Pages

Rabu, 31 Mei 2017

Ga punya duit buat khilaf? Eklaim BPJS aja.

Ini bakal menjadi postingan serius ga serius jadi harap maklum.

Jadi gue ini adalah pengangguran (freelance kan pengangguran) yang niat beli-beli khilafan (khilaf itu ilusi, tapi gue pake istilah ini biar kekinian) itu selalu ada. Jadi kenapa harus nunggu kerjaan dari klien kalo kita sebenarnya udah menanam benih uang pas jadi babu di kantor? Yuk mari kita ambil uangnya.

Kalau kalian tau, setiap gaji yang kalian terima itu selalu dipotong buat BPJS ini (dulu namanya Jamsostek), bukan buat dimakanin sama kantor lu, tapi buat elu sendiri, dan kantor berbaik hati membayarkan sebagiannya. Namanya sih buat Jaminan Hari Tua (JHT) tapi buat gue yang ga sepengen itu panjang umur dan berprinsip, Live For Today, jadi gue rasa ga ada salahnya hari tua itu gue gantikan dengan Hari Muda atau HARI INI.


Mulai lah gue membuka akun di website BPJS Ketenagakerjaan (plis ya yang ini, bukan KESEHATAN) dan bikin akun di situ, tinggal cring sih, ikutin aja langkah-langkahnya, gue yakin kalian lebih pinter dari gue sedikit. Nomor kartu ada di kartunya (seriously apaan sih Deb), jadi jangan diilangin guys kartu BPJS lu, ada nilainya itu. Oiya saldo JHT ini sebetulnya bisa diambil kalau LU LAGI GA KERJA alias status BPJS Ketenagakerjaan lu lagi nonaktif. Dan abis lu resign pun ga bisa langsung diambil misal seminggu setelahnya, mesti nunggu 2 apa 3 bulan pasca resign. Buat gue yang masih menerawang mau kerja di mana alias pengangguran 3 bulan, ini ga berlaku buat gue HAAAAAAAAAAAA.



Di website BPJS itu gue bisa cek saldo, dan e-klaim. NAH ini dia. E-klaim aka ngeklaim lewat internet. Btw, dia punya aplikasi di Google Playstore, tapi buat eklaim lebih baik lewat PC atau laptop.

Jadi sediakan barang-barang bukti berikut:

1. KTP --> scan
2. KK --> scan
3. Halaman pertama buku tabungan --> scan
4. Kartu BPJS/Jamsostek --> scan
5. Surat keterangan kerja (+ yang ditujukan ke Disnaker)* --> scan

Oke gue jelasin buat no. 4 dan 5 ya.

Yah no.4: Buat elu yang angkatan tua kek gue, yang pernah punya kartu Jamsostek, ini juga masih ada harganya. Klaim aja kalau lu mau, buat khilafan kek gue. Gue sendiri di kantor pertama gue pake Jamsostek, kemudian di kantor kedua dibikinin baru si BPJS ini. Jadi gue punya 2 saldo, dan pas mau eklaim ini gue kasih kartu Jamsostek gue (aja).

No. 5 ini semacam terjadi keributan di sana sini di blog dan thread kaskus yang gue baca. Masalahnya adalah, di websitenya diberi keterangan Surat Keterangan Kerja yang ditujukan ke Disnaker. Nah gue sendiri ga punya tuh yang ditujukan ke Disnaker pas gue resign di kantor pertama (Maret 2014), tapi kayaknya yang resign sebelum September 2015 ga perlu deh. Apa perlu juga? Tapi eike ga dipermasalahin sih pas eksekusi. Yang menjadi persoalan gue sebetulnya adalah surat keterangan kerja gue cuma ... scan-an HAHAHAHA. Karena satu dan lain hal gue ga pernah ambil surat keterangan kerja gue yang asli, tapi toh gue selamet-selamet aja di-approve BPJS (ditambah beberapa trik tentunya). Yang kantor lamanya ga berkenan buat bikinin tembusan ke Disnaker, mohon maaf jangan tanya saya karena pasti ntar sesat. Untungnya sih di kantor kedua ini langsung dibikin 2 surat, surat keterangan kerja biasa sama yang tembusan ke Disnaker.

Nah setelah semua lu scan langsung uplod di websitenya

Liat tuh yang ada jari-jari
Catatan:
Harap melampirkan dokumen persyaratan klaim anda min 100kB dan max 1.8MB dengan ekstension *.jpg, *.jpeg, *.png, *.bmp, *.pdf


Itu ada catatan tolong dicatat yaaaa. Buat yang surat keterangan bisa diuplod dua-duanya yang buat Disnaker sama yang surat keterangan biasa, dijadiin 2 halaman PDF trus uplod, tapi di kasus gue, gue cuma uplod satu aja.


Abis udah dimasukin semua-semuanya tinggal klik tombol simpan di bawah. Dan berharaplah ga ada gangguan teknis macam, data gagal tersimpan. Kalau misalnya dapet Keys Disallowed ato apa (lupa gue), dan 5 menit kemudian kalian masih ga dapet email konfirmasi dari BPJS kalau data telah tersimpan, silakan GANTI BROWSER. Gue pernah kek gitu, alhasil pas balik malah ga balik-balik dan ga bisa upload ulang. Kasusnya selalu pas gue make Chrome jadi gue rasa Firefox lebih baik pas upload ini.

Oiya jangan lupa pilih kantor cabang yang kalian mau ya. Buat gue yang di Jakarta, gue cukup merekomendasikan kantor cabang Sudirman, yang meskipun cukup rame, tapi rame di klaim manual aja, yang eklaim ga ada WKWKWKWK. Nanti gue jelaskan di bawah.

Kalau lancar upload, lu bakal dapet email konfirmasi kalau data telah tersimpan (kalau emailnya dah dapet walaupun lu dapet tulisan server not responding, unreachable atau apa, yang kayak gagal uplod, itu berarti lu beneran datanya telah tersimpan jadi ga usah upload ulang), dan harusnya maksimal 2x24 jam lu bakal dapat email balasan entah itu DITOLAK atau DISETUJUI.

Gue sendiri awalnya ditolak karena scan-an gue gue bikin item putih (lah itu bilangnya fotokopi lho ga salah lho eike) jadi disuruh upload ulang yang warna dan cringg ga nyampe 10 menit abis upload ulang gue dikirim email konfirmasi lagi kalau udah disetujui :D Di situ dijelasin kalau disuruh bawa semua dokumen asli yang kita upload tadi, ditambah print form f5 (dikasih di email konfirmasi) dan fotokopinya semuanya itu dibawa (KK, KTP, Kartu BPJS, Surat keterangan, Buku tabungan)... EMAIL KONFIRMASI KALAU SUDAH DISETUJUI JUGA DIPRINT DAN DIBAWA BUAT BUKTI.

Maka dengan tekad membeli nendo Erwin Smith dan kekasihnya Levi Ackerman, jadi gue semangat pergi Rabu pagi (a.k,a tadi banget) seorang diri ke Mayapada Tower 2 Sudirman. Gampangnya lu naik TJ turun di halte Karet ke kiri. Itu gedungnya depan jembatan penyeberangannya. Yang ada STARBAKnya.

Pas nyampe itu sekitar jam 9 kurang 5, dan gue bilang ma pak Satpam, mau eklaim sembari kasih print email konfirmasi ke pak satpamnya. Terus disuruh duduk aja, dan dikasih nomor antrean khusus eklaim yaitu nomer 1. SUBARASHI SEKAI. Gue nomor 1!!! Ga pake lama gue pun dipanggil buat menghadap yang Maha Kuasa dilayani. Ditanyain tanggal lahir sama nama ibu, dikonfirmasi kalau status BPJS nya dah ga aktif.

Nah sebetulnya kalau lu baca di blog-blog orang, mereka pada nyuruh lu bawa materai 6000, yang sebenarnya beneran dipake sama mereka sih. Kalo ga salah buat surat pernyataan kalau kita beneran lagi ga kerja. Tapi buat gue, lagi-lagi karena gue terlalu keren kali ya, hal itu ga berlaku (padahal dah beli, vangkek). Entah karena gue pilih cabang Sudirman apa gimana, tapi kalau beneran tergantung kantor cabangnya, gue jadi makin merekomendasikan cabang Sudirman ini karena letaknya strategis, kamu bisa HEMAT 6RIBU BISA BUAT NAMBAHIN ONGKIR NENDO LU.

Abis itu disuruh foto, dan Mbanya konfirmasi saldonya sekian sekian dan akhirnya kelar. Dia bilang, ditunggu 7 hari maksimal ya.

SELESAI. THE END. Berapa menit gue di dalem? Anggep aja 10-15 menit dah pake nunggu. Cepet abis.

Saatnya menunggu uang lalu lalang itu (karena abis ditransfer bakal langsung dipake khilafan--plis bukan nendo doang, khilaf gue banyak) jadi like a magic aja langsung ilang. 


Buat yang motonya kek gue: "Live for today, uang masih bisa dicari, siapa tau hari esok lu dah mati, masalah besok ya buat besok aja." Monggo ikutin cara gue buat dapet duit instan (kalau lu pernah jadi babu di kantor)

Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar