Pages

Selasa, 27 Januari 2015

Sebut aja tim KRL (part 1)

Gw orang yang suka naik kereta atau kita sebut saja KRL. Gw pertama kali naik KRL pas kuliah sekitar tahun 2007. Waktu itu gw nelpon temen gw mo pulang bareng terus dia bilang "Oke, kita naik kereta ya"

Kesan pertama gw naik KRL dari Palmerah ampe Pondok Ranji waktu itu adalah gw kagum dan terkesima. Harganya masih sekitar 4.500 rupiah (kalau ga salah) buat yang AC, tapi menurut gw ini sangat-sangat worth it lah. Dengan 4.500 rupiah, ga ada 15 menit dari Palmerah lu dah nyampe aja di Pondok Ranji. Naik mobil pribadi aja butuh lebih dari 1 jam biasanya. Gimana gw ga terharu saat itu. Seriusan. Gw semacam "Kemana aja gw? (kok baru tau ada transportasi murah praktis ini)"

Seterusnya sampe gw lulus, sampe gw kerja, gw tetep memakai kereta. Mulanya dari cuma tau trayek Serpong - Tanah Abang, ampe gw hapal semua jalur di Manggarai, sampe banyak yang nanya ke gw pas lagi nunggu kereta "Mbak, ini ke serpong ya?" atau "Mbak, yang ke Bogor jalur mana ya?" pernah juga "Bekasi udah lewat belum?" Mungkin muka gw ada tulisannya kali ya semacam "Tanya saya, kalau tidak tahu kereta Anda datang di jalur mana!". Lain kali ngelamar kerjaan di PT. KAI aja jadi petugas stasiun deh. Nanti pas ditanya kenapa mau masuk sini gw jawab "Abis saya disini ditanyain mulu sama bapak-bapak ibu-ibu semua yang ada di sini, mungkin saya cocoknya kerja di air stasiun kereta"


Entahlah, tapi seriusan gw sering banget ditanyain. Meskipun gw udah pasang headset, meskipun gw udah nundukin kepala, dan paling parah, pas gw masih lagi ngobrol sama temen gw pun pernah tiba-tiba diselak dan ditanya sama orang terus orang di belakangnya juga ikutan nanya abis depannya kelar nanya (berasa ngantri mau nanya). Yah tapi gw senang bisa membantu manusia-manusia tersesat itu. 

Pernah juga gw ditanya sama ibu-ibu tentang kereta ke Serpong. Berhubung gw bilang gw juga mau ke situ, eh si Ibu nya malah kepincut sama gw terus minta bareng. Yasudah, memang saya ini selain bisa menaklukkan dunia, juga bisa menaklukkan ibu-ibu paruh baya (apa?)

Pernah juga gw tiba-tiba diajak ngobrol sama orang sebelah. Nah kalau ini kayaknya yang suka naik kereta pasti sering ngalamin juga ya entah di dalam kereta atau lagi nunggu kereta. Entah itu cuma ngomongin keadaan kereta (biasanya kalau lagi gencet2an), atau ditanya ini stasiun mana (bule pernah juga nanyain gw, pake bahasa Indo tapi ;p), atau penumpang lain itu malah curhat ke elu. Yang terakhir sih ga masalah curhat kalau masih normal. Nah gw pernah lagi duduk nunggu kereta tiba-tiba ada ibu sebelah gw, atau lebih tepatnya seorang nenek, ngajak ngomong gw soal... menantu dan anaknya. Blablabla, terus dia bilang "Itu anak apa setan ya, kok gitu sama orang tua?". Gw yang saat itu abis pulang kuliah, cuma bisa bilang "Saya beli minum dulu ya, Bu" terus pergi. Bukannya ga mau bantu, tapi saya pusing bangat abis kuliah, terus lu ajak ngomong setan-setanan ama gw? Gw sih suka film setan, tapi bukan anak lu juga setannya. Kan gitu.

Lalu pernah juga ibu-ibu minta tolong sama gw buat minjemin hape gw ke dia karena pulsanya ga ada. Dia mau nelpon suaminya. If you're in that case, what would you do? Seriusan, gw waktu itu entah terlalu polos atau terlalu baik atau emang ga bisa nolak aja, gw kasih aja tuh dengan entengnya. Hebat banget. Padahal gw kan lagi di Jakarta, yang rawan kejahatan. Dia orang asing, gw ga kenal, walaupun dia ibu-ibu bawa bayi, tapi mungkin aja kan itu modus doang. Dan gw itu lagi duduk di daerah agak minggir di pojok dan termenung. Terus dia datengin gw gitu? Harusnya kan gw curiga banget dan ga ngasih pinjem. Harusnya sih. Nah setelah gw ngasih hape gw ke dia, barulah pikiran-pikiran negatif gw itu muncul serentak.

Terus selanjutnya gimana? Gw liatin terus deh tu ibu-ibu, ga ngedip. Bodo amat merasa terintimidasi. Gw tatapin terus selama dia ngoceh. Awas aja hape gw dibawa kabur, gw lempar lo ke rel. Itu pemikiran gw. Tapi ya Puji Tuhan, itu cuma sampe di pikiran gw aja, ga ampe beneran terjadi. Ibu-ibu itu balikin hape gw abis nelpon suaminya, tapi pake bonus minta sms juga ke suaminya, suruh bilangin kalau dia udah mau naik kereta ke Duri. Kasih dah.

Yah itu dia salah satu kejadian yang tak terlupakan dan menjadi pelajaran buat gw. Entah lah, kalau hal itu terulang lagi, gw ga yakin gw bakal tetep ngasih lagi ke orang yang minta pinjem itu. Soalnya gw udah makin ga percayaan sama orang fufufufufu.

Hal terakhir yang menurut gw paling ajaib adalah ketika hape gw ketinggalan di mobil temen gw yang gw tebengin ampe stasiun. Awalnya gw ga tau kalau kalau hape itu ketinggalan di mobil. Gw taunya hape gw udah ga ada aja. Di stasiun gw cuma ngubek-ngubek tas terus mikir semikir-mikirnya (bisa mikir juga toh), kok hape gw ga ada sih? Apa jatoh? Ga mungkin, tapi resletingnya kebuka sih dikit. Tapi masa iya jatoh? Tas gw kan gw taro depan (tas gw tas ransel). Apa ketinggalan? Bisa jadi. Pas sebelum turun soalnya gw ngeluarin hape. Pas udah mo turun, gw baru cepet-cepet beresin tas terus turun tapi ga yakin hape gw dah masuk apa belom. Tapi gimana gw mo yakin kalau gw ga bisa hubungin temen gw buat mastiin? Gw juga mana hapal nomer henpon temen gw. Hape cadangan sih ada, tapi ga ada batre ga ada cas-an. Mana nokiyem N70 pula wkwkwk. Lagi ngubek-ngubek tas tiba-tiba gw teringat sekumpulan kartu nama yang ada di tas gw. Gw harap gw punya kartu nama temen gw yang bawa mobil itu, eh ternyata ngga ada, tapi ada kartu nama punya temen kantor gw yang lain, yang gw yakin dia juga punya nomer henpon temen gw yang bawa mobil itu.

Sekarang caranya gimana gw bisa ngehubungin temen gw ini buat nanyain temen gw yang bawa mobil? Pinjem punya orang sebelah? Gw takutnya mereka lari, ga percaya sama gw hahaha. Terus kalau gw mo ngehubungin temen gw pasti kan lama karena gw butuh nelpon 2x minimal. Dan gw ga yakin itu bisa berlangsung dalam waktu kurang dari 5 menit. Kalau langsung pada diangkat sih oke, tapi kalau ngga kan berabe. Kalau ada orang yang mau minjemin gw, apa ada jaminan kalau dia masih lama di stasiun? Ada apa orang yang mau hapenya dipake 2x nelpon, dipegang selama lebih dari 5 menit? Gw rasa ga ada. Gw rasa. Rasa gw.

What must I do? Gw dah pusying setengah amsyong waktu itu.

Lalu entah dapet ilham dari mana, gw teringat temen gw yang sering ketemu di stasiun Manggarai ini. Sebut saja A. Kita beda kantor, tapi sesekali pernah ketemu di Manggarai. Tujuan kita sama ke arah Serpong karena rumah kita emang daerah sono. Tapi... Dia itu naiknya dari stasiun Cikini, yang kalau ke Manggarai itu harus naik kereta yang mau ke Bekasi. Kereta ke Bekasi emang cuma di 1 jalur, tapi gerbongnya BUANYAK, jadwalnya BUANYAK. Kerumunan orang juga buanyak, ini stasiun kan rame banget. Apa bisa gw nemuin dia di antara ratusan orang? Dan lagi, emang dia pasti pulang cepet? Kalau dia lembur gimana? Terakhir... Dia ga selalu naik KRL buat pulang (berdasarkan cerita dia).

Dengan segala possibilities yang ada (cia elah bahasa elu njir), gw cuma bisa pasrah, berharap dia kan datang ke pelukan ku sehingga gw bisa minjem hape dia (TwT) Dan tentu saja ketika gw sudah menuliskan cerita sejauh ini, sedetail ini, pasti endingnya adalah... Happy Ending! Yap, gw beneran menemukan temen gw keluar dari kereta. Ga pake susah, ga pake mata gw ampe siwer gara-gara ngeliatin satu-satu orang yang lewat.

Jadi ceritanya pas dateng kereta dari Kota ke Bekasi, gw langsung melototin gerbong-gerbong akhir. Dia kan cewek, jadi mungkin dia memilih gerbong wanita dan bener aja dia ada di kerumunan orang yang keluar. Gw menemukan temen gw si A. Langsung deh gw ngacir tempat temen gw terus "HAP! lalu ditangkap"

Temen gw kaget ngeliat gw. Sementara gw yang udah seperti stalker ini, bukannya ngucapin basa basi dulu, malah langsung bilang "Hai A, hmmm, boleh pinjem hape ga??" Temen macam apa gw ini?

Setelah itu gw jelasin ke dia apa yang terjadi dan dia bilang "Berarti gw penolong lu dong?" "Iya, tar gw teraktir elu deh ya di Tanah Abang" "Asik!" Temen kan gitu. Harus tolong menolong.

Rencana gw pun berjalan mulus. Gw telepon dulu ke temen gw yang satu. Abis dapet nomer telpon temen gw yang bawa mobil, gw baru nelpon dia, mastiin kalau henpon gw ada ato ngga. Bener aja hape gw beneran ketinggalan. Puji Tuhan lah ya.

Itu dia beberapa pengalaman gw naik KRL. Menurut gw naik transportasi umum itu membuat lu melihat banyak hal lho dan mendapat pengalaman yang luar biasa macem gw. Karena elu kan berhadapan sama orang, entah dari kelas atas ampe yang ekonomi bawah, semua bakal lu lihat kalau lu naik transportasi umum. Lu jadi belajar buat sesekali nengok ke bawah, jangan ngeliatin orang necis naik silver bird atau bawa mobil sport mulu, terus kepengen jadi sekaya mereka.

Anyway, Nemu bule juga bisa lho di KRL, nemu wisatawan dari Jepang, nemu nigga nigga, atau mungkin manajer atau direktur yang pulangnya naik kereta. Mungkin elu nya aja ga tau apa profesi mereka, karena pada akhirnya yang pasti mereka adalah tim KRL.


....to be continued

Tidak ada komentar:

Posting Komentar