Pages

Ke Jepang (Lagi) - Day 2

Lanjutan dari post ini

Tokyo, 15 November 2017

Turun dari pesawat kita melewati imigrasi yang ternyata keadaannya cukup berbeda dari pas gue ke Jepang 3 tahun lalu, di sini kita ngantre-nya biasa aja malah terbilang dikit. Entah karena gue agak lama juga karena pake acara ke WC dulu, entahlah.

WC pertama gue di Jepang. Haduhhh -___- gue ga terlalu ahli dalam hal WC jongkok.

Di imigrasi pun tidak ada hal yang aneh-aneh, kita tinggal kasih arrival card dan paspor kita aja. Tak ada pertanyaan bahkan masnya nyuruh gue menekan jari gue (buat scan sidik jari) dengan bahasa kalbu alias bahasa tubuh tanpa berkata apa-apa. Untung masnya ganteng, jadi gapapalah. Setelah proses imigrasi, ambil koper terus ke bagian custom, di sini tas gue diperiksa sampe ke ubun-ubun sama petugasnya hahaha niat sekali. Spoiler, di bagian custom pas balik Indo gue malah disuruh ngeloyor aja :"")))

Setelah itu gue pun bengong di Haneda dulu karena pemilik apartment baru membolehkan kita check in sekitar jam 12-an. Sementara saat itu masih jam 7 pagi. Doenggg... Jadilah kita duduk-duduk dulu, ngabarin orang rumah (ada wifi gratisan juga di Haneda jadi jangan khawatir yang ga punya portable wifi), ke WC, dan jalan-jalan.
Pemandangan yang sama jaman 2014, sumpah berasa balik ke kampung //sok banget lu
Di bawah ada Lawson yang ternyata gue baru tau ada mesin Loppinya hahahaha. Gue pikir ga ada. Karena kita mau pergi ke Fujiko F Fujio Museum, kita pun memutuskan mencoba beli dari Loppi sini. Iya salah satu cara selain pesan online adalah beli dari mesin Loppi yang ada di Lawson seluruh Jepang. Dan berhubung Fujiko F Fujio Museum ga seheboh Ghibli Museum, jadi kita pesen H-2 pun tiketnya masih sangat tersedia, di semua jam. Jadi plis yang beli dari Indo dengan harga di atas 150rb gue harap lu memikirkan ulang keputusan lu.

Gimana sih caranya beli dari mesin Loppi?

http://l-tike.com/fujiko-m/english/ coba lu klik link ini.

Kalau di step 1 lu ga melihat ada banner Fujiko F Fujio Museum di bawah, lu pilih information dulu di paling atas kanan, itu juga biar lu bisa mengganti bahasa jadi bahasa Inggris (walau ini ga ngaruh juga sih pada akhirnya)

Setelah itu ikuti yang step 2-6. Perhatikan step 2 di situ lu perhatiin bulannya yang bener. Intinya sih lihat angkanya, ya bulan November ya 11, Desember ya 12.

Abis step 6 itu aslinya disuruh bayar pakai points atau ngga, pilih yang ngga (pilihannya cuma dua) pokoknya step selanjutnya kita disuruh tulis nama (selain itu berarti back aja).

Nah di step tulis nama ini lu mesti menambahkan spasi (lu kira-kira aja spasi yang mana, ada backspace, spasi, sama delete all) jadi pas gue tulis DEBORA(tanpa spasi) dia ga bakal terima (lol) alias ga mau konfirm. Tapi kalau gue tulis DEBORA (dengan spasi) dia baru mau konfirm. Gampangnya, tulis aja nama lu dalam 2 kata. wkwkwk. Entah itu De Bora atau Debora Melina. Ya pokoknya ada spasinya. Di bawahnya disuruh tulis nomor telepon, tulis nomor telepon nenek lu juga gpp karena ga ngaruh. Setelah itu konfirm dan yes yes aja terus, sampe keluar slip pembayarannya. Abis itu ngantre saja buat bayar. Harga tiket buat dewasa 1000 yen, pelajar 700 yen, bocah 500 yen. Ga ada biaya admin, jadi plek plek gue bayar 2000 yen saja buat 2 orang.

Abis itu, gue pun lanjut... duduk-duduk lagi hahahaha. Masih jam 8-an dan ternyata gue mendadak disko alias pusing gila. Ini gara-gara turbulence pesawat gila tadi. Seriusan kepala gue berasa goyang banget -_______- tapi gue sok-sokan kuat padahal udah keliyengan. Ditambah malah pengen boker jadilah hidup gue sempurna.

Singkatnya, jam 9 gue pergi menuju apartment, biarin saja kalau kecepetan kita duduk-duduk dulu di stasiunnya. Pikir gue. Di sini temen gue beli PASMO karena dia belom punya, sementara gue yang sudah punya bekasan 3 tahun lalu (Pasmo berlaku 10 tahun) gue cuma top up aja. Hal yang bikin gue ngakak di sini adalah, saat gue lagi meracau sama temen gue di depan mesin Pasmo, tiba-tiba Petugasnya nyamperin dengan bilang

"Ada yang bisa dibantu?"

Harfiah. Bilang: Ada yang bisa dibantu. Bukan Bahasa Jepang. Tapi Bahasa Indonesia. Sumpah ga bohong, bahasa Indo dia bagus banget. Saking hebatnya dia bisa sempat mengatakan, "Iya masukin uang lu." HAHAHAHAHAHAAHA iyes pake LU. Gaya beud, tapi salut sama mas ini. Entah ini peranakan Indo atau belajar Bahasa Indo, tapi gue terkesima sama dia, bahkan bukan bahasa Indo yang baku aja ngerti :)))

Ini baru mantap soul.

Setelah itu gue pun pergi dari Haneda ke Naka Itabashi. Naka Itabashi itu singkatnya Ikebukuro sonoan lagi. Buat pergi ke sini ada berbagai cara, tapi yang gue pilih adalah dengan kereta. Versi lebih gampangnya, naik bus dari Haneda ke Ikebukuro. Versi lebih gampangnya lagi naik taksi sampe ke Naka Itabashi tapi ya wasalam duit lu. Fyi sih cara paling gampang dan affordable itu naik bus. Tapi ya gue agak pelit jadi memilih kereta. Spoiler, gue memilih bus pas pulang karena heran sama banyaknya bawaan gue.

Rutenya Haneda --> Shinagawa (ganti kereta)--> Ikebukuro (ganti kereta)--> Naka Itabashi

Berhasil? Banget. Kali ini gue ga nyasar (am so proud of myself) tapi gempor banget hahahah karena bawaan gue berat amat jadi pas melewati tangga tuh siksaan banget. Kita pun nyampe di Ikebukuro jam 11an, buset masih lama banget sampe jam 12.30 (janjian sama hostnya jam segini), yang kita lakukan akhirnya melancong ke Narimasu dan di Narimasu kita bengong lagi, sampe jam 12 dan balik lagi ke Naka Itabashi.

Singkatnya kita bertemu dengan host-nya (kita pesen penginapan di Airbnb ya--kali aja ada yang nanya) jam 12.30, iyes kita dijemput. Hal ini langka lho, setau gue sih rata-rata hostnya pada nitipin kunci aja, ga ketemuan, bahkan ada yang ga ketemu sama sekali sampe akhir XD Tapi host gue ini, si Mr. K sangat baik hati dengan rela menjemput tamunya, kemudian menjelaskan seluruh isi rumahnya. Walau bahasa Inggrisnya super pas-pasan tapi ga masalah sih, masih ada bahasa kalbu saudara-saudara dan kita cukup ngerti sama maksudnya dia.

Nah selesai nih urusan lalala, dan ternyata sudah hampir jam 3 sore (masyarakatttt lama banget) dan akhirnya tanpa lalala lilili gue pun mengajak buat bergerak untuk beli tiket Disneysea buat besok. Sok banget gue saat itu, ga sadar kalau GUE MASIH KELIYENGAN. Iyes kepala gue masih berasa berputar saat itu, tapi gue ga mau membuang waktu. Best partnya: gue menstruasi hari pertama, itulah saat-saat gue ingin mengutuki dunia ini. Kenapa mesti di saat seperti ini.

Berangkat ke stasiun Naka Itabashi kemudian sampai ke Ikebukuro. Tujuan pertama adalah Sunshine City. Di sini ada Disney Store dan Pokemon Center. Tanpa nyasar (ugh thanks God and google maps) gue pun tiba di Sunshine City ga pake nyasar jauh-jauh. Kelar beli tiket Disneysea, gue pun ke Pokemon Center. Gue mencari Espurr di sini karena muka Espurr mirip Oikawa www. Tapi kenyataannya ga dapet dia!!! SEBALLLL. Padahal di vlog orang gue suka melihat dia. Dan keknya masih itungan 6 bulanan ini deh :"(((

Ikebukuro nih.

Masuk ke Sunshine City
Pokemon Center Sunshine City Ikebukuro
Kecewa karena itu gue pun duduk lagi dan akhirnya gue merasa super lemah lagi. Di titik ini gue mau die karena makin keliyengan :((( Parah banget. Saat itu gue memutuskan buat nyerah. Dan untungnya temen gue mengerti jadi mengajak gue pulang juga daripada gue mati di jalan. Tapi sebelumnya liat-liat dulu Tokyu Hands hahahaha tapi seriusan ga konsen apa-apa (ya makanya pulang, bloon) dan hidup gue berasa lelah banget saat itu.
Baru sekitar jam 5-5.30 aja tapi dah segelap ini wkwkwk.
Sesampainya di apartment gue pun tidur-tiduran aja, dan kampretnya perut gue ikutan sakit karena dapet. Untungnya ga bikin menderita ampe bikin menggelinjang gitu dan untungnya ada obat dari temen gue juga :")) yaelah indah banget temen-temen gue ini.

Setelah itu gue pun cuma tidur-tidur aja ampe begok, dan kampretnya lagi gue diare hahahahah lengkap banget deh ini hari pertama. Menangis banget. Untung ada obat ampuh ala keluarga gue, norit wkwkwkwkw.

Oke begitu saja kehidupan gue di hari pertama di Jepang. Horrible sekali. Tapi gue belajar banyak dari hari pertama ini sih, intinya pas dateng, tidur aja dulu wkwkwkwkwk.

To be continued ke hari ke-2 ya~~