Pages

Sabtu, 28 Januari 2017

Perjalanan 8 Jam Bikin E-Paspor!

Bagi yang ga tau bedanya E-Paspor sama Paspor biasa, nanti akan dijelaskan di bawah (LAAAH). Pada dasarnya bedanya itu, E-Paspor pake chip, yang paspor enggak. Yah, sama kayak KTP dan E-KTP, Bos!

Jadi inilah perjalanan gue mencari kitab suci di selatan.

Kelengkapan berkas yang gue bawa (Gue single, udah kerja, kerja di jakarta, domisili tangsel)

1. E-KTP, basically ini termasuk syarat yang fatal banget, karena lu sebetulnya ga bisa punya E-Paspor kalau ga punya E-KTP. Well, karena banyak kasus E-KTP belom jadi karena blanko kosong, pihak Imigrasi (Jakarta Selatan) membolehkan membawa surat keterangan dari catatan sipil (sepertinya gitu, gue ga dengerin dengan jelas sih) Nanti difotokopi di kertas A4 dan jangan dipotong. JANGAN DIPOTONG.

2.  Fotokopi KK (bawa aslinya pas dateng)

3. Fotokopi akte lahir/ijasah/surat baptis (bawa aslinya pas dateng). Pilih salah satu aja, jadi kalo akte lahirnya ilang bawa ijasah aja, dari SD-SMA yang penting ada nama Bapak atau Ibu. Gue bawa akte lahir sama ijasah btw.

4. Fotokopi Paspor lama (bawa aslinya pas dateng) ini opsional. Kalo belom punya paspor sebelumnya ya ga bisa juga lah ya dibawa. Fotokopi halaman depan sama klo ada halaman buat penambahan nama atau keterangan lainnya di halaman terakhir.

Yah itu doang sih. KTP gue Jakarta walau gue tinggal di Tangsel. Gue dah kerja tapi gue ga bawa surat keterangan kerja karena emang ga ada di syarat, dan gue kerja di Jakarta juga, dan gue bukan disuruh kantor buat bikin paspor. Gue kurang paham untuk imigrasi yang lain ya, dan buat yang dari luar Jakarta gue ga paham juga surat tambahan apa yang diperlukan, kalo ga salah ada surat keterangan domisili, entahlah, coba tanya yang lain, jangan nanya gue.

Setelah browsing sana-sini gue juga dah tau kalo misalnya di Imigrasi Jakarta Selatan itu selalu ramai dan sebagian besar blog atau artikel yang gue baca itu menyarankan buat dateng sepagi mungkin buat menghindari hal-hal semacam: LAMA NUNGGU. (Update 31 Mei 2017) Denger-denger dah bisa "ambil" nomor antrean lewat aplikasi atau web mana gitu buat Imigrasi Jaksel (aja), coba aja gugel, bagus banget itu kalo bener, ga usah saingan ma maling perginya pagi buta.

Tapi apalah gue yang lemah terhadap bangun pagi dan ga seniat itu buat dateng jam 4 pagi, jadi gue baru berangkat itu jam 5 tepat, dari rumah gue di kawasan Tangerang Selatan ke Warung Buncit situ, Imigrasi Jakarta Selatan. Cukup 30 menit aja buat nyampe situ, thanks to my bro yang mungkin punya impian menggantikan si botak di Too Fast Too Furious.

Pikiran gue dateng ke situ adalah: "Yah gue mungkin ga dapet nomer awal, tapi gue yakin gue ga sesial itu nunggu lama banget."



JUMAT 27 JANUARI 2017
JAM 05.30 WIB

Apa yang gue temukan? Ribuan eh maksudnya udah semacam 50 orang ngantre -_______-""
Terima kasih untuk pemikiran sotoy gue.

Terlanjur sayang, gue pun ikutan ngantre (yaeyalah), dan mengikuti barisan sembari diarahkan oleh petugas juga. Karena gue bikin E-Paspor, gue mesti mengikuti jalur walk-in atau manual. Namun, jika situ mau bikin Paspor wae ga pake chip itu, silakan bikin via online biar ga ngantre karena antreannya nanti dibedain, Saudara-saudara!

JAM 06.30 WIB

Mendekati jam setenga 7, gue pun masuk dan naik ke lantai 2. Di situ kita baris lagi buat diperiksa dokumen asli, karena kalo ga bawa ya disuruh pulang, atau disuruh ambil dulu. Misalnya depan gue persis, karena dia belom 17 tahun dia butuh buku nikah ortunya, tapi ga dibawa, jadi si Bapaknya (kebetulan doi juga ada) disuruh pulang buat ngambil.

Abis diperiksa dokumen, kita diberi map warna kuning yang akan kita isi nantinya. Di map itu udah dikasih juga nomor antrean. Nomer antrean dibatesin sampe jam 10, jadi di atas jam 10 ga bisa dilayani di hari itu. Gue saat itu cuma ngambil doang tanpa melihat nomer berapa gue. Setelah ngambil map, gue pun mencari tempat duduk.

Ga lama abis gue duduk, datang seorang bapak petugas yang menjelaskan tata cara pengisian map itu. Jadi ga usah merasa mau mati pas liat kotak-kotak yang harus diisi ya. Nanti setelah selesai dia berbaik hati keliling buat jawab pertanyaan kalian. Oiya di sini dia bilang kalau E-Paspor itu lebih lama jadinya (2x lipat) dari paspor biasa, lebih mahal 2x lipat juga, tapi gratis visa buat 1 negara saja. YA! Satu negara saja. Jepang!

Salah satu omongan lain si bapak yang gue inget adalah, "Syarat terakhir yang harus dipunyai bapak ibu adalah: Panjang sabar karena harus menunggu."

Nantinya bakal dipanggil mulai dari kelompok 1 baru ke kelompok 2 dan 3. Kelompok 1 adalah golongan prioritas (lansia, bawa anak, disabilitas) nanti di kertas nomor antrean dimulai dengan angka 1, misal 1-003, dan terbatas buat 30 nomer aja. 1 nomer bisa buat beberapa orang kok (misal suami istri anak), jadi bukan buat 30 orang aja. Kelompok 2 adalah buat yang Walk-In (gue termasuk), dan kelompok 3 adalah buat yang online.

JAM 07.45 WIB

Setau gue sih mereka baru mulai kerja jam 8 ya, tapi entah kenapa 15 menit sebelum sudah mulai. Good. Mulai-lah dipanggil mulai dari kelompok 1. Gue pun baru melihat nomer antrean gue (serius, gue dari tadi fokus ngisi doang dan ga liat nomer gue) dan ternyata nomer antrean gue adalah.... 2-123 (SO FUCKED UP WHAT THE FISHHHHHH) Tapi gue malah optimis pas itu, gue percaya gue cuma akan nunggu sampe jam... 12 (insert emot nangis di sini). Gue pun membuka lembaran halaman blog orang yang gue print dan baca kalau, dia dapet antrean 87 dan baru dilayani jam stenga 1.

HANCURLAH HATI HAYATI. Tapi mau diapain lagi, gue cuma bisa buka henpon maenin apa aja yang bisa dimaenin.

JAM 11.00 WIB

Di jam ini kewarasan gue udah mulai hilang banyak, gue ga tau apa yang gue lakukan di sini, kenapa gue masih ada di sini, kenapa antrean jam segini masih 2-050 hrrrr hrrrrr....

JAM 12.00 WIB

Saran gue buat yang mau urus paspor, ya hindari hari Jumat lah ya, selain orang kemungkinan lebih banyak, dan pas jam setenga 12 itu tinggal 2 counter aja yang kerja karena istirahat sholat Jumat. Dan jam 12 mereka istirahat semua dan kembali jam 1 siang. Sekitar jam ini baru sampe nomer 80an :"(

[update] pas gue ngambil paspor di tanggal 24 Februari (Jumat juga), jam stenga 12 antreannya ternyata udah nyampe 2-173. Jadi meibi gue kurang beruntung saja di hari itu :(

JAM 13.15 WIB

Jam orang Indo emang selalu ngaret, jadi gue cuma bisa gemes aja jam 1 teng belom gerak, tapi jam 1 lewat 15 baru mulai, itu pun belom semua. Tapi karena kelompok nomer 3 udah dipanggil semua jadi giliran kelompok 2 aja dan perlahan tapi pasti mendekati nomer gue.

JAM 14.00 WIB

Gue lupa pastinya jam berapa, tapi gue rasa di jam segini nomer gue akhirnya berkedip-kedip di layar. Gue pun masuk, pergi ke counter 7, disapa sama si Ibu petugas, dan menyerahkan semua berkas yang gue punya lalu duduk. Untungnya si Ibu ramah jadi hati yang udah lenyap ini masih bisa buat senyum di muka, dan si Ibu malah nyuruh eik ngaca dulu buat ntar foto soalnya buat 5 tahun mendatang fotonya :''D 

5 menit verifikasi dokumen, eik cuma ditanya kerja di mana, cuti ato pulang lagi ke kantor, sama tinggi berapa *ini paling aneh ditanya, kamu 170cm? ya ampun bantet kek gue 170cm :"""( *

Abis itu disuruh pindah ke sebelah, buat foto. Nah abis foto disuruh scan sidik jari mulai dari jempol ke kelingking, tangan kanan ke tangan kiri. Di sini eike ditanya mau ke mana, ya karena emang alesan gue bikin E-Paspor buat ke Jepang aja, jadi gue jawab itu doang sih.

Selesai itu ente bakal dikasih bukti pembayaran yang harus dibayar maksimal 7 hari setelah diberikan dan nanti E-Paspor bakal selesai sekitar 14 hari kerja setelah pembayaran. Harga E-Paspor itu 655ribu yah. Mehong emang. Abis itu balik lagi ke Imigrasi buat ngambil, tapi kalau buat ngambil itu jamnya dimulai dari jam 13.00-16.00 WIB. Boleh diwakilkan asal masih dalam 1 KK, dan buat yang di luar KK mesti punya surat kuasa.

Nah kelar. Gue cuma 10 menit di dalam, tapi menunggu 8 jam hrrrr. Gue ga makan pula karena anaknya ga bisa fokus sama 1 hal lain kalau belum kelar ditambah ga ada temen jadi gue males makan sendiri. Tapi buat yang nomer antreannya jauh banget kek gue, bisa sih kalau mau jalan-jalan dulu, karena info antrean bisa diakses di infoantrianpaspor.imigrasi.go.id jadi situ bisa pantau nomernya sendiri. Buat bayaran bisa lewat ATM aja sih ga mesti ke bank, gue sendiri lewat ATM BCA (karena gue cuma punya akun BCA). 

Saran buat yang mau bikin E-Paspor:
1. Silakan menyesuaikan kedatangan Anda berdasarkan cerita di atas. Gue ga memaksakan buat dateng pagi banget, tapi kalau emang mau cepet ya dateng aja jam segitu, gue denger dari cerita bapak petugas ada yang udah dateng setengah 4 (hell) -- (Update 31 Mei 2017) Denger-denger dah bisa "ambil" nomor antrean lewat aplikasi atau web mana gitu ya buat Imigrasi Jaksel, coba aja gugel, bagus banget itu kalo bener, ga usah saingan ma maling perginya pagi buta.
2. Sekiranya kalau dateng lama (kek gue) gausah banyak bacot pake acara bilang wah ngantrenya banyak banget lalalalalalala, karena emang sistem Indo masih begini, ya terima aja ato pergi dari situ daripada bikin polusi suara.
3. Bawa makan minum dari rumah kalau mau hemat. Bawa rantang gue rasa ga masalah ya, piknik aja di dalam, ga dimarahin sih, paling diliatin aja, terus dimintain (lah)
4. Tempat charger ada kok, tapi kadang didominasi 1 pihak soalnya tempatnya ga strategis dan di pojok dan deket kursi dan deket tempat minum. Jadi klo mau nunggu di depannya (ga ditinggal) agak ... malesin.
5. Pastikan seluruh syarat yang ditentukan sudah dipatuhi, jadi ga pake acara belom fotokopi atau KTP dipotong karena itu menghambat antrean, artinya lu membuang beberapa menit di hidup ratusan orang. Kalo orang macam ini ada 10 aja udah ngeselin banget.

Ga ada foto karena udah sebuah mujizat gue masih hidup di hari itu. Nunggu 8 jam sendirian semacam salah satu ujian terberat di hidup gue.



[UPDATE]
Ngambil paspor
Jadi kata petugs imigrasinya, silakan datang lagi 14 hari kerja setelah tanggal pembayaran. Gue bayar tanggal 30 Januari 2017, dan 14 hari kerja itu sekitar tanggal 20-21 Februari 2017, SEBENARNYA.

Tapi yang ada gue malah datang tanggal 16 Februari dengan pikiran, ah udah lewat 14 hari kan, udah bisa dong. FYI, kalau mau ambil paspor baru bisa dilayani jam 1 siang, dan sebelumnya ngambil nomor antrean itu mulai dari jam setengah 1.

Lalu pas ngambil nomor antrean itu, gue langsung dibilangin, "Ini paspornya belum selesai. Belum 14 hari kerja." Gue awalnya ngotot, "Lah, emang belom, Mba? Bukannya udah 14 hari ... eh?" 14 hari kerja lho, Deb! Bukan 14 hari doang. Woooo makan tuh ampas.

Oke pemirsa, akhirnya gue baru dateng lagi tanggal 24 Februari 2017, walau gue disaranin dateng tanggal 20 Februari. Secara gue anaknya takut dikibulin lagi, dan gue cari aman, jadi gue baru bisa datang di tanggal 24. Dan taraaaa, gue pun mendapatkan benda warna hijau kebiruan itu ... aka E-Paspor gue, coy!

Jadi inget ya, kalau dibilangin 14 hari kerja ya datenglah saat 14 hari itu. Itungannya gue ga paham jadi kalau mau aman sih tambahin 1 hari aja daripada sia-sia banget hidup lo (kek gue). Jadi kalo gue itu amannya di atas atau pas tanggal 21 Februari karena di tanggal 15 Februari itu libur (pas Pilkada)

Oke? Selamat membuat E-Paspor ya temans. See you babay!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar