Pages

Rabu, 28 Maret 2018

Ke Jepang (Lagi) - Day 6 (Pulang!)

Tokyo 19 November 2017


Rute: Harajuku - Ikebukuro - Naka Itabashi - Ikebukuro - Haneda

Ini adalah hari terakhir gue di Jepang.

Karena hari terakhir jadi emang sengaja pergi ke luarnya lama karena akumulasi capek terus kayak beberes sedikit dulu. Hari ini santai-santai aja maunya tapi boong banget, kita masih mengejar oleh-oleh yang belum tercapai. Jadi kita bakal ke Harajuku karena mau ke Daiso-nya sekalian ke Kiddy Land-nya. Setelah itu gue bakal ke OTOME ROAD di Ikebukuro. Semacam icon-nya Ikebukuro tapi baru gue datangin di hari terakhir :""((

Itin kacau 75%.



Pesawat kita pas pulang itu menurut jadwal sih jam stengah 12 (malam) gitu tapi entah kenapa jadi mundur lagi, jadi jam 12 lewat 5 menit. Tapi ya sudahlah, tak jadi masalah.

Karena liat barang bawaan yang super numpuk (karena oleh-oleh dan belanjaan), kita yang awalnya mau berjuang naik kereta sampe ke bandara, akhirnya diubah jadi naik bus ke bandara. Untungnya kita deket sama Ikebukuro jadi kita bisa naik bus yang langsung ke sana. Alternatif buat kalian yang ga mau repot karena barangnya kebanyakan ya :) Biasanya bus-bus yang langsung ke bandara itu ada di kota-kota yang seperti Shinjuku, Shibuya, Ikebukuro, dll. Coba cek aja ya di sini cukup banyak sih tujuannya. Nanti sistemnya bakal gue ceritain di bawah~

Jadi gue menjadwalkan paling lama balik lagi ke apartemen jam 5, kita beres-beres untuk terakhir kali, rapihin apartemen, terus cabut ke Ikebukuro paling lama jam 7 udah jalan. Perjalanan dari Ikebukuro ke Haneda kurang lebih 45 menit sampai 1 jam aja sih, emang sengaja kita lama di bandara karena ya you knowlah apa sih yang ga bisa terjadi di bandara atau di jalan. Jadi ya kita ambil aman aja datang lebih awal.

Oke kembali ke rencana awal. Kita pun pergi ke Harajuku dan karena gue sudah tau kesalahan gue waktu tahun 2014 di mana gue muter-muter nyariin Daiso nyaris 30 menit sendiri, akhirnya gue langsung mengarahkan temen gue ke arah yang benar. Tapi sebelum ke Daiso gue ngajak temen gue ke WEGO. Apa itu Wego? Ini nih kalau kalian liat di Youtube, orang-orang yang ke Jepang terutama cewek-cewek itu entah kenapa (pasti) dateng ke tempat ini. Toko ini jualan baju-baju, tas, topi dll lah, yang lucu-lucu tapi harganya terjangkau ya. Jadi gue juga cukup merekomendasikan toko ini sih ke kalian semua yang pengen belanja. Temen gue katanya sempet terpicu buat beli kaus kaki (?) (lupa gue) gitu karena ya cukup murah harganya XD Gue sendiri mencari tas dengan warna Aoba Johsai (torquise) tapi untungnya ga ada hahaha. Duit gue aman.

Setelah itu kita lurus lagi dan sampelah ke Daiso Harajuku. Iya si Wego sama Daiso Harajuku itu searah banget. Gampang banget lah, dari Takeshita Dori itu. Nah karena kita juga mau ke Kiddy Land yang lebih jauh lagi tempatnya, jadi kita sampingkan dulu si Daiso, kita ke Kiddy Land dulu, baru pulangnya ke Daiso.

Daiso itu deket ya dari stasiun jadi mending ya keliling dulu baru ke Daiso.

Dari Daiso ada jalan kecil gitu lho ke Kiddy Land dan gue suka banget sama temuan ini XD karena seperti yang kalian tau Harajuku itu rame banget nget nget apalagi pas weekend. Seriusan rame banget. Jadi jalan kecil ini membuat gue merasa waras lagi hahaha. Belum lagi samping kanan kirinya kafe-kafe gitu. Berasa lagi di film Jepang hahahahaha.

Terima kasih Google Maps untuk jalan pintasnya.

Nah di Kiddy Land ini ada 5 lantai kalau ga salah dan isinya berbagai macam Sanrio stuff dan juga fandom lain seperti Card Captor Sakura, Star Wars, beberapa Marvel, dan ada lagi yang lain tapi gue lupa. Di sini kita bentar doang sih. Nyariin titipan temen tapi ga ada juga, akhirnya beli yang lain. Ga nyampe setengah jam kita dah keluar lagi.

Kita bali ke Daiso. Nah di Daiso ini yahhh BANYAK ORANG. Jadi kalau bisa jangan datang pas weekend deh ya. Ini Daiso 5 lantai dan terbesar di Tokyo. Tapi waktu gue dateng lagi ada renovasi gitu jadi yang bisa didatengin lantai 1-3 kalau ga salah. Gue sama temen gue ngerem di lantai 2 tapi. Di sini gue menemukan pembersih kuas make up yang katanya sih bagus banget. Dan the best part-nya ya cuma 108 yen (termasuk pajak)

Kalian tau kan kalau Daiso itu (nyaris) semua barang-barangnya cuma 108 yen?

Kalau di-convert sekita 13-14ribu rupiah. BEDA lah sama Daiso Jakarta sini. Di sana lebih banyak macem-macemnya.

Gue sendiri beli 2 botol pembersih brush make up (ga ngerti kenapa), 2 Foot Pad Sheet (yang ga ngerti jg kenapa) sama 1 barang yang gue lupakan. Intinya gue beli 5.

Buat kalian yang bingung mau ngasih oleh-oleh apa, silakan ke Daiso aja sih. Murah. Ada kipas-kipasan ala Jepang juga, ada baju juga, makanan juga, pembersih brush make up juga (ga penting) dan ya itu 13-14 ribu rupiah aja~

Setelah itu kita ke.... Ikebukuro! Nah di sini gue berpisah dari temen gue karena gue HARUS (setidaknya) melewati Otome Road. Otome Road itu sepanjang jalan isinya toko-toko khusus otaku cewek, makanya namanya itu, Otome: Cewek - Road: Jalan. Akhirnya gue sampe ke tempat yang sudah gue incar dari hari pertama:

Mandarake! Tapi si Mandarake ini tempatnya ke bawah, dan gue cemas itu di bawah apaan? Karena agak ragu gue pun bergeser ke sebelahnya dulu, K-BOOKS. Ini juga incaran gue, tapi baru liat dan bisa masuk hari terakhir :""(( Di depannya ditulis fandom-fandomnya. Gue cuma melihat Yuri on Ice dan langsung memutuskan buat masuk (gampangan banget).

DAN GUE MELIHAT SURGA.

Omg, ini dia yang gue tunggu-tunggu :"")))  merchandise di sana sini. Tapi, tapi kok harganya agak...

Gue pun langsung menghubungi temen gue di Indo, "Eh ini K-books barang bekas ya?".
"Iya, Deb," jawabnya.

OHHHHHHHHHHHHH GITUUUUU.

Di sini seriusan you need 5 hours to spend in 1 store. Boong. Yah 2 jam cukup sih. Boong. Yah 1 jam gitu deh. Abisnya bandingin harga itu menyenangkan! I love it.

Gue sendiri lebih fokus bantuin temen gue buat nemuin merchandise titipan dia, dan khilafan yang lain hahaha. Sementara buat gue, gue cukup senang dengan temuan mochi-mochi mascot Otabek Altin dengan harga 200-an yen saja.

Kemaren pas di Nakano Broadway gue nemu yang mochi-mochi mascot si Yuri Plisetsky yang Allegro costume sekitaran 700-800 yen (kok lupa--nanti dicek lagi klo masih ada struknya). Otabek kenapa bisa murah? Dan tinggal satu-satunya. Gue perlu 3 menit buat ngecek ini Otabek atau Yuri Katsuki WKWKWKWKWK. Rada mirip entah kenapa. Tapi ya tidak mungkin lah Yuri Katsuki cuma 200 yen. Serius ya Yuri-Victor itu mahal-mahal merchandise ya yang 2nd gitu wkwkwk. Di tempat ketiga baru Yurio. Sisanya random.

Di sini juga kalian bisa nemuin 1 gepok badge/pin Yurio, Yuri, Victor, JJ, dll dengan harga bervariasi. Waktu itu nyaris gue mau beli segepok badge/pin Yuri dengan 2000 yen. TAPI YA BUAT APA.

Untunglah ga jadi. Ada juga clear poster, sarung bantal, tapestry, standee acrylic, dll.

INDAH BANGET.

Ada juga yang di dalam kotak kaca ya. Nah kalau kalian mau yang dalam kotak kaca, bisa langsung bilang ke petugasnya. Ga usah pake bahasa Jepang lah kalau ga bisa. Langsung aja "I want to buy..." *nunjuk-nunjuk ke arah lemari kaca*, pasti dia paham. Abis diliat nanti kalau dan oke mau itu, tapi masih mau liat-liat yang lain, kalian bakal dikasih nomor yang harus ditunjukkin pas bayar di kasir. Iya kalian ga boleh tuh bawa-bawa keliling tuh barang yang di dalam lemari kaca. Itu barang terlalu majestic mungkin.

Setelah selesai bertransaksi, gue pun keluar dari K-Books. Dan karena sudah mendekati jam setengah lima, gue pun bergegas dan memantapkan diri ke sebelah lagi... Iya ke Mandarake yang tangganya ke bawah XD

Di sana ternyata ga kalah INDAH karena ada bekasan goods konser grup Johnny's Ent. IYA! Ada Arashi juga! Tapi sayangnya gue ga punya banyak waktu buat ngubek-ngubek. Gue aslinya pengen penlight :") tapi sejauh mata memandang adanya Uchiwa aja :"))

Abis itu gue pun keliling-keliling Mandarake yang memang banyaknya doujin juga. Untungnya gue cepat menemukan bagian Yuri on Ice!! kemudian ga lama gue melihat si dojin bikinan Mbak Kotori yang memang gue incar juga. Trus karena semacam, yah kapan lagi dapet dojin lebih murah daripada beli online, ya udah gue beli deh 1 biji dojin (gue ngetik ampe ketawa--karena semacam kenapa gue ga beli ini aja dari hari pertama :"")) duit gue abis buat beli yang lain deh)

Setelah itu gue kembali lagi bergabung (dikira power ranger) dengan teman gue. Kita pun kembali ke Naka Itabashi buat beberes dan ngambil koper.

Nah karena ini apartemen punya orang (yaeyalah) kita pun kabarin dulu orangnya, bilang kita dah pergi dari apartemen, terima kasih segala macem. Baru kita cabut dari situ. Ternyata saking leletnya kita--dan kopernya gede banget sih, si pemilik keburu dateng duluan dong wkwkwk. Gercep sekali dia.

Sebelum pulang dia nanya satu hal yang di luar dugaan gue: Ano... do you like Japan?

:"")))))

Mas (iya hostnya cowok) kamu ga tau betapa aku sangat memuja negaramu ini. Sampe gue berpikir ulang jangan-jangan gue juga antek aseng :""))

Tapi karena dia bahasa Inggrisnya biasa aja, gue cuma bisa menjawab: Yes, we do have a great time here :") (lupa sih gue ngomong apa, tp semacam itu lah)

Host-nya semacam memastikan we enjoy Japan banget. Baik banget deh dia. Ga heran statusnya dia Super Host gitu, alias yang level atas gitu saking rating dia selalu bagus XD Memang ga boong rating sama kenyataan.

Setelah itu kita ke Ikebukuro buat naik bus ke bandara Haneda. Nah pas di sini kita ke West Exit. Kemarennya kita udah survei tapi lama-kelamaan kok kayak ada yang salah... ini ga kayak kemaren. Jalannya beda tapi kita nemu eskalator. Nah sementara yang kemaren kita cuma nemu tangga. Kebayang ga nemu tangga dengan koper superrrrr gede. Mau nangisss. Jadi untunglah kita "nyasar" dan nemu eskalator ini. Pas di jalan kita baru buntu. Ini di mana :")) Akhirnya di suatu titik gue pun menawarkan diri untuk mencari halte bus itu sementara temen gue nunggu dulu.

Untungnya sih cuma tinggal lurus aja yaaa, ga pake nyasar. Tuhan memberkati~

Oke halte yang dimaksud sini itu ga lebih dari halte bus biasa ya. Ga ada deh tempat duduk. Mamam aja tuh kalau capek wkwkwkwk. Dan pas busnya nyampe (asli dia tepat waktu) kita pun tinggal instruksi dari petugasnya. Dia bakal nanyain kita mau ke terminal mana, abis itu dia masukin koper kita (iya bukan kita yang masukin) ke bagasi, terus kita disuruh masuk.... antre yaaa!

Di sana juga dia bertugas jadi petugas tiketnya hahaha. Orang Jepang mah efisien, ga ada pake kenek-kenek segala. Ongkosnya sekitaran 1300 yen. Worth it lah dibanding kekuatan yang harus dikerahkan kalau naik kereta.

Sesudah sampai di Haneda, gue dan temen gue segera check in di counter ANA (as I said before gue naik pesawat no. 1 Jepang ini), dan gue mendapat petugas yang agak... bloon.

Kenapa gue katakan demikian? Karena pas gue dan temen gue udah sekitar 5 menit dari gue di depan dia, dia bahkan ga proses-proses ampe nanya alamat emailnya yang mana :v WTF. Ga ngerti deh gaes kenapa dia bisa selambat ini. Pokoknya lamaaaaa banget deh prosesnya. Bahkan penumpang yang ngantre sebelum gue dan membawa anjing lebih cepet dilayanin (padahal prosedur bawa anjing kan bakal beda dan lebih ribet). Sementara si Mba petugas gue sebut saja Kampang, masih nanya senpainya :v

Eniwei gue juga sebelumnya dah ngasih tau kita berdua punya 4 tas yang bakal dimasukin ke bagasi. Gue sudah menunjuk, dengan tangan, this and this, dan dia tampak mengerti. Tapi gaes, setelah gue selesai dengan check in, pas lagi antre mau ke Imigrasi, gue didatangin sama si Kampang yang lari-lari, dan bilang sesuatu ke temen gue. Gue sendiri ga denger tapi ternyata dia bilang, itu tas backpack hitam punya siapa.

PADAHAL ITU PUNYA GUE. Gue dah nunjuk tadi dari awal ini tas gue. Gue pikir dia ngerti, ternyata si Kampang malah tetep bloon. Dia hanya berkata kepada senpainya: Yokatta, yang artinya Syukurlah (ketemu)

WTF. Si Kampang dan si senpainya bahkan ga ada bilang sumimasen, moshiwake arimasen sambil dogeza atau berlutut gitu. Even say sorry aja nggak! O-M-G. Gue super pissed off >:(

Setelah kelar urusan gue pun ngantre lagi ke bagian Imigrasi dan kita nunggu sampai boarding pesawatnya.

Nah di sini gue pikir udah berakhir penderitaan gue, eh ternyata si Kampang naro kita di kursi hampir paling belakang padahal gue sama temen gue datengnya cepet lah itungannya. Tapi ya ga terlalu masalahlah. Karena sudah lelah dengan perilaku si Kampang, gue pun banyak tidur di sini. Banyak banget. Sampe pas bangun itu udah mau dibagiin makanan. Nah pas dibagiin makanan sih ga ada masalah. Eh pas dibagiin minuman, gue menunjuk orange juice temen gue dengan maksud memperjelas "Gue mau yang ini juga." Gue sambil menyebut orange juice juga ya biar double ngertinya.

Tapi...

Gue ga dikasih orange juice sampe gue turun pesawat.

Gue super pissed off jadi gue pas ditawarin minuman lagi gue nolak.

Mending gue naik Air Asia, ga dapet makanan dari awal. Jelas. HAHAHAHA.

Beneran deh ya gue sangat kecewalah sama ANA ini. Lain kali gue mau naik JAL aja yang tampaknya bakal lebih sepi hahahaha. Ato ya pesawat kebanggaan negeri, Garuda, yang gue yakin ga bakal ada misunderstanding minta Orange Juice malah dikacangin.

Oiya pas mendarat juga ga mulus-mulus amat kok gaes, seriusan deh, walau ga separah yang pergi, tapi ya ga bisa dibilang mulus wwkkwkwk.

Abis itu gue sampai lagi di Jakarta! Di bagian custom gue disuruh ngelengos sama temen gue, ga usah diperiksa kopernya HAHAHAHA. Terima kasih tampang miskinku. Soalnya penumpang depan gue pada disuruh periksa. Pas gue si Masnya bergumam, udah silakan keluar. Terus gue narik temen gue deh hahahaha.

Nice nice.

Itu dia perjalanan gue ke Jepang. Walau bagi kalian gue yakin ga seru, tapi buat gue ini pengalaman yang sangat menyenangkan karena memang impian gue banyak yang tercapai, dan gue cukup bangga dengan kenyamanan yang gue terima selama di sana dengan bermodalkan otak gue dan temen gue alias tanpa perantara tour&travel.

Apa udah puas ke Jepang? Tentu saja. Kali ini gue berencana untuk meng-Kyoto dan Osaka-kan diri gue karena di 2014 gue kurang menggali lebih dalam tentang Osaka & Kyoto.

Iya gue pengen ke USJ! Semoga kesampean dalam waktu dekat XD

Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar