Pages

Senin, 03 Oktober 2016

[Curhat] Naruto 72 versi Indonesia

Jadi kemaren-kemaren gue udah curhat soal Tokyo Ghoul versi Indo yang nyahahaha begitulah. Silakan cek post ini untuk membaca curhatan gue tentang komik TG.

Sekarang gue akan melanjutkan curhatan gue tentang salah satu komik yang sangat-sangat-sangat terkenal di Indonesia. Iya, Naruto. 

Gue adalah fans Naruto. Yah, gue akui dengan jujur. Bahkan gue pernah menuliskan post macam ini saat seri Naruto berakhir :p Dan ketika versi Indonesia-nya diterbitkan di sini, gue pun sejujurnya cukup sedih, walau di satu sisi juga cukup senang karena cerita yang makin tidak jelas ini diakhiri. Tentu saja gue pun bersemangat untuk mengoleksi volume terakhirnya, gue menganggapnya sebagai sebuah tugas terakhir gue sebagai fans Naruto.

Terakhir bakal gue foto secara keseluruhan, volume 1-72 (lengkap kap kap) dan mungkin memamerkannya pada temen-temen gue di media sosial.

ITU HARAPAN GUE.

Kenyataannya, terdengar kabar dari para fans yang udah beli duluan kalau.... KALAU ADA HALAMAN YANG HILANG.

Ya! Halaman yang hilang. Bukan rusak, bukan ketuker, bukan kena sensor. HILANG.

Bukan hanya 1 halaman, TAPI 3 HALAMAN SEKALIGUS. (Update Mei 2017-->akhirnya udah dibenerin sama penerbit --di bawah gue jelasin, tp gue ga berniat hapus postingan ini jadi ya sudah wwww)

OOOOHH SHEET! OHHHH SHEET! WAT THE FISH! WAD ON EEEARRTTTHHH. DEMI GELEDEK SAMBEL TERASIIII. 3 halaman, Mas!

Karena berita tersebut gue menghentikan rencana gue membeli Naruto volume terakhir.

Sebulan lewat, gue belum mengetahui apa yang sudah dilakukan sang penerbit (Elex) buat memperbaiki 3 halaman itu. Dan akhirnya kesabaran gue hilang di sekitar bulan Agustus, gue pun membeli komik Naruto volume 72 itu untuk melihat 'sebusuk apa sih kesalahannya'

Dan, here we go! (Ini perbandingan dengan versi Inggris yang gue beli setelah gue beli versi Indonesianya karena udah ga sanggup menunggu solusi dari sang penerbit yang tak kunjung hadir---iya anaknya ga sabaran banget)

Kiri: English ver. Kanan: Indonesian ver.
Yah emang versi Inggris selalu lebih gede.

LANJUT KE BAGIAN AKHIR KARENA INILAH POKOK PERMASALAHANNYA
  (WARNING, SPOILER ALERT)

1. YOU'RE JUST TOO BLUR TO BE TRUE.

Gue pikir si TG-nya m&c dah super blur, eh ini lebih kampret lagi (karena blurnya berhalaman-halaman)

Ini blur setelah di bab terakhir, di saat mereka semua udah pada gede.

Lihat sendiri perbedaannya...

2. THE MISSING PAGES...

Jadi seperti yang gue bilang ada 3 halaman yang hilang. Ini dia halaman yang hilang:




Yes, bagi yang udah beli versi Indo... Silakan liat 2 gambar di atas itu ga ada :) Yup, semua seperti itu unfortunately, lu bukan dapet barang cacat tapi memang begitu keadaannya. Sangat disayangkan. This is the last volume, coy, how could you, Editor?

*

Yang versi Indo abis halaman ini


malah...


iklan. Hmm kzl.

That's it! Itulah bagian terfatal yang ada di volume terakhir Naruto terbitan Indonesia. Masalah typo or sejenisnya belum gue perhatikan karena gue sebetulnya masih bad mood karena terbitan ini hahahaha. Padahal udah lumayan lama terbitnya tapi gue tetep keki karena ga ada tanggung jawab dari pihak penerbit.

[Update Mei 2017]

Oke jadi kebetulan 10 Mei 2017, gue ke toko buku gramedia dan ada Naruto vol. 72 yang kebuka dan pas gue liat, ternyata mereka udah nambahin 3 halaman yang terhilang itu... Well done. Akhirnya bisa diperbaiki juga. Gue ga tau dari sejak kapan udah diterbitin yang versi benernya tapi gue juga ga tau kalau semua stok yang tersedia di toko buku udah yang versi benernya ato ngga. Tapi gue harap semua udah versi yang bener sih.

Sekian.

1 komentar:

  1. Maaf, apakah blog ini masih aktif?
    Kira2 ada perbedaan gak antara vol 72 cetakan awal dan cetakan yg sudah direvisi, di bagian covernya?

    BalasHapus