Pages

Sabtu, 05 Maret 2016

Life as an Editor

Hello gaes,

I'm back!!! Dan gue tau ga ada yang merindukan postingan baru dari gue.

Heniwei, gue mau bercerita tentang kehidupan gue sebagai seorang editor yang sejujurnya sampe detik ini, gue masih ga ngerti kok gue bisa jadi editor, dan parahnya editor . . . novel.

Sebetulnya topik soal pekerjaan ini gue tulis bukan dengan tujuan utama berbagi info dengan kalian yang membaca, tapi lebih kepada buat diri gue sendiri karena gue ini ingatannya sangat-sangat lemah -____- (dan tadi di tipi ada yang bilang klo ga sarapan bikin volume otak mengecil, dan mungkin itu penyebabnya gue jadi agak stupid and a kind of pikun). Jadi diharapkan di masa depan, pas gue lupa apa yang gue lakukan sebagai editor, gue bisa melihat post ini. lol.

Yak, langsung aja.



Editor, siapa yang ga tau apa pekerjaan editor? Gue ga tau, awalnya. Yang gue tau, kalo editor komik itu kerjaannya nguber-nguber komikus biar dia nyelesein naskahnya. Bahkan ampe ke rumah si komikus, bahkan ampe lari-lari. Itu semua gue liat di komik Hai Miiko :p

Lalu bagaimana dengan yang gue lakukan? Apa gue juga nguber-nguber penulisnya ampe ke rumahnya? Ou tentu saja ngga. Kalo iya, gue jamin ga ada yang mau jadi penulis, errr jarang maksudnya.

Secara garis besar, editor itu adalah orang yang ngedit-ngedit tulisan yang ada (entah itu dari penulisnya sendiri (biasa untuk novel lokal) atau hasil dari terjemahan orang (biasa novel terjemahan)) sehingga tulisan itu jadi enak dibaca.

Itu salah satu job desc-nya ya, lainnya sih banyak..... Salah satunya menentukan judul apa yang bakal diterbitin :P

Apa susah jadi editor?

I'm gonna say: actually it's not so hard, but not that easy. Dibutuhkan sebuah dedikasi (yes, dedikasi) buat mengedit. Bukan hanya sekadar titel sarjana sastra (karena gue toh sarjana komputer :p) dan sekadar 'aku suka banget baca buku'. Dedikasi ini maksudnya, lu rela melihat ratusan halaman word di komputer dan mengeditnya.

Tapi kan itu novel... Pasti lebih enak lah daripada buku non-fiksi.

Yah gue cukup setuju. Apalagi kalau lu suka baca buku, kayaknya menyenangkan ya. Tapi coba lu lakukan itu dengan target.... Yes. Target! Dalam 1 bulan lu harus menerbitkan sekian judul, yang belum tentu lu suka semua ceritanya. Belum lagi lu melakukan itu selama 5 hari dalam seminggu. Dari pagi sampai sore. OMG, pls admit it. Itu membosankan, bukan?

Semua pekerjaan kan butuh dedikasi.

Yes,
makanya gue bilang jadi editor itu juga ga segampang itu. Dan itu masih 1 masalah dari beribu masalah lain menjadi editor ya. Jadi, kalau lu ga mendedikasikan hidup lu, dan merasa menjadi editor bukan way of life-nya elu, ya gue yakin surat resign akan segera lu keluarkan sebagai langkah terakhir.

Enak tapi kan bisa baca novel gratis ampe muntah-muntah.

Itu keuntungannya, tapi tentu saja buku-buku dari penerbit itu ajah. Yakali semua novel ada di situ.

Kemampuan apa sih yang mesti dipunyai seorang editor?

Kemampuan meramal sebuah judul bakal laku ato ngga. Kalo ampe tebakan lu di atas 90%, lu tawar gaji yang tinggi aja. HAHAHAHA. Oke, itu sebetulnya ga salah, tapi agak mistis ya kalo bisa nebak kayak gitu. Karena cerita bagus belum tentu laku, dan begitu sebaliknya. Yang ga terlalu bagus bisa aja jadi heitzzzz. Tapi untuk masalah teknis, sebetulnya masalah EYD kalian sih, terus kemampuan bahasa asing. Dengan banyak baca buku kalian jadi punya kosakata yang banyak yang bisa diaplikasikan ke buku editan kalian. Lainnya, kemampuan bertahan melihat halaman word sepanjang hari XDDD

Jadi lu suka jadi editor, Deb?

Hmm... ngga XD *cukup ini aja jawaban gue*

M-maksudnya.... elu bakal....?

Apa maksudnya? :p

Oke itu dia cerita singkat gue tentang editor, mungkin akan gue tutup dengan kegiatan gue sebagai editor, jam-demi-jam.

07.00 Biasanya gue dah nyampe kantor. Kalo kebelet deadline, gue langsung ngedit, klo ngga biasanya gue nonton anime, ngobrol, main hape.

08.00 Berhubung udah jam kantor, jadi gue sok-sok ngedit. Kalo sebetulnya ga mood, gue browsing dong. Uhuk. Download. Uhuk.

09.00 Masa-masa terdistraksi. Entah disamperin temen, terus ngobrol, ato guenya yang nyamperin temen buat ngobrol. Sesekali ngedit.

10.00 1 jam menuju makan siang, jadi sangat-sangat terdistraksi. Sesekali ngedit.

11.00 Lewat beberapa menit, dan gue pun turun makan. Tinggalkan editan.

12.00 Kalo kebelet deadline, gue langsung ngedit abis selese makan, klo ngga biasanya gue nonton anime, ngobrol, main hape.

13.00 Lanjut ngedit, biasanya masuk fase-fase ngantuk akibat abis makan.

14.00 Hampir mati karena ngantuk biasanya hahaha. Kalo kebelet deadline tentu saja pasti masih ngedit.

15.00 Ih dah mau pulang, ih udah mau pulang. Itu aja yang di pikiran gue. Tentu saja sesekali ngedit dong.

16.00 Saat-saat terdistraksi paling parah. Dijamin isinya ga ada kerja-kerjanya, kecuali lagi dikejer deadline.

17.00 Ini udah otw pulang :p

Yah tambahkan urus ini itu (banyak, seriusan banyak yg diurus editor sebetulnya) di bagian sesekali ngedit. Cover juga editor yang menentukan lho, kecuali ada request dari sang penulis (kalau lokal) dan pihak penerbit buku asli (kalau terjemahan)

Udah terlihat membosankan kah? Apa malah menyenangkan? Semua itu bisa dibikin jadi fun tergantung orangnya tentu saja.

Satu hal yang akan membuat kalian bangga menjadi seorang editor, tentu saja pas buku yang kalian edit itu disukai orang dan laku... Kalian akan seperti orangtua yang bangga sama anaknya. "Ouh, siapa dulu dong (editornya)" *sambil senyum-senyum*

Tapi bisa juga kalian bangga saat nama kalian terpampang di suatu buku :p "Hey that's me. See? It's me. Gue nih yang ngedit ni buku."

That's it. Bagi yang bermimpi jadi editor, selamat berusaha.... It's so possible to be an editor, even you're not a sarjana sastra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar