Pages

Selasa, 21 November 2017

Ke Jepang (Lagi) - Day 1


Hari yang dinantikan tiba.

Tanggal 14 November 2017, sekitar jam 18.05 gue sudah sampai di Bandara Soekarno Hatta dan menunggu teman gue. Seperti yang gue sudah bilang, perjalanan gue kali ini lagi-lagi hanya berdua saja, tapi tidak masalah, toh menggabungkan dua otak lebih gampang daripada tiga atau empat atau lebih.


Sebelum check-in gue dan temen gue bertemu dulu dengan kru Passpod untuk mendapat wifi portable yang udah gue sewa demi kelancaran internet di Jepang sana. Gue menyewa karena emang lagi ada promo dan yah gue disuruh hubungi si pemilik apartment kalau sudah sampai di stasiun terdekat jadi ya gue rasa portable wifi ini emang diperlukan sih. Untuk Passpod, pas gue di Jepang sinyal mereka oke sih, ga pernah gue hilang sinyal setidaknya di Tokyo ya wkwk. So menurut gue ini rekomen buat kalian yang pengen wifian dengan harga terjangkau.

Oiya gue ntar bakal nginep di apartment, Airbnb lebih tepatnya, dan dia juga menyediakan portable wifi dan kebanyakan host juga sudah menyediakan ini jadi keharusan nyewa dari Indo itu ga sepenuhnya mutlak.

Setelah check-in, kita pun masuk ke tahap Imigrasi. Ini dia tahap yang agak memusingkan karena kita sebetulnya udah ber-E-paspor jadi kita berharap ada gate lain yang khusus buat E-Paspor karena ini kan paspor udah ber-chip jadi yang kita tahu sih harusnya, sekali lagi HARUSNYA, ada gate khusus E-Paspor dan voila~ ternyata ada beneran dong, tapi di ujung dan krik krik ga ada yang antre. Jadi di ujung sana ada tulisannya automatic gate, semacam itu dan yah ga ada antrean di sana www.

Temen gue pun segera menanyakan petugas yang ternyata Bapak Petugasnya seakan mati segan hidup tak mau. Kira-kira gini percakapannya:

Temen: Pak, kalau E-Paspor bisa di sini?
Bapak Petugas: Iya bisa.
Bapak Petugas: Dah pernah belum?
Temen: Belum pernah, Pak.
Bapak Petugas: Ya udah coba saja sana.

Apaan deh coba aja? -____- Tapi akhirnya si Bapak menemani kita sampai kelar kok. Intinya masukin paspor bagian foto buat di-scan. Scan sidik jari, terus difoto. Pas difoto mesti ampe dapet mukanya jadi kalau kek gue besar begini mesti agak mundur dulu wkwkwkwk. Kelar deh.

Di waiting room kita cuma foto-foto ampe mabok dan disuruh masuk pesawat. Yah pesawat kita kali ini adalah ANA NH856. Fyi yang ga tau ANA, ini adalah satu-satunya pesawat dari Jepang yang berbintang 5. Widihhh, mantep ya? Gue sih ekspektasinya gede banget. Ini pesawat dan krunya pasti keren abis deh, mantap soul pokoknya.


First Impression gue sama ANA: Wow jeda kaki gue sama kursi depan lumayan lebar juga buat kelas ekonomi. Gue cukup terpukau karena pas naik Air Asia 3 tahun yang lalu itu memang inalilahi deh buat kaki gue hahahaha, sempit ah. Tapi yang ini agak-agak longgar jadi gue agak senang. Ditambah lagi tiga deret kursi ini hanya ada kita berdua jadi makin lega aja.

Mayan lho bro
Setelah lepas landas kita disuguhkan sama minuman dan snack. Pilihan minuman ini cukup bervariasi ya, apalagi ada sake, wine, beer, menurut gue ini udah cukup buat mabok-mabokan di pesawat. Tapi gue sih tetep jaim jadi milihnya juice aja. Karena penerbangan malam jadi katanya dikasihnya sebelum mendarat alias sarapan. Perjalanan gue ke Jepang ini memakan waktu 7 jam ya gaes, cukup panjang buat gue. Sengaja banget milihnya malem biar bisa tidur aja di pesawat jadi pagi-paginya gue bisa seger.
Snack dulu kakak.
Abis itu ngebir
Itu ekspektasi gue. Kenyataannya: Ini pesawat kerjaannya turbulence mulu. Gue kurang paham juga ya, paling keki pas lagi makan goyang-goyang. Dan iya emang cukup sering sih ini pesawat goyang-goyang, ga ngerti ada apaan, hujan juga nggak kok.

Buat entertainment di pesawat ini, menurut gue sih cukup mumpuni lah ya, ada banyak pilihan film ditambah gue suka sama film Jepang jadi ini udah oke banget kecuali... ini sering banget eror. Dari remote-nya eror beberapa tombol ampe ini remote ga bisa fungsi nyaris semuanya kecuali buat matiin layarnya :")) Di awal gapapa sih, tapi pas gue pilih game dia loading mulu, pas back malah bikin remote-nya eror. Untungnya sih touch screen jadi masih bisa dikendalikan. Gue ga komplain karena buat gue ga penting toh gue ga terlalu butuh sama fitur ini, tapi kok bisa ya tiba-tiba eror seketika wkwkwk.
ini udah setengah eror, gue ga bisa navigasi dari remote.

Terus kata orang kursi ANA itu keras, iyes bener banget. Gue juga merasakan hal yang sama, jadilah gue makin ga bisa tidur juga ditambah gue kurang capek jadi ga bisa pelor (nempel molor). Hasilnya gue bangun tiap setengah jam sekali, sangat-sangat-sangat tidak nyenyak. Mungkin lain kali gue butuh bantal atau boneka super besar buat tidur di pesawat. Dan lain kali meibi gue lebih baik pesawat siang atau pagi hari aja, gue ga mampu kayaknya tidur di pesawat.

Sekitar jam 5 waktu Tokyo (alias jam 3 pagi waktu Jakarta) kita pun dikasih sarapan. Kali ini gue memilih omelette something. Ada omelette, daging, noodle, salad, buah. Rasanya B aja sih hahaha not so special karena gue cuma suka makanan mecin dan masakan nyokap gue.


Dan tak lama setelah itu, pengumuman akan mendarat di Tokyo Haneda pun dikumandangkan. Pendaratan pun ga mulus, menurut gue kasar dan malah sempet ngerem mendadak jadi terdengar ada barang orang yang jatuh gitu. Menyedihkan.
We almost arrived, and yeah it's sunrise!
Penilaian ANA buat perjalanan gue Jakarta-Tokyo 2.5 dari 5. Bad experience. Sorry to say. Ekspektasi gue bener-bener dihancurin di awal, dan spoiler, di perjalanan pulang bahkan lebih parah lagi hahaha.

Kita pun sampai di Tokyo!

Literally yang di kanan itu pesawat gue barusan.
dejavu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar