Pages

Jumat, 06 Maret 2015

Sebut aja tim KRL (part 2)

Kalau lu anak kereta banget, pasti lu dah ga asing denger kata gerbong wanita. Secara gampangnya sih, gerbong ini dikhususkan buat cewek, mulai dari nenek2, emak2, mba2, adek2, dan bocah. Kalau artinya isinya semua cewek, eits, belom tentu. Bisa jadi si nenek apa si emak apa tante bawa cucu, anak atau keponakannya yang cowok. Selama masih kanak-kanak atau berasa bocah gitu sih gpp ada di gerbong ini :)

Dan fyi aja, sebetulnya di sekitar tahun 2012 (klo ga salah), ada juga namanya kereta khusus wanita. Yes, kereta khusus wanita. 8 gerbong kereta isinya cewek semua. Can you imagine it? Seriusan itu bener-bener langkah yang luar biasa ga penting. Kenapa? Padahal gw cewek. Kenapa gw menganggap ini ga guna?


1. First of all, adalah karena kereta khusus wanita ini rutenya cuma yang ke Bogor-Jatinegara-Bogor (kalau ga salah cuma rute ini) which is ga bisa gw nikmatin lama2, paling waktu itu cuma sejauh Manggarai - Tn. Abang yang cuma 3 stasiun.

Oke, alesan gw yang pertama bener-bener cuma keegoisan gw, tapi itu alesan utamanya, sih, kenapa gw bilang hal ini ga guna *tertawa*

2. Karena kesian yang cowok. Kereta ini ada di pagi dan sore hari. Bayangkan kalau lu jadi cowok. Pas pagi, harusnya ada 2 kereta lewat dalam waktu sekian menit. Kereta pertama penuh, jadi lu mengalah, berharap kereta selanjutnya yang jeda waktunya ga jauh bakal lebih sepi. Dan ketika kereta itu dateng, isinya adalah cewek ... semua. Dan lu mesti mengalah lagi buat ga naik karena kereta diskriminasi itu. Keki? Gw sih keki. Waktu lu kebuang buat "Ladies First" lol

3. Dari pada kereta khusus wanita, mending jumlah kereta diperbanyak, jadi ya jedanya ga jauh2 banget, lebih efisien lah. Adil buat semua.

Anyway, kereta itu cuma bertahan selama beberapa bulan aja. Setelah itu semuanya menjadi kembali seperti biasa. Gerbong khusus wanita masih ada, tapi kereta khusus cewek udah ditiadakan. Akhirnya mereka sadar kalau ide itu bukan ide yang bagus.

Back to the gerbong cewek....
Sebagai seorang cewek (berdasarkan KTP dan kata emak bapak gw), gw pun pernah mencicipi gerbong wanita ini. Dan sewaktu hal ini dikumandangkan alias di sahkan, pas gw punya kesempatan, gw pun langsung naik di gerbong wanita ini.

Kalau ga salah gerbong cewek ini diciptakan karena waktu itu lagi marak tindakan tidak senonoh yang dilakukan kaum jantan kepada kaum betina (hei, binatang lu kira?!)

Jadi ga heran sih kenapa cewek-cewek lebih memilih buat naik di gerbong ini. Karena kan isinya sama-sama cewek, jadi kalau pun sentuh-sentuhan gitu mungkin masih okelah daripada sentuh-sentuhan ma cowok ga dikenal, jelek, bau pula, gitu kan?

Tapi, sebetulnya sih banyak juga kekurangan dari gerbong cewek ini. Jadi gw bakal mengutarakan beberapa hal yang harus lu pikirkan ketika lu naik gerbong wanita, dan mungkin bakal membuat lu berpikir 2x buat naik gerbong diskriminasi gender ini.

1. "Itu masih bisa geser ga? Geser, dong"
Terus nyempil. Itu lah kira-kira gambaran kita kalau duduk di gerbong cewek. Liat celah dikit, minta geser terus nyempil. Sempit kali! Gw tau ya, dia capek kalau berdiri, tapi ya semua juga capek kalau berdiri. Anggeplah orang-orang yang duduk itu orang-orang terpilih yang akhirnya bisa duduk (entah karena kemarukannya atau strateginya yang jitu). Kalaupun masih bisa geser, tolong lah liat itu bisa ga buat pantat lo? Kalau ga nyaman, atau pantatnya cuma muat seperempat, terus bikin sebelahnya keki gara-gara super sempit, haruskah anda tetap maksa? zzzzzz.

2. Rewel, judes, mengerikan.
"Duh, udah penuh, ga bisa lagi nih masuk" atau "Jangan dorong-dorong, dong!" terus sambil pasang muka ga enak atau judes gitu. Helo ibu-ibu dan kaum hawa lainnya. Kalau anda naik kereta yang pas jam sibuk (pergi dan pulang kantor), terus ente maunya ga dorong-dorongan, desek-desekan? Kayaknya salah alamat deh. Pulang aja yuk, ngopi aja kita?! Ibu-ibu dan mbak-mbak emang sensitif waktu dorong-dorongan, tapi ya maksud gw gini, semua pengen pulang, semua pengen pergi, semua pengen cepet-cepet biar ga telat, yaudah hargain aja. Desek-desekan ampe ga bisa nafas? Salahin PT. KAI aja daripada orang-orang yang masuk. Gw selalu berpikir, kalau dia masih maksa masuk, dia ga salah. Yah, karena mungkin aja dia ngejar waktu. Soalnya kan kereta kita jeda waktunya ga jelas. Kadang bisa 15 menit sekali dateng, kadang 30 menit sendiri. PR banget.

3. LEMAH kalau berdiri tanpa pegangan
Ini yang paling bikin gw keki sih. Cewek itu makhluk yang tak sekuat cowok (katanya) dan mungkin ini yang membuat gw semakin keki naik gerbong ini terutama pas lagi penuh. Jadi namanya gerbong wanita ini ada 2 ya, paling depan sama paling belakang. Dan ketika di lokasi-lokasi tertentu itu, ada kalanya si kereta agak condong ke kiri atau ke kanan tergantung belokan dan medan rel pada saat itu.

Singkatnya sih, ketika kereta lagi ngerem, cewek-cewek 'hebat' ini biasanya ikut arus jadi misalnya kedorong ke depan ya dia ikut ke depan, ke kanan ya ke kanan dan seterusnya. Iya gw tau, emang perjalanan kereta memang menggoyangkan sekali, tapi ya ga bisa apa agak nahan? Jadi kalau kedorong ke kanan jangan kayak ga punya tulang gitu. Tahan coy!! Kalau udah paling parah, sih, ya, pas si masinis rem agak neken alias mendadak gitu, bisa loh dari tempat depan pintu ampe ke tengah bagian orang duduk. Hebat kan? Gw dah pernah ngalamin, Coy, jadi ga jangan bilang gw lebay ;p

4. Ibu-ibu & anak nangis = HALAMAKJANG
Gerbong wanita berarti semua wanita dan kemungkinan besar mereka bakal bawa anak (terutama yang masih balita) ke sini. Kalau semua anak itu tenang ya ga masalah, tapi anak itu kan terbagi-bagi dalam berjuta-juta kondisi ya. Ada yang kalau panas nangis, ada yang ga bisa diem, ada yang jelek dekil, ada yang annoying. Nah kalau anak annoying mungkin emaknya bisa nyadarin dia buat bertobat berbalik ke jalan yang benar, tapi kalau anaknya nangis ga bisa ditenangin, terus gara-gara kepanasan dia jadi makin ngamuk nangis terus sepanjang jalan, perasaan lo gimana? Sebagai orang yang ga terlalu akrab sama bocah, gw merasa ini adalah siksaan. Iya, siksaan. Tapi ya, mau gimana lagi? Harap maklum, lah.

Mungkin segitu aja ya yang bakal gw tulis, dikarenakan emang pemikiran gw terlalu banyak jadi mesti disaring atau dipilah-pilah, jangan semua langsung ditulis, bisa gawat, bisa terkenal nanti blog gueh *palelo*

Selanjutnya, gw ga cuman bakal menuliskan hal jelek dari gerbong wanita. Gw juga bakal menuliskan sesuatu yang jelek, dan kenapa lu harus berpikir ulang berada di gerbong campuran alias gerbong gado-gado ini menurut kacamata gw sebagai seorang perempuan (eh, masih ga ya?)

1. Sentuhan ma cowok, mending cakep.
Dipastikan kalau di gerbong cowok itu lu bakal mendapat lebih banyak cowok yang berdiri daripada cewek. Ya mungkin mereka beneran gentleman ya jadi pada suka mempersilakan para wanita buat duduk. Nah, tapi ada kalanya juga seorang cewek itu bakal berdiri di gerbong campur. Ketika si cewek berdiri dan keadaan kereta makin penuh, akhirnya mau ga mau ya dempet-dempetan ma cowok juga, kan? Nah risih ga lu? Kalau sebelah lu ganteng bak Claudio Marchisio sih HOKEH BANGET, tapi kalau doi pendek dekil dan ditambah... b-a-u yaaaa "Syelamat malam dunia, kusiap tuk berpesta" Semoga selamat sampai tujuan ya, Mbak.

2. Biasanya lebih padet-det-det
Karena nyampur, jadi orang-orangnya biasanya lebih banyak yang masuk, yah biasanya. Semua tergantung juga sama lokasi keluar masuk stasiunnya juga. Tapi kalau gw bandingin sih biasanya yang nyampur ya lebih banyak.

3. Hati-hati bapak-bapak tukang nyempil
Gw emang sebelumnya bilang ibu-ibu itu tukang nyempil, tapi bukan berarti bapak-bapak ga ada yang kayak gitu. Tau ga sih, gw pernah beberapa minggu lalu nemuin kejadian super geje. Jadi gini, gw lagi duduk di gerbong campur dan memang di barisan gw duduk itu ga terlalu penuh banget alias masih ada lah rongga-rongga antara satu orang dengan sebelahnya. Nah, tiba-tiba dateng lah bapak-bapak gendut (beneran GENDUT) minta geser orang di samping gw dengan alesan "soalnya tas saya agak berat, nih". Gw bener-bener heran saat itu. Kalau berat ya taro di atas dong tempat naro tas, siapa yang suruh megang. Lagipula itu tasnya ga gede-gede banget, malah dibilang ukuran sedang juga ngga. Terus lo kan gendut, kenapa lo bilang itu berat? Badan doang yang gede? *ya ampun mulai dah ngatain orang lagi gw* Yaaa, hati-hati ya kalian.

Oke, itu dia. Lagi-lagi gw harus menghentikan tulisan gw sampai disini, karena ide gw terus mengalir jadi kalau ga dihentikan, mungkin bisa dilombakan dengan novel Eragon untuk jumlah kata.

Sekian celotehan anak KRL yang sudah ber-KRL ria (walau rutenya itu-itu aja) selama kurang lebih 7 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar