Pages

Rabu, 19 Juni 2013

Gaji atau Passion?

Hari ini gw baru aja melalui wawancara di sebuah perusahaan publisher di Indonesia. Ada baiknya gw kasi tau namanya kalau gw udah diterima aja ya ;p

Yang gw akan post disini bukan cerita gw waktu wawancara, tapi lebih kepada omongan yang lain.

Alkisah, pas gw pagi-pagi ngetem di kantor nungguin siang kemudian menuju tempat wawancara, gw merhatiin aja timeline twitter gue. Disitu temen gw sedang ngomongin soal kerjaan dan gaji.

Intinya disitu orang tersebut (bukan temen gw) bilang kalau "Semua orang mau (ato seneng?) digaji dengan gaji tinggi TAPI tanggung jawab sedikit", dan temen gw sendiri membantah kalau "Bukan gaji yang penting tapi pengakuan dan kepuasan" (intinya begitu).


Gaji tinggi, siapa sih yang ga mau? Percayalah hampir semua manusia di bumi ini suka sama duit dan pastinya semakin banyak duitnya itu semakin seneng lah orang itu. Jadi gw sama sekali ga bakal membantah kata-kata orang tersebut kalau orang suka digaji tinggi tapi tanggung jawab sedikit. TAPI gw juga ga akan membantah temen gw yang bilang kalau "pengakuan atau kepuasan lebih penting daripada sekedar gaji". WHY?

Gw punya temen yang gajinya jauh di atas gw dan kerjaan yang katanya doi sih begitu-begitu aja. Akhirnya? Doi malah pengen resign, tapi lagi terhalang karena doi juga ga tau kalo keluar mau kerja jadi apa :p See? Untuk kejadian ini doi adalah orang tipe gaji gede dengan tanggung jawab yang tidak terlalu besar (yah ga imbang lah intinya) dan hasilnya... not good. Mungkin karena tidak sesuai dengan passion doi jadilah namanya 'magabut' di kantor. Hidup kalo begitu-begitu aja kan bosen ya ? :p

Lanjut lagi, bagaimana dengan gw sendiri? Gaji gw bisa dikatakan biasa aja, dan kerjaan gw juga biasa aja. Hahahaha. Yah kerjaan gw dulu sih bejibun, kalo sekarang agak melonggar. Yang membuat gw ga betah disini adalah masalah kantor gw sendiri. Eh, ga ada yang ngelarang curhat di blog sendiri kan? lol. Yup gw muak dengan masalah kantor gw. Bosen asli. Mungkin di kasus ini gw lebih prefer ke pendapat temen gw kalo pengakuan dan kepuasan adalah lebih penting. Yup pengakuan mungkin bisa diartikan juga sebagai penghargaan. Jadi kalo mau dibilang saya dihargai atau ngga? Yah mungkin cuma setengah dihargai :)) Dan soal kepuasaan. Asli gw ga puas cuma design somethin stupid every single day, meskipun design adalah passion gw.

Hebatnya gw pas sebelum wawancara ngasih petuah kalau "gaji gede, tanggung jawab kecil, ntar juga bosen sendiri kok" ke dedek fresh grad. HAHAHAHAHA. Dan kemudian disambut dengan iya-an dari doi.

Si fresh grad ini bilang kalo doi lulusan ITTe*kom dan baru aja lulus. Hey, ITTe*kom? Engineer dong? Wow dong itu gajinya? I said that. Dan apa yang dia jawab "Iya, tapi aku ga mau ah jadi Engineer" -- Jdaaaarrrrr~~ Bagaikan tersentak, gw langsung ngomong sambil ngaca. "Kamu ga suka? Dulu setengah hati ya kuliahnya? " -- nyeddd sok akrab bgt sih gw. "Ga juga sih, tapi yah... ga mau aja jadi Engineer"... Okay, kali ini gw ga bakal mengulang lagi pertanyaan gw. Karena sejujurnya gw juga SEPERTI dia. Apa yang dipelajari di kuliah tidak membuat gw termotivasi sama sekali buat dipraktekkan di dunia kerja. Jadi pertanyaan gw sebetulnya bukan ditujukkan ke doi tapi ke diri gw sendiri.

Dan selanjutnya gw memberi wejangan "Susah kalau kerja tapi ga minat, ntar juga bosen sendiri, ga bakal bertahan lama" dan itu juga seperti memberi wejangan kepada diri gw sendiri. LOL.

Kembali ke masing-masing yah, buat gw sendiri gaji itu nomer 2 setelah kepuasan dan pengakuan. Gw setuju sama temen gw, karena toh gw tipe pembosan sebetulnya. Jadi kalo kerjaan ga asik dan ga gw minatin, tinggal tunggu waktu aja. Freelance is a good choice for you yang males jadi babu orang selama ini. Gw mungkin akan mencoba itu suatu saat :D Masih ngarep gw jadi illustrator.

Well, that's it. IHope the best for the interview result. Kalaupun ga bisa join, gw tetep bersyukur sama Tuhan :) Gila dah lama ga wawancara cuy, sensasi sprite dah menjelang wawancara. Terima kasih Tuhan Yesus ogut bisa melalui semuanya ini :)

2 komentar:

  1. Permisi numpang blog walking(promosi)..

    Anda ingin mempublikasi karya menulis, menggambar, memotret, dan berbagai karya seni anda?
    Kunjungi: http://indonesianartistsunited.blogspot.com/

    BalasHapus