Pages

Senin, 27 April 2015

A for April

Tidak usah menebak-nebak isi post ini dari judulnya, karena dipastikan tidak ada hubungannya. Mungkin.

Bulan April kata orang identik dengan April Mop. Momen di mana kamu kamu kamu lagi diperbolehkan berbohong untuk lucu-lucuan kepada semua orang. Tapi gw mah anaknya ga ikut-ikutan, jadi gw bukan penganut April Mop.

Jadi, ada apa di bulan April ini? Tentu saja ini persis setahun sejak gw pergi ke negeri Sakura, Jepang. Fyi, post-an gw masih belum akan dilanjutkan, kemungkinan tidak akan diteruskan selamanya, karena saya tak kunjung mengecek kompie satu lagi XD

Oke. Jadi apakah saya sudah move on setelah satu tahun? Nggak. Saya ga move on sama sekali.

Pas bulan Agustus gw pergi ke Singapura, salah satu negeri yang pernah gw kunjungi dan kesan pertama gw adalah 'I like it', tapi malah bikin kesan kedua gw: enakan di Jepang, orangnya lebih ramah. Duar!

Lupakan.

Btw, kemaren-kemaren ini temen gw pergi ke salah satu tempat di Indonesia dan bilang "Ga usah ke luar negeri, di Indonesia banyak tempat bagus yang ga kalah malah lebih bagus dari luar negeri" kurang lebih seperti itu.

Gimana? Setuju ngga?



Bener sih, Indonesia punya banyak banget tempat yang luar biasa mengerikan bagusnya. Indonesia punya pantai yang jernih banget. Indonesia punya gunung yang wow dan bisa dijadiin tantangan buat manjat gunung kalo lu emang suka. Indonesia punya buanyak banget budaya, termasuk tari-tarian, alat musik dan lain sebagainya. Indonesia itu spektakuler.

Tapi, gw juga menganggap benar kalimat "Tuhan ga nyiptain dunia ini buat dinikmati warga negara setempat, kita juga boleh mencicipi keindahan dan hasil karya Tuhan di negeri lain."

Gw gak akan merasakan betapa pentingnya arti sebuah antrian kalau gw ngga ke pergi ke negeri singparna itu.
Gw ga akan memahami kerennya negeri tanpa sampah berserakan kalau ga pergi ke singaparna lagi. Gw ga akan mengetahui kalau suatu restoran cepat saji bisa diurus hanya dengan 2 orang kalau gw ga pergi ke jepun.
Gw makin menghargai waktu ketika semua kereta terlalu tepat waktu pas lagi ke jepun.
Termasuk juga, pas ke Singapura, barulah gw sadar betapa ketinggalannya Indonesia dengan negeri tetangga yang gedenya lebih kecil dari Jakarta.
Dan gw ga akan merasa betapa lezatnya makanan Indonesia dengan sambel terasinya dibanding dengan 2 negara yang pernah gw kunjungi.
Atau betapa niatnya seseorang ketika menolong orang yang tersesat padahal terhalang masalah bahasa.

Apa lu ngerasa udah cinta Indonesia banget pas lu pergi ke seluruh Indonesia, tapi tetep pas di jalan Jakarta lu tetep ngebuang sampah seenaknya.

Apa lu ngerasa nasionalisme lu setinggi langit pas lu denger lagu-lagu lokal, nonton film-film lokal, tapi pemerintahan yang ada lu hina terus?

Ah teori.

Indonesia indah. Begitu juga negeri-negeri lainnya. Ga usah membandingkan. Kita selalu bisa belajar hal yang baru ketika kita pergi ke luar negeri dan ke dalam negeri.

Love your own country, and respect the other countries.

Ah, kalau ada yang nanya, saya masih warga negara Indonesia, dan belum ada rencana pindah kewarganegaraan, soalnya Indomie goreng selalu di hati.

*singaparna -- plesetan singapura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar