Pages

Kamis, 14 Agustus 2014

Komik sini sama komik sono

Gw suka banget beli komik. Bisa dibilang sia-sia sama orang yang ga suka atau ga pernah baca komik, termasuk bapak gw. Tapi yah namanya juga doyan, gw selalu menabung sedari gw SMP biar gue bisa beli komik.

Yang agak disesalkan gw ga memelihara komik-komik gw dari jaman baheula. Komik Doraemon, Kariage kun, Kobo-chan itu gw punya lumayan banyak dan entah kemana mereka sekarang. Secara masih bocah dan bukan duit sendiri, jadi gw ga menghargai komik-komik itu... Maaf ya.

Nah pas jaman dulu, komik disini tuh kemasannya sama kayak komik Jepang, bersampul. Inget banget ya ampe dijegrek (disteples) biar ga lari tu sampul. Tapi seiring perkembangan jaman, dan gw yakin alasannya adalah untuk menekan serendah-rendahnya harga komik, maka sistem sampul (macam buku anak SD) itu ga dipake lagi.

Ngomong-ngomong soal harga, harga komik juga mengalami peningkatan yang luar biasa juga ahaha. Dulu sih kalo ga salah sekitar 20 tahun lalu, harga komik masih di bawah 5000 rupiah. Yang gw inget sih pas gw beli Card Captor Sakura tuh harganya (kalo ga salah) 6500 atau 7500... Itu sekitar 15 tahun yang lalu. Dan sekarang, hingga tulisan ini dibuat, harga komik (yang standard) itu harganya 18.500 rupiah aja (di Gramedia, klo di kios2 pinggir jalan tertentu soalnya suka ngasih diskon).

Gegara harga terus melambung, sementara kebutuhan hidup juga naik terus, sementara pemasukan tidak sebanding (kata mereka) makanya beberapa temen gw yang (awalnya) suka baca komik (dan beli komik) memutuskan buat pensiun dari... BELI KOMIK. Iyak, bukan pensiun baca komik ya. Mereka lebih milih buat baca online di internet yang emang ga ngeluarin biaya apa-apa, lebih banyak pilihan, dan terbitnya lebih cepet.


Mereka bilang, mahal ya komik-komik sini.

"Buset dah 18.500, gw terakhir beli itu 9.500 abis itu gw ga mau lagi" kata temen gw yang satu.

Coba kita bandingin sama komik sono ya.

Kan gw bilang tadi, gw suka banget beli komik, makanya gw juga suka menginvestasikan duit gw buat beli komik bukan terbitan sini aka terbitan luar negeri. Komik yang gw maksud tentu aja Manga (baca: Mang-Ga ya bukan Ma-Nga) alias komik Jepang.

Komik terbitan luar pertama yang gw beli. Tentu saja dalam Bahasa Inggris.
Code Geass adalah anime favorit gw sepanjang masa. Komik ini gw beli karena gw yakin ini GA BAKAL diterbitin di Indonesia :))) Walaupun fans Code Geass buanyak (termasuk eike), tapi cerita ini cuma semacam cerita lepas/doujinshi aja dari Code Geass, bukan official. Jadi gw putuskan untuk beli pas gw liat ada di Kinokuniya Jakarta *sujud syukur ada yang ngejual di sini* 

Oiya ni komik seri nya ada 5. Tapi mungkin berhubung eyke super telatttt jadi sisa yang ada waktu itu cuma nemu nomer 2,4,5. Sampe detik ini sih eyke masih nyariin yang nomer 1 sama 3. Bisa dibantu sih sama Kinokuniya nya kalo gasalah (berarti bener). Coba email aja kalo yang minat yah.

Fyi, yang Knight ini emang dikhususkan buat pembaca cewek. Karena ada juga versi buat cowok yaitu Queen version. Kalau di Knight version isinya cerita para cowok-cowok kece, begitu juga sebaliknya, di Queen version, isinya cerita para cewek-cewek.

Harganya 10.99 USD, berdasarkan info di cover belakang. Kalo pas gw beli di Kino sih harganya 125ribu rupiah.

Oke, sementara buat terbitan Jepang gw pernah beli manga ini:
Peace Maker Kurogane no. 6
Peace Maker Kurogane - Nanae Chrono
Nah klo ini sebetulnya diterbitin di Indonesia sama m&c comics ya. Mulai dari Shinsengumi Imon Peace Maker sampe ke Peace Maker Kurogane nya. Ini termasuk komik favorit gw. Gw selalu menantikan ni komik, Kalo terbit rasanya girang bisa lompat lompat saya punya kaki *ngga ah boong*.

TAPI entah kenapa, komik ini ga lanjut lagi. Fyi, emang si Nanae Chrono di volume ke 5 Peace Maker Kurogane bilang kalau doi mau hiatus dulu dan ga tau kapan lanjutnya. Okelah, pengarang hiatus yah kita ga bisa ngapa-ngapain, tapi giliran ini terbit, kok ga dilanjut.

 Dan sekedar info aja sih, dulu gw pernah nanyain status ni komik ke facebook resminya m&c comics, tapi malah dijawab "Kayaknya ini bukan terbitan m&c" PRET BANGET dah min, dikira gw pas posting lagi ngeganja kali ya. Gw juga sempet nanya-nanya lain 2 kali di twitter di waktu yang berbeda tapi ga dijawab. Dan berhubung gw super penasaran sama ceritanya (gw cuma pengen tau Okita Souji mati ngga (cie kena spoiler cie)) akhirnya gw beli deh ni manga nya di Kino. Ngerti bacanya ? Ngga lah. Eyke jadinya cuma liat gambar doang. Mau baca di internet juga ga nemu soalnya (ga nemu versi lengkapnya, kalo summary nya doang mah ada).

DAN TERNYATA SAUDARA-SAUDARA UDAH TERBIT YA NOMER 7 NYA. SIALAN, BARU TAU EYKE. AAAARRRGHHH!! M&C TOLONG DILANJUTKAN DONG T____T

[update] AKHIRNYA BELI JUGA DEH YANG NOMER 7  WALAU GA NGERTI NGOMONG APA
[update lagi] UDAH BELI JUGA YANG NOMER 7 TAPI TETEP GA NGERTI LAH INI NGOMONG APAAN
(ada tulisan rahasia)

Harga aslinya itu 571 yen, atau kalo dirupiahkan kurang lebih sekitar 60ribu (ambil gampang aja dikali 100). Gw lupa pas gw beli berapa harganya pas di Kino, yang pasti lebih mahal sih soalnya kan yaahh ongkir bla bla. Oiya, seperti yang gw bilang komik Jepang itu pake sampul, jadi kesannya mahal dan berkelas. Rasanya bener bener beda deh megang komik Jepang sama komik sini *ga ngehina, cuma maksud jujur*

sampulnya

Dan ini dia komik sini alias komik terbitan penerbit lokal

Elex - Level Comics
Silver Spoon (Gin no Saji) - Hiromu Arakawa (kiri)
&
Ouroboros - Yuya Kanzaki (kanan)

Harganya yang sebelah kiri (per 14 Agustus 2014) adalah 18.500 rupiah
dan
Harganya yang sebelah kanan (per 14 Agustus 2014) adalah 20.000 rupiah


Bandingin yah.
Komik US = 11 USD = (lebih dari) 110 ribu rupiah
Komik Jepang = (lebih dari) 60 ribu rupiah
Komik Indonesia = 20 ribu rupiah

Masih mikir komik sini MAHAL? Itu harganya udah sepertiga lho dari komik Jepang.

Tentunya dengan harga lebih tinggi, kualitas juga lebih tinggi. Contohnya ya kertas yang dipake. Coba liat beda ketebalan komik-komik ini:


Code Geass Knight/Peace Maker Kurogane bisa kayak 2x lipat Ouroboros tebalnya. Ayeyyyy... Kalo soal halaman ya sama lah ya, mana mungkin dibuang 1 halaman, ceritanya bisa rusak ntar. Emang paling berasa di kertasnya. Kertas komik luar itu tebel, enak megangnya. Ampe bisa gw bilang, saking keseringan gw baca komik sini dan ga pernah megang komik dengan kertas tebel, gw pas baca selalu ngerasa "Eh kelewat 1 halaman ya *sambil berusaha ngebagi dua si kertas tebel, padahal emang tebelnya segitu*.

Eh iya, komik paling bawah belom gw pamerin ya.
Asal muasal Levi join Survey Corps / Scouting Legion
Attack on Titan: No Regrets (Shingeki no Kyojin Rivai Gaiden)
Alesan gw beli ini karena: Gambarnya buagus cyinnn... Levi 10x lipat lebih ganteng daripada di anime manga yang digambar Ishiyama-sensei XD dan karakter utamanya Levi sama Erwin (ERURI HIDUP ERURI). Entah bakal terbit disini ato ngga (kayaknya sih bakal, tapi ga tau kapan) tapi gw sendiri ga menyesal (no regrets) beli ini. Kertasnya tebeeeelllllll (seneng bener ma yang tebel)

Harganya 157 ribu waktu gw beli di Kino. Halmahera ya cyinnnn... Embyerrrrr. Demi EruRi deh.

Gw suka beli komik, tapi gw juga keki pas harganya komiknya naik terus *am not that rich*. Harga komik naik, komik yang pengen dibeli nambah, tapi gaji ga nambah = tekor. Tapi bukan berarti ini jadi alesan buat ga beli komik lagi. Namanya udah cinta, ya gw wujudkan dengan membeli komik *duile*

Jujur gw sih masih baca komik online, meski pun ga sering, terutama buat yang judul2nya ga mungkin (if you know what i mean) diterbitin disini, atau gw dah kebelet pengen tau ceritanya macem Shingeki no Kyojin. Toh akhirnya gw beli komiknya juga kok, jadi setidaknya gw ga ngerasa bersalah :))))

Bersalah? Maksud lo?

Jadi gini ceritanya. Alkisah ada seseorang yang ingin menggapai cita-cita menjadi seorang komikus. Ketika dia sudah bekerja keras ngegambar, mikir cerita, begadang seminggu (atau lebih), bolak balik ke penerbit komik, sampailah dia pada tahap: komiknya terbit. Dan ketika komiknya terbit, ternyata pembaca senang sama ceritanya dan beli komiknya. Kebayang deh tu komikus girangnya kayak apaan. Kebayang deh tu komikus akhirnya bisa melanjutkan hidupnya. Ya toh? Coba kalo orang-orang malah mikir "Bagus ya, ya udah tunggu aja ada yang post di internet". Yang beli 1, yang nikmatin 1000. 1000 orang seneng, tapi dia cuma dapet 10 dollar (anggep lah segitu) Sia-sia ga? Mending jadi pengemis aje deh. Biar sekalian ga dihargain.

Ehm.

Bukan maksa beli komik sih inti dari tulisan ini. Gw juga bukan bagian marketing dari salah satu penerbit komik. Gw cuma mau ngejelasin aja kalau disini tuh harga komik termasuk murah dan terbitnya cepet (YES, gw ampe mau komplain, soalnya masa sebulan gw bisa beli 10 komik zzzzz) Jadi bersyukurlah kalian jadi warga Indonesia (lho kok jadi gini)

Apapun itu silahkan dipikirkan sendiri lah baiknya gimana. Karena saya bukan Mario Begah yang bisa ngasih kata-kata bijak yang membuat hati bergetar. Saya hanya pecinta komik biasa aja kok.

[update]

http://www.elexmedia.co.id/forum/index.php?topic=23577.0
click for better view
Entahlah, padahal gw dah tau ada thread ini daridulu tapi gw ga baca bagian ini. Dan ternyata ini adalah salah satu alesan susahnya nerbitin komik bagus disini dan lambatnya volume terbarunya keluar XD *pantes ya Peace Maker Kurogane... kamu kurang asupan fans disini mungkin*

Mungkin kalau kita mau bayar komik yang harganya 60rb-100rb buat 1 komik, bakal lancar kayak aer, terbit terus komik-komik baru... Tapi secara mental orang sini ya, mau yang bagus, cepet tapi murah, makanya si penerbit komik sini lebih milih option yang ga naikin harga.

Asli paling bikin menohok pas kalimat: "karena Indonesia kurang diprioritaskan oleh penerbit Jepang, sebab harga komik di Indonesia hanya 1/3 harga komik di Jepang."

HAHAHA, iyalah hukum ekonomi emang sangat dipegang oleh masyarakat sini. Mendapatkan yang bagus dengan pengeluaran sekecil-kecilnya. Maunya barang bagus, harga murah. 

Tapi meskipun begitu buat 2 tahun terakhir ini cukup banyak judul-judul baru yang juga terkenal di Jepang sana semacam Snk sama Kurobas yang akhirnya terbit disini. Good job lah buat para fans dan penerbit lokal sini buat usaha-usaha mereka yang akhirnya menggerakkan hati pihak Jepang sana buat bilang "OK" dan akhirnya terbit disini :))

Coba dipikirkan lah semuanya ini ya.

Yes,

Life is full of tough choices, isn't it? (-Ursula)

Forever waiting for Gintama buat diterbitin di sini. SHINSUKE-SAMA kyahahahahaha~~
Kemudian Haikyuu!!, Tokyo Ghoul, Oofuri, Daiya dan tentu saja kelanjutan Peace Maker Kurogane, Toradora, A Direction of the Day After Tomorrow.

*Update Maret 2017
Haikyuu!!, Tokyo Ghoul, Daiya udah diterbitin penerbit Indo.
Peace Maker diputus sama m&c, sisanya belum ada kabar (atau gue belom tau).


*end*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar