Pages

Kamis, 29 Januari 2015

MCU pertama seumur hidup

MCU, yang kalau dipanjangin (apanya tuh yang dipanjangin?) menjadi Medical Check up, adalah salah satu tahap seleksi penerimaan karyawan perusahaan yang gw ikuti.

Oke gw ga usah sebut nama perusahaannya ya, ga ngaruh.

Tapi jujur, ini adalah the first time (tendangan kali first time) gw melakukan pemeriksaan kesehatan macem ginian. Ibaratnya, kalau ga kepaksa banget, ga bakal deh gw lakukan.

Karena seperti yang lu tau, gw itu (berasa terkenal banget sih lo? emak lo aja kadang lupa nama lo siapa) anaknya santai kayak di tempat tidur (maaf saya ga pernah santai kalau di pantai, bawaannya pengen pulang mulu, panas!). Buat gw itu, ya kalau sakit ya sakit aja, paling mentok ya mati, puji Tuhan kalau sakitnya jarang-jarang. Dan hal itu didukung oleh fakta kalau penyakit gw sampe detik ini cuma berkisar, batuk sama pilek, demam, ya paling heboh ya waktu cacar (ini mah pasti dapet, cong).


Padahal Abang gw punya penyakit mag sama pernah diduga kena gejala DBD (diduga doang, pada akhirnya gw lupa penyakit dia waktu itu apaan). Gw? Sakit gigi aja jarang, padahal gosok gigi kalau inget doang (maksudnya kalo malemnya inget ya gosok, klo bablas ngantuk banget ya wes tidur wae)

Karena gw merasa orang paling sehat di jagad keluarga gw itulah (padahal dengan pola makan yang super buruk dan jarang buanget olah raga), akhirnya gw jadi agak sombong soal kesehatan, apalagi yang namanya Medical Check Up. "Yailah penting banget ya MCU?" pikir saya sendiri, yang punya blog.

Well, sebelum MCU disuruh puasa 10-12 jam yang membuat gw rada bingung karena gw ga ngerti jam nya. Kalau orang perusahaannya ngasih contoh "Misalnya makan terakhir jam 9 malem, terus kamu nyampe RS nya jam 7 pagi, itu kan baru puasa 10 jam, nah paling nunggu 1 jam jadi masuk ke jam ke 11. Pokoknya antara 10-12 jam, diatas itu tidak disarankan karena kamu bakal dikira sakit, bla bla bla"

Okelah. Sebagai orang yang pantang makan pagi (penyakit), gw ga menganggap ini adalah hal yang berat (yang berat cuma badan gw deh, sumfah). Yang lebih berat justru makan di jam 9. Yailah malem banget.

Yah, skip cerita ke hari dimana gw harus MCU di salah satu rumah sakit di daerah Jakarta. Gw nyampe, ke bagian MCU, kasih surat pengantar, isi data diri dan beberapa pertanyaan terus tiba-tiba disuruh cepetan ngisi karena dokternya nunggu. Hah? Gw udah dateng jam setenga 8 kali. Gw pikir mulainya jam 8, pikirku bingung (apasi).

"Mbak ke ruangan anu (kenapa gw sebut anu coba terus gw italic) ya, diperiksa dulu" kata si perawat/suster/orang rumah sakit* (*=coret yang tidak perlu)

Sebelumnya gw udah baca-baca blog orang soal MCU itu ngapain aja, diapain aja. Nah pas gw ketemu blog orang yang pas juga perusahaannya sama kayak gw, katanya tahap pertama itu diambil darah dulu, eh kok ini dibilang mau diperiksa dulu ya? Oh mungkin udah beda. "Ah paling berat badan sama tinggi badan ya" pikirku lagi (apasi part 2).

Ternyata...

"Mbak, saya dokter pip nanti saya periksa dari ujung rambut ke ujung kaki, dan beberapa hal yang tidak menyenangkan seperti pip dan daerah pip juga bakal saya pegang. Gimana?" kata si Dokter sambil nanya gw mau ga digituin. (Diberi kata pip seolah-olah disensor)

"Ya, oke." jawabku sambil senyum (apasi part 3)

"YA EMANG GW MESTI BILANG OGAH? GW UDAH JAUH BANGET KE SINI MASA BILANG GA MAU. APA BOLEH BIKIN LAH!" Itu perkataan gw yang sebenarnya ingin kusampaikan, yang akhirnya tak terucapkan.

Terus dimulailah hal yang tidak menyenangkan itu. Pegang sana pegang sini, raba sana raba sini, terakhirnya your asshole dicolok (HAHAHA bahasa gw, daripada gw bilang ditusbo*), katanya tes ambeyen (kata blog orang).

Selesai! Hal yang paling mengerikan dijadiin tahap awal. "Mamam lo calon suami, calon istri lu udah keburu dipegang ma yang laen"-- EMANG SIAPA CALON SUAMI GW? *tertawa*

Oke, selesai yah tahap 1. Selanjutnya disuruh ambil darah dan ambil urine a.k.a kencing lo.

Ambil darah JAUH lebih gampang daripada ngambil kencing yang mana diproduksi sama tubuh gw itu rada lama. Kata si suster/perawat/petugas rumah sakit urine itu diproduksi tiap 5 menit. Ya itu yang normal kali ya sus? Eyke kan monster berbulu kuduk jadi produksi nya nunggu BBM turun jadi 2ribu per liter dulu (jaman kapan?)

Jadi permasalahan yang terjadi saat itu adalah stok urine gw udah abisin di rumah *gw buang ke jamban woy bukan gw minum* dan nyampe di rumah sakit cuma dapet ampasnya doang soalnya ga minum juga. Karena susternya merasa kasihan, akhirnya gw disuruh minum, lari-lari, ngepel seluruh lantai rumah sakit. Oke, lu tau lah yang mana yang boong, yang mana yang salah, yang mana yang ga bener (kesannya gw boong semua ini).

Nah setelah 45 menit kemudian (yes, forty five minutes! almost one fucking hour), akhirnya mission completed. Dapet juga dah tuh air kencing sialan sebanyak yang diinginkan si suster lol. Jadi gw sarankan sebelum lu dateng ke tu rumah sakit, mending sih gausa kencing dulu. TAHAN!

Abis itu gw disuruh makan dulu deh... makan roti. Yailah. Ini juga termasuk susah karena hidup gw selama ini gw dedikasikan buat nasi dan bakwan tak lupa indomie goreng dan somay. Roti? Bule banget, ga biasa makan roti awak mah.

Tapi ya malu dong sama badan, gede gini kok ga bisa ngabisin. Akhirnya ya gw habisin aja lah ya. Mumpung gratis. Selesai deh tahap 2.

Tahap 3 yaitu periksa badan lagi tapi periksa fisik dari tes telinga, tes buta warna, tes tekanan darah, tes mata, timbang badan sama ukur tinggi badan. Gampang tinggal cring.

Abis itu disuruh ke bagian rekam jantung buat bikin album detak jantung. Atau single dulu kali yah baru abis itu bikin album. Disini lu disuruh lepas-lepasan lagi (enaknya jadi cowok kalau bagian gini) terus dipasang alat-alat jepit terus jantung lu nyanyi terus direkam. Jadi deh single nya, ku beri judul "My Heart Will Go On". Kelar kasih judul single, gw disuruh ke bagian rontgen di Radiologi.

Di bagian rontgen juga sama disuru buka buka lagi. Anjrit pengen rasanya gw buka ala Superman. Bosen broh buka pasang BH. Terus disuruh nempel ke alat rontgen nya (sebut saja Supaimin) lalu kita disuruh tarik napas terus hembuskan dan selesai. Udah. Gitu aja. Ga seru.

Nah kelar tahap itu tinggal tahap terakhir yaitu, diambil darah lagi tapi 2 jam sesudah makan.

Oke, kelar ambil darah, boleh makan deh (makan mulu)

Maksud gw, boleh pulang.

Selesai akhirnya ya Tuhan. Ga capek sih tapi ya itu karena merasa kepaksa jadi seperti bersyukur banget gw akhirnya pas tau kalau udah kelar TwT. Fucking lazy person.

Dari semua pemeriksaan, nampaknya semua baik kecuali berat badan LMAO.

Tapi yang bikin agak nyengir waktu tau kalau tensi gw normal yaitu 110/70. Eh hebat juga ya, padahal makan ga jelas kayak gini, begadang udah kayak apaan kok tensi masih normal aja. Tapi jiwanya ga normal ya? tambah ku (apasi part entah keberapa)

Oke, itu dia pengalaman pertama, dan entah kapan lagi bakal MCU, mungkin ada kelanjutannya tapi juga mungkin ini yang terakhir.

Terlepas dari cerita gw di atas, gw menyarankan elu semua buat memperhatikan kesehatan. Jaga pola makan, jaga pola hidup, jaga berat badan, jaga gawang. MCU bukan ga perlu, itu pemikiran gw aja bilang ga perlu. Kalau situ punya duit buat MCU kenapa tidak? Kalau situ kantornya punya fasilitas buat MCU kenapa tidak dimanfaatkan? Karena mencegah emang selalu lebih baik daripada mengobati.

Penyakit itu ga bisa cuma dirasain, mesti juga dibuktikan secara medis, jadi lu punya fakta yang membuat lu yakin kalau lu sehat atau sakit.

So, why don't you give it a try! Sana MCU (kalau emang bisa dilakukan)

Karena pada akhirnya menulis, menyarankan, dan memberi wejangan itu lebih gampang daripada melakukannya sendiri *tertawa* *kabur* *makan junk food, indomie, bakwan lagi*

Bye-bye...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar