Pages

Senin, 24 Juni 2013

Tips menabung ala saya

Halo, mungkin kali ini gw akan sedikit membuat perubahan di post-post gw sebelumnya. Kali ini gw bakal sharing tips menabung ala saya sendiri.

Tips ini didasarkan pada pengalaman pribadi dan juga ditambahi oleh bumbu-bumbu tidak jelas ala saya sendiri. Tips ini lebih ditujukan pada manusia-manusia yang belum berpasangan. Ingat belum berpasangan atau belom kimpoi (menikah).

Yuk maree~


1. Tentukan tujuan Anda memelihara duit lama-lama
Intinya semua yang ingin menabung pasti dan harusnya punya tujuan yang akan dicapai setelah tabungannya mencapai nominal yang diinginkan. Misalnya, gw pengen punya gadget mutakhir, Android Jelly Bean dengan Quad Core serta RAM 2 GB, jadi lah gw mesti menanam padi duit sedikit demi sedikit pada celengan ayam atau babi kepunyaan gw. Ga mungkin kan tu Android tiba-tiba ngambang di got depan rumah. Kalo misalnya ga punya tujuan? itu ga mungkin. "Ya gatau, buat jaga-jaga aja kalo-kalo ada kebutuhan"... Nah itu dia tujuan lo. Biar lo ga kelabakan kalo misal emak lo nyuru besok kawin ma anak tetangga yang genap 17 tahun. Semua pasti ada tujuan, ya kan? Dengan menentukan tujuan, ente juga bakal tau berapa nominal yang harus dicapai. 1juta, 10 juta, 100 juta? It's up to you! Lanjuttt.

2. Pahami penghasilan Anda setiap bulan dan pengeluaran Anda
Ini penting, ibaratnya sih kalo situ penghasilan cuma 2 juta sebulan dan bermimpi buat nabung ampe 100 juta dan ternyata lifestyle alias gaya hidup Anda sok-sok hedon, bisa dipastikan Anda keburu mati duluan sebelum tabungan Anda genap 100juta. Jadi maksud gw, kalau pengen nabung sampe nilai yang gede sementara penghasilan pas-pasan, lebih baik pilih 1 dari 2 hal berikut. Pertama, perketat seluruh pengeluaran. Kalau bisa makan di rumah, kalau bisa naek sepeda, kalau bisa apapun yang menghemat pengeluaran Anda, bahkan puasa 3 kali seminggu, LAKUKANLAH. Hal ini makin mendekatkan diri Anda kepada nominal uang yang dituju. Kedua, kubur dalam-dalam impian Anda. Intinya, kalau mau nabung ya pengeluaran ga penting macem beli makanan anjing padahal melihara kucing itu harus dijaga. Belilah sesuai kebutuhan. INGAT, sesuai kebutuhan bukan KEINGINAN.

3. Pisahkan tabungan
Nah dah ngerti kan pengeluaran tiap bulan berapa. Nah pisahin deh tu duit buat pengeluaran tiap bulan dan sisanya. Pisahin dalam tabungan yang berbeda. Kalau perlu untuk tabungan situ ga perlu punya kartu ATM. Atau minimal kasih emak lo kartu ATM nya biar diabisin ma emak lo aja lo ga ambil seenak jidat ampe abis tabungan lo. Ingat cermati bank untuk menabung, cari yang biaya bulanannya kecil atau malah tidak ada. Kalo macem si BC* mah bunga sama potongan tiap bulan ga sebanding. Ga mau ditabung di Bank? Yaudah taro di celengan ayam ato babi lo juga gpp. Asal tahan diri ye.

4. Cari kerjaan dengan gaji lebih tinggi
Berdasarkan nomer 2, kalau situ pengen nabung lebih banyak sehingga waktu yang diperlukan lebih sedikit, jalan satu2nya adalah mencari pekerjaan dengan gaji lebih tinggi. Atau bisa juga cari penghasilan sampingan selain yang sedang dilakukan. Bisa jualan online, bisa juga bantu emak di warung, ngamen, atau membersihkan kotoran sapi di peternakan. Yang penting dibayar dan situ dapet duit lagi. Oke? Yang penting HALAL.

5. Kuatkan niat dan doa
Pajang barang yang lo mau di depan benda yang selalu lu liat. Tembok kamar lu, hape lu, layar monitor lu, bahkan depan pacar lu juga boleh kalo doi ga keberatan. Semua demi menguatkan iman dan niat situ untuk mendapatkan barang yang dimaksud. Kalau perlu dihias-hias yah masbro. Biar makin mempesona Anda. Terakhir, manusia berencana tapi Tuhan yang berkehendak. Jangan lupa doa sama Tuhan biar niatnya tetep ada dan tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya ya rumah lo kebakaran gtu, lo dicopet lah, atau bahkan umur lu ga nyampe pas udah mau beli barang itu. Who knows?

That's it. Itu dia tips-tips menabung ala gw. Ini murni dari pemikiran gw yang masih polos ini. Jadi, mohon dimaafkeun apabila tips ini di atas rata-rata dan maha dahsyat. Oke sekian dan terima kasih ya. Boleh kok kalau mau nambahin tipsnya di komentar. Lol.

Selamat menabung.

*end*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar