Pages

Minggu, 08 Maret 2015

[Solved] Hardisk cenat cenut terus ga kedetek.

Jadi ceritanya sekitar jam setenga 3 pagi (yap, PAGI) hari ini, kurang dari 2 jam yang lalu, gw pengen nonton performance Arashi yang gw donlod sekitar 3-4 hari yang lalu. Donlodannya gw simpen di HDD Ext soalnya filenya gede dan ya semua file Arashi gw disitu.

Masalahnya adalah ... pas gw colokin tuh HDD, eh dia malah nyanyi ctak ctek ctak ctek. Mending nyanyi tapi kedetek, eh ini kedetek juga kagak. Berhubung ini HDD Ext umurnya belom ada setengah tahun, pemikiran gw udah langsung kemana mana.

"Anjrit, jelek banget ni HDD, T*shiba sih, harusnya beli Se*Gate aja"
"Yang kemaren juga pernah ga kedetek si B*fallo, dituker sih sama yang baru tapi data ilang, anjrit ini isinya banyak anime nya, pake acara blu ray, belom lagi file Arashi, kemaren2 ilang masa yang ini ilang lagi"
"Masih garansi sih, tapi tokonya jauh bener di MangDu, aaaarrrghhh"

Yah saya memang begitu.

Jurus browsing di google pun dilancarkan. Dengan keyword: "Hardisk eksternal bunyi dan ga terdetek" gw pun menemukan beberapa artikel dan forum tentang permasalahan serupa dan mirip.

Beberapa cara yang gw baca antara lain:
1. Cek dulu di kompie lain atau laptop
- Ga gw lakukan karena cuma ada 1 komputer di rumah gw. Ada netbook sih tapi ya udah mo mati juga
2. Buka HDD nya terus bla bla bla (kalo ga salah ampe disuruh masukin freezer)
- Ga gw lakukan, karena ini masih garansi coy, takutnya makin ancur klo gw bongkar bangkir
3. Ganti kabelnya sama HDD Ext yg lain
- Ga gw ganti karena pas gw nyoba HDD gw yang 1 lagi dia juga ga kedetek di kompie gw, terus gw makin murka makin bingung.

Tambahan info HDD gw lampunya masih nyala dan pas gw pegang dia masih bergetar (yang artinya nyawanya masih ada, belom matot). Terus di salah satu blog bilang coba ke diskmgmt.msc terus liat di sana, biasanya klo ga kedetek di eksplorer dia bakal kedetek di sana... Ah ga kedetek juga. Terus gw makin berpikir negatif.

Ah yang penting nyelametin data dulu deh, bisa kan? Bisa kan? Donlod deh recovery file software terus... nihil. Ya ga kedetek gimana mo direcovery, nyongggg.

Hampir putus asa. 

Ada lagi yang bilang, itu karena kurang daya, jadi ganti aja kabel power supply nya. Ha? Kabel power supply? Ogut ga punya T.T

Doushiyoooooouuu*???? 1 jam begini doang, Ini udah jam setenga 4 pagi kenapa gw malah ngurusin ginian.

Dengan agak putus asa, dan berharap kalau ampe jam 4 ga nemu, gw tidur aja, pasrah, pikirin ntar sore aja.

Kalau dari analisis gw sih, gw yakinnya dia kurang daya, kurang asupan listrik, jadi kurang jrenggg gitu, jadi agak lelet cenderung ga kerja malah.

Di tengah keputusasaan, disitu Tuhan hadir (kenapa jadi bawa Tuhan gw). Gw membaca lagi salah satu post di blog orang dengan permasalahn serupa. Dan pas gw baca, gw langsung kayak

"EIYAAAA YA TUHAN KENAPA GA KEPIKIRAN SIH, CONGGGG!!!"

Dia bilang di postnya..

"Nyolok dimana HDD Ext nya?"
"Di (slot USB) depan"
"Coba deh yang di belakang"

JDAAAAAAAAAAAAAARRRRRRRR...

Kenapa gw lupa, kalau yang dibelakang itu juga ada buat nyolok. Dan emang biasanya lebih ampuh disitu sih, soalnya dulu gw pernah nyolok sesuatu (lupa apaan) dan itu cuma kedetek di belakang bukan di bagian depan.

Dan ga pake lama, gw pun langsung nyoba dan...

Berhasil.

YAs.

gw bisa tidur dengan nyenyak, walaupun kurang dari 3 jam kemudian gw mesti bangun lagi.

Terima kasih kepada Tuhan, kepada blog yang isi postnya juga menyelamatkan, berhubung pc direstart dan historynya keapus dan ini udah pagi, jadi bakal gw update nanti lah.

Selamat pagi semua.

Bhay!

*Doushiyou itu bhs jepang yang artinya : What should I do?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar