tingkat atas diuji oleh para kampret-kampret alias soal ujian itu sendiri :p

Eniwei kewei kewei, gw sendiri udah merasakan namanya Ujian dari masa SD, SMP, SMA. Jadi sekarang gw akan mendongengkan perjalanan gw ke puncak  semasa Ujian Nyali itu... 



1. Semasa SD

Dulu pas kelas 6 SD pas angkatan gw pas susunya tahun 2001 (?) ada 5 mata pelajaran yang jd ujung tanduk (eh) perjuangan gw 6 tahun. Dengan sangat jujur, gw cuma ingat 4 dari 5. Mat, IPA, IPS, B.Ind, B.Ing. Gw lupa 1 nya. Apa ya? hahaha. Dulu sebelum Ebtanas (Evaluasi Belajar Tahap Nasional), oleh wali kelas gw disuruh bikin target buat Ebtanasnya :D Entahlah, mungkin sebagai penyemangat. Dan gw dengan hebatnya kasih target ke diri gw... 43! YOI MAMEN
Gw lupa penderitaan gw pas belajar, tapi gw cukup yakin, gw ga make sistem kebut kebutan di jalan semalam dan akhirnya menyelesaikan 5 matpel itu dengan gemilang (alias ga ada kekhawatiran gw ga lulus). Gw termasuk yang pinter kok pas itu (sombong dulu coyyyy, cerita selanjutnya ga bisa soalnya).

Jadi hasil NEM (gw asli lupa apa kepanjangannya, tp ini semacam IPK klo di kuliah atau singkatnya ini nilai lo lah ahaha) gw sama kayak target ga? YAH PASTINYA DONG.... PASTI NGGA SAMA. Cukup miris sih, gw cuma dapet sekitar 40-an *gw lupa coy pasnya berapa, 40 aja ngarang* Eh gw kesannya sombong banget ya pake kata cuma. Boleh kok diilangin aja kata cumanya. huuuppp.

Nilai paling rendah gw itu IPS. antara 7 pas ato di bawah 7 lol.
Nilai paling tinggi? Lupa coy *tipe manusia macem apa gw yg diinget yang paling rendah*

2. Semasa SMP

Pas SMP ini benar-benar saat2 paling ga gw inget. Mungkin karena nilainya ga jelas alias ga tinggi samse. STANDART. Kali ini gw ga boong. Ga nyampe 24 kayaknya dari 3 matpel itu. Berbekal jurus apa adanya dan semangat apa adanya juga, gw melalui 3 mata pelajaran itu dengan... biasaaaaa aja. Matematika, B.Inggris, B.Indonesia. Gw cukup terkesima liat nilai gw yang bisa dibilang ketololan gw yang paling tinggi dibanding pas SD ato SMA. Eniwei gw ga mikirin karena gw toh lulus. Urusan amat sama nilai.
Kalo yang gw inget sih gw mungkin terlalu meremehkan ujian ini, yah gw juga ga ngerti sih, biasanya gw ngeremehin dengan ga belajar banget pun nilai gw minimal 8 ke atas lah buat B.Ind B.Ing, eh ini.... Kurma kali ya.... 
Nilai gw paling rendah bisa sangat dipastikan adalah MATEMATIKA. heran ga? ga lah yakkk.

3. Semasa SMA

Nah inilah part yang gw lebih inget daripada 2 yang terdahulu. Di saat SMA, gw menjadi angkatan terakhir dengan 3 mata pelajaran yang diujikan. Angkatan setelah gw akan ada tambahan macem Fisika/Kimia dsb di UANnya. Well, di saat SMA ini sering banget guru gw pas kelas 2 itu bilang "Lebih baik tidak naik kelas drpd tidak lulus" Gw cukup setuju. Intinya sih yah malunya lebih gede pas ga lulus drpd ga naek kelas. Tapi lebih baik lagi kalo lulus dua2nya yaaaaaa *Malaikat juga tahuuu, aku kan jadi tempeeeenyaaa*

Kenapa guru gw bilang gtu? Karena di angkatan gw, menjadi (mungkin) angkatan dengan jumlah murid IPA terbuanyak sepanjang sejarah tu sekolah didirikan. Dikhawatirkan kalo beberapa di antaranya ga lulus karena kemampuannya ga nyampe (itu yang gw tangkep). 


Well, waktu berlalu begitu saja dan try out mulai dilakukan. Gw sampe eneg banget yang namanya try out fisika dengan sistem SPTN yang bener +3, salah -1, ga isi 0. HALAMAKKKK tiap kamis (lupa) gw muntah2 liat soal itu. Lucunya nilai gw pas kelas 1 SMA itu LUAR BIASA lho fisikanya (untuk ukuran gw yang nilai fisika pas SMP nya cuma 6-7). Try out matematika yang juga membuat gw nangis2 di wc (ngga, ini lebay, percayalah gw cuma nangis di bantal)


Intinya UAN berjalan, hari pertama B.Ind.... like take a candy from a baby.

Hari kedua, B.Ing.... easy stuff.
Hari ketiga, Matematika.... It's lil bit.... aaaa ga tauuuuuuu

Pas hari ketiga semua nyatet jawabannya dan nyocokin ke temen yang pualing pinter. Kalo hasilnya udah bener sekitar 13 (lupa) itu artinya... Congrats, you are 100% LULUS! *itu pemikiran gw*

Gw sih 13 udah gw ketekin, selanjutnya terserah Tuhan, mau ditambahin apa ngga. Huehehehe.

Hasilnya, 100% angkatan gw lulus dan pake acara ngundang orang tua. Sehari sebelum pengumuman gw sih cukup tegang jg. Takut tiba2 ada telepon ke rumah dan bilang "SELAMAT KAMU PANTAS DAPAT POP MIE" *kemudian gw banting teleponnya*. Serem kan?

Yah katanya kalo ga lulus bakal ditelepon ke rumah, tp ternyata kenyataan itu ga terjadi. Malah kita diundang buat dateng dan disuruh bawa ortu. Udah pertanda dong... lulus semua artinya. Hah.
Nilai paling rendah seperti biasa adalah MATEMATIKA, kemudian B.Ind dan paling tinggi adalah BAHASA INGGRIS. Jadi gw dah boleh lah mendeklarasikan diri gw sebagai orang ... orang yang bisa bahasa Inggris. AMEN.

Apa yang bisa gw simpulkan? UAN terkesan mudah kan? Gw sih ga pernah kepikiran ga lulus kok. Paling nilainya aja yang jadi pemikiran gw. Gw juga bukan tipe orang yang suka sistem kebut semalam, karena gw pasti orangnya sistem kebut sejam ahahahahah. Ga deng, gw orangnya tipe sistem kebut semalam selama gw 3 tahun di SMA pas ujian biasa alias harian. Bahkan pas ujian naik kelas gw pake sistem itu kok. Tapi gw sadar buat UAN gw ga bisa kayak gitu. Jadi gw menjadikan nya sistem kebut seminggu huehueheuheu.

Intinya pelajarin aja apa yang ada, pasti guru lo kasih lah try out kan? Itu aja dulu pelajarin. Tipenya kurang lebih kayak gtu kok. Setidaknya lulus udah di tangan. Pengen nilai tinggi? Nah itu baru pelajarin semuaaaa hahahaa.


"Kalo pinter ya enak, kan ga semua pinter, diajarin langsung ngerti" -- nah ini nih yang salah. Gw pernah baca komik, orang yang lambat menguasai belom tentu artinya dia ga bisa. Dia cuma perlu berlatih lebih keras kok. Kalau orang perlu 10x dan kamu 100x, ya lakukan saja 100x lebih keras. Kamu cuma perlu waktu yang lebih lama kok. Last but not least, everything can happens, termasuk ketidak lulusan. Nobody knows what will happened. Jadi buat yang BELUM (gw ga bilang ngga) lulus. You can try it again. Be strong, because things will get better. It may be stormy now, but it never rains forever :)


"Ngomong sih enak, ga pernah ngalamin sih" -- usaha dong biar ga ngalamin juga. Percaya deh, kalo udah usaha pasti Tuhan berkati, yang penting usaha dan jujur. Amin? 


3 tahun buat 3 hari (setidaknya pas jaman gw) mungkin terkesan ga adil, dulu temen gw pernah berpendapat, kalo cuma UAN pilihan ganda, anak2 sini cuma bisa mikir sambil ngitung kancing, kenapa ga dibuat kayak skripsi pas kuliah aja, jadi yah ada penelitian juga atau soalnya essay. Such a smart person. Itu omongan anak SMP. Hayo milih mana? Ngitung kancing atau buat penelitian? ahahaha. 3 tahun buat 3 hari, terkesan tidak adil tapi itu lah yang harus dihadapi. Ibarat di depan lu ada perang, masa iya lu cuma nangis2... Mati dong. Selama sistem belum diubah, ya laksanakan aja. Doakan aja anak yang bikin sistem ini ga lulus. Ya kan???? :D


Selamat berjuang dan selamat Ujian.


-- omongan sok2 gw di atas ga usah diseriusin, gw juga bukan orang yang pinter kok, tapi gw orang yang cukup beruntung ahahahahahahahahahahah --

Tidak ada komentar:

Posting Komentar