Pages

Kamis, 14 Agustus 2014

Hello Japan [Day 4]

Rute: Ueno - Ebisu - Shibuya - Harajuku

Sedari gw dateng ke Jepang, dari sejak gw ngambil koper gw pas turun dari pesawat, gw sudah menemukan kalau koper gw robek... dan makin menjadi-jadi dari bandara sampe ke hotel. Akhirnya gw putuskan buat beli koper lagi (HORE BANGET, berasa banyak duit). Karena pas kemaren ke Ueno gw pernah liat 1 toko isinya koper sama tas semua, jadilah gw ngajakin temen gw buat ke sana lagi.

Kali ini rutenya Ueno-Ebisu-Shibuya-Harajuku. Semuanya ini 1 jalur yaitu JR Line. Jadi gw putuskan hari ini kita beli tiket terusan JR Line 1 Day Pass (Tokunai) 750 yen. Bisa dibeli di loket stasiun JR dan di mesin juga.

Berhubung sebelumnya ke Ueno pake Tokyo Metro, jadi pas sekarang pake JR Line, lokasi stasiunnya beda. Alhasil kita mesti nyebrang Ueno park dulu sebelum ke tujuan. Dan sebelum ke tujuan yaitu si toko koper, ternyata ada daerah yang menarik perhatian gw yaitu... Ameyoko Shopping Street. Ga beda jauh sih sama Nakamise Shopping Street yang ada di Asakusa. Jadi ada jalan lurus yang kanan kirinya toko. Bedanya disini gw cukup sering melihat orang-orang kulit hitam yang jualan XD Dan mereka pake bahasa Jepang campur Inggris lmao.

Apa yang gw beli disini? Ga ada sih sebetulnya... Gw malah menghabiskan 1000 yen gw buat maenan UFO catcher yang ada di game2 center macem Atari. Hasilnya: Nihil, gw ga dapet apa2... Kampret. Setelah itu makanya gw lebih niat ngabisin duit gw buat Gacha yang lebih pasti (ya pasti dapet).
Alpaca!!!! MAU!!!

Gachaaaaaaaa. Masukin koin 100 yen 2x, puter, dapet deh maenan.

Dapet Arakita, waktu itu seneng banget, abis nonton episode Inter High hari ke 2, "Duh, tau gitu maunya dapet Shinkai"

Oiya gw juga sempet masuk ke tempat2 pachinko. Gw sih ga ngerti ya mereka ini kok rame banget di tempat kayak gini. Apa ga ada kerjaan. Dari mas-mas, bapak2 ampe mbak2 juga ada. Gaya mereka juga sama, sambil ngerokok atau depan mereka ada minuman.
Pachinko nya anime banget

Okeh, gara2 perut laper, kita juga sempet nyicipin Takoyaki disini. Sebetulnya sih rasanya biasa aja, kayak Takoyaki-takoyaki pada jamannya *hadeh*. Kenyang? Lumayan. Terus lanjut deh kita ke tujuan awal... Beli KOPER!
Takoyaki 8 biji, 800 yen. Ameyoko Shopping Street

Lokasinya tepat disebelah mie yang mengambang *lol*

Di kirinya itu lho
Kelar beli koper, tujuan selanjutnya ya Ebisu sebelum ke Shibuya buat beli Tiket Disneyland/Disneysea. TAPI sebelum itu marilah kita menyembunyikan koper ini dahulu. Yah ga penting banget kan bawa2 koper kosong ke sepanjang perjalanan XD

Keliling demi keliling di Ueno Station udah ga ada yang kosong buat Coin Lokernya. Yang ada pake IC Card. Entahlah kami lebih percaya Koin Loker drpd IC Card Locker... jadilah kami pergi 1 stasiun lagi buat nyari koin loker, tepatnya di Okachimachi. Nah ketemu nih ceritanya koin loker 500 yen (makin mahal makin gede kapasitasnya), tapi... kok ga masuk -,- cih tau gitu beli koper yang kecilan *mulai deh merepet* Pas udah nyerah dan mau nyari stasiun lainnya, temen gw tiba2 lari terus manggil gw "Eh sini deh, kayaknya yang ini lebih gede" nah lho... padahal sama2 500 yen, pas dibuka, dimasukin, terus... cklik... Eh bisa!! Masih menjadi misteri sih kenapa yang ini bisa masuk padahal sama-sama 500 yen.

Kelar urusan koper, kita ke EBISU! Ini termasuk jalurnya JR Line kok, 1 stasiun sebelum Shibuya.

Tempat ini khusus permintaan gw. Gw kepengen ke sini. Bisa dibilang, gw HARUS ke sini. Oke ini dia alasan kenapa gw mesti ke sini...
Gw mau liat tempat pas Domyouji Tsukasa nungguin Makino Tsukushi hujan-hujanan di Hana Yori Dango. I wanna take a photo there and mission accomplished... Itu aja pintaku (ahey)

THAT'S ALL. Temen gw pun akhirnya mau karena dia bilang "Ada museum bir juga disini, jadi ntar ke situ juga aja" Terserah deh :p

Dari Stasiun Ebisu kita sebetulnya tinggal lurus aja sih biar sampe ke Ebisu Garden nya. Jalan kaki 5-10 menit lah.

Niat mau foto sambil duduk di situ eh malah renovasi... KESEL!!!!!!!
Ebisu Garden, Marionette Clock

Demi adegan ini, demi adegan maha dahsyat ini. Alesan nya bener-bener HANYA karena adegan ini aja makanya gw pengen ke sini.

Domyouji di PHP - in Makino berjam jam. Untung sang pujaan hati muncul juga akhirnya.

Nah dari Marionette Clock ada turunan tangga ke bawah, disinilah lokasi Muse
Ini nih Museum Bir nya. Gratis masuknya!
Di Museum Bir Yebisu ini juga menyediakan tour buat mereka yang pengen mengenal sejarahnya. Di akhir tour nanti mereka bakal makan sama2 sambil minum bir Ebisu itu :))

Kami sih cukup liat-liat aja sambil beli beberapa oleh2 disitu.

Kelar dari Ebisu lanjut lagi ke Shibuya.

Apa yang paling terkenal disini?
Ada 2 sih menurut orang2:

1. Patung Hachiko
2. Perempatan Shibuya

Hachiko, cerita Hachi si anjing setia menunggu kepulangan tuannya sampai akhir hidupnya, untuk mengenang kesetiaannya akhirnya dibuat ni patung. Patung ini akhirnya juga jadi spot ketemuan buat orang-orang Jepang bahkan turis.

Perempatan Shibuya. Coba deh ngelirik dari lantai lebih tinggi, tunggu sampe lampu ijo, bagaikan ratusan kecoak2 keluar dari sarangnya. Rame banget.

Oke, kurang lebih sih Shibuya daerah belanja juga. Tempat gaulnya Tokyo. Disini ada Loft, Tokyu Hands, Shibuya 109 dll. Belanja lah sampe limit kartu kredit anda habis.

Gw waktu itu cuma sempet ke Loft. Disini banyak banget perintilan yang kece-kece nan menggoda iman. Tapi ya untung saja hati ini sabar seluas samudera. Tahan godaan biar masih bisa makan sampe akhir perjalanan. Saking banyaknya barang di Loft ampe dibilang "apa yang lu mau, ada deh disini. Begitu juga dengan Tokyu Hands (tapi eyke ga kesini, lain kali kayaknya gw harus ke sini buat beli Horse mask)

Tujuan kita yang pertama adalah Disney Store. Dimana kita bisa beli tiket Disneysea dan/atau Disneyland.

Berhubung Shibuya rada gede dan rame, akhirnya kita nanya orang. Kita nanya 2 orang cewek ABG yang lagi makan es krim. Pas ditanya temennya langsung nyuruh temennya yang jawab. Kayaknya temennya lebih paham bahasa Inggris. Dia jelasin tuh arah2nya, tp temennya yang satu kayak kasian atau gimana dia malah bilang "Anterin aja sih (dalam bahasa Jepang)" *kayaknya sih dia bilang ini soalnya temennya lgs bereaksi* ..."oh, okay, hmmm follow me" kata temennya. Sip dah makasih ya.
Liat gedung yang bentuknya lucu nan imut itu, oke kita sampai di Disney Store

Sampe disana, isi Disney Store pas weekend ternyata MAHA DAHSYAT RAMENYA. ga ngerti banget... Ini tokonya ga gede2 banget, malah bisa dibilang sempit. Tapi orangnya super banyak. Pasarrrrr!!!!

Ticket TypeAdult
Ages 18 & over
Junior
Ages 12-17
Child
Ages 4-11
1-Day Passport¥6,400¥5,500¥4,200
Senior Passport
(Ages 60 & over)
¥5,700
2-Day Passport¥11,000¥9,800¥7,600
3-Day Magic Passport¥14,200¥12,700¥9,800
4-Day Magic Passport¥16,500¥14,800¥11,500
Starlight Passport1¥5,000¥4,400¥3,500
After 6 Passport2¥3,400
Group Passport¥5,800¥4,900¥3,900

Itu harga tiket-tiketnya. Sehubungan kita ini penggemar Theme Park, kita beli yg 2 day pass.  1 hari ke Disneyland, 1 hari ke Disneysea. Ihiy, dah kebayang serunya dari beli tiket *duar*

Kelar beli tiket (mba2 yang jual tiket jago bgt bahasa Inggrisnya, jadi gausa khawatir soal beli2an) akhirnya kita makan dulu... Kemana kita makan? Akhirnya kita ngeliat 1 restoran kare dan makan disitu. Namanya CURRY HOUSE CoCo. Tempatnya itu ada di deket Loft Shibuya.

Ada kejadian geje di sini. Jadi abis kelar makan abis itu kan bayar ya. Nah temen gw berhubung duitnya pas, doi kasih ke gw, jadi gw yang bayarin. Nah gw awalnya ngira gw kasih 1000 yen ditambah duit pas temen gw. Makanan gw itu sekitar 800an yen, jadi dia balikin lah sekitar 100 sekian yen gitu.

Oke, gw anggep dah kelar dong. Jadi lah gw pergi, tiba-tiba dia ngomong sesuatu si kasirnya (yang juga adalah pelayan dan tukang masak) "hajkdhkajfhdskf" <-- maksudnya gw ga jelas dia bilang apa. "Eh?" gw bingung, gw noleh ke temen gw, temen gw bilang "bilang arigatou gozaimasu kali"... "Oh..." trus gw balik lagi dong keluar. Tiba-tiba dia bilang lagi sesuatu, gw lupa ngomong apa, tapi gw nangkep dia mau bilang, ini kembaliannya...

Ternyata gw sama dia (si kasir) itu pikirannya sama. Sama-sama ngira itu 1000 yen. Tapi puji Tuhan dia sadar duluan kalo yang gw kasih itu ternyata 10.000 yen. Ya Tuhan!

"Eh ya ampun ternyata itu 10 ribu ahaha... eh" --sumpah gw norak banget, berisik gitu, ga sadar lagi di restoran, orang pada makan.

Akhirnya dia kasih gw kembalian, gw akhirnya bisa pergi dari restoran itu dengan damai dan temen gw ngakak sengakak-ngakak nya.

Gw: "Ih dasar lu, lu bilang arigatou gozaimasu, gw dah senyum-senyum aja terus mo pergi"
Temen: "HAHAHAHAHAHA mana gw tau, abis ga jelas juga, hahahahahahahahahaha" 

Ngakak mulu dah tu orang. Gw rasa ampe sekarang klo gw ungkit lagi bisa ngakak lagi.

The famous Hermes, uh wait? what the hell is that?

Kelar dari Shibuya kita ke Harajuku. [ga ada photo di daerah ini... so sad. I need to go back here!]

Jadi kita ngapain di Harajuku sana? Secara nyampe sana tuh dah gelap ya. Kalau kata orang kan mereka nyariin cosplay2 ya, tapi siapa sih yang mau cosplay di atas jam 7 an M-A-L-E-M, ngahahaha. Akhirnya ya jalan2 aja sambil nyari Daiso. Kenapa nyari ginian di Harajuku? Karena katanya sih ini Daiso terbesar di Tokyo. Ada 5 lantai (?) Dari stasiun Harajuku kita muter-muter dulu ke sana ke sini. Dari nemu toko sepak bola (terus gw beli beberapa merchandise Juventus buat abang gw), masuk ke toko Nike, ngeliat toko popcorn yang ngantri kayak uler naga (dan itu ternyata adalah Popcorn Garett yang tersohor itu), dan akhirnya ga nemu juga Daiso nya. Maka dikeluarkanlah jurus "Sumimasen" alias nanya orang.

Ternyata sih dari stasiun Harajuku yang gw keluar tadi tinggal nyebrang aja trus lurussssssssssssssss. Liat di kiri ada Daiso tuh *sfx: doeeenggggg*. Okelah nemu Daiso langsung masuk dan bergegas karena... 1 jam lagi tokonya tutup hahahahahaha. Yup Daisonya tutup jam 9 sementara gw masuk jam 8.

Daiso ini hampir semua harga barangnya 100 yen (plus pajak jd 108 yen, pajak 8%). Jadi bisa dibilang ini salah satu tempat buat nyari oleh-oleh buat keluarga atau teman-teman laknat yang taunya minta oleh-oleh doang.

Disini eyke ga banyak beli barang *palelu* cuma snack pesenan temen yang adalah Chocobi alias makanannya Shin-chan, sumpit, dan... benda-benda ga perlu lainnya. Abis itu kaki ane dah give up, ga kuaaatttt. Akhirnya ane langsung bayar aja tuh ga liat-liat lagi. Beruntung sih dah dapet Chocobi karena selain disini gw ga nemu lagi ampe gw pulang :s


Iklan Yowakutemo Katemasu nya Ninomiya Kazunari di kereta pas pulang.
Pas pulang ada kejadian lucu buat gw: --buat gw-- sekali lagi buat gu...

Gw bawa tas Arashi - Beautiful World, jadi pas di kereta itu temen gw kan duduk dan gw di depannya berdiri. Pas berhenti di 1 stasiun, ada nenek-nenek masuk berdua. Nah temen gw yang walaupun capek mampus, akhirnya berdiri buat ngasi si Oma itu. Nah nenek itu mungkin terkesima sama turis yang ngasih tempat duduk ini... "Arigatou" sambil senyum. Di bagian sini aja hati dah adem sebetulnya ya. Ngasi tempat duduk terus dia makasih rasanya tuh ademmmm bener, terlebih lagi ini lagi di negeri orang.

Ga berenti sampe itu, doi liatin tas gw (tas Arashi) yang gw taro di bawah, trus dia nanya "Arashi?" sambil liat gw... "Hai!" jawab gw singkat.

"Arashi no fansu?" kata nenek lagi -- 'Fansu' itu pengucapan kata 'fans' kalau di Jepang. Japrish.
"Hai, hai" gw sambil ngangguk2
"Dare?" sambung si nenek
"Eh?" "Siapa yang lu suka" kata temen gw nyambung lagi
"MatsuJun..." gw bilang dengan pasti
"Oh... Kakkoi yo ne?" kata si nenek. Kakkoi = ganteng. Jadi si nenek bilang "Ganteng ya ne?!" (iya cyin)
"HAI HAI HAI!" -- Nihongo level: HAI HAI HAI only.

Ga lama si Nenek nyampe di tujuannya dan senyum lagi ke kita berdua. Ademmm benerrrr. Padahal kaki dah bentar lagi patah.

Kali aja ada yang ga tau, si Arashi (Storm alias Badai) ini emang terkenal banget di Jepang (atau hanya di jepang? au ah), karena hampir setiap hari muka mereka (atau salah satu member) nongol di tipi. Jumlah fansclub member mereka (per Agustus 2014) sekitar 1,6 juta (buat Jepang aja). Ga heran fans mereka tuh buanyak banget dan beragam, dari anak bocah ampe nenek2 seperti yang temuin tadi. Yah kayaknya sih si nenek juga ngefans. Soalnya nanyanya sumringah sambil cengar cengir.

Penampakan tas yang gw bawa (pic not mine, taken from google)
Kita pun sampe ke stasiun tempat kita nitipin koper (Okachimachi), ambil koper, masukin belanjaan ke koper, balik hotel, tepar cepet-cepet, soalnya besok kita bakal ke DISNEY SEA! HELL YEAH BABY!

Pengeluaran hari ke 4:
- Tokunai 1 day pass: 750 yen / orang
- Takoyaki: 800 yen berdua
- Curry Ayam: 800an yen / orang
- Loker: 500 yen
- Tiket Disneyland-Disneysea (2 day pass): 11.000 yen / orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar