Pages

Sabtu, 13 Desember 2014

Me Watching Stand By Me Doraemon

Film yang paling gua tunggu tahun 2014 ini.

Stand By Me Doraemon... Tetaplah bersamaku, Doraemon.




Kenapa gw tunggu banget? Sesimple karena Doraemon itu teman masa kecil gua. Sekarang gw tanya, siapa yang ga kenal sama tokoh fiktif ini? Hah? Hah? Emak gw aja tau *terus?*

Doraemon itu buat gw adalah masterpiece. Anime pertama banget-banget yang gw tau adalah Doraemon. Komik jepang yang gua baca pertama kali adalah Doraemon. Pokoknya Doraemon itu bisa dibilang perintis dari hobi gw yang suka jejepangan lah.

Lalu tiba-tiba muncul berita kalau akan tayang film terakhir Doraemon yaitu si Stand By Me ini. Diberitakan lagi kalau ini bisa dibilang sebagai ending dari cerita Doraemon. Terus gw boleh ngelewatin film ini gitu aja? Ga akan. Gak.

Anyway, berita itu sebetulnya ga bener. Ini bukan film terakhir Doraemon. Sekali lagi gw tulis, ini bukan film terakhir Doraemon. Itu cuma bumbu-bumbu penyedap aja biar pada baca artikelnya. Kalau soal endingnya gw sih ga tau apa ini beneran ending dari Doraemon itu sendiri. Karena emang pada dasarnya si pengarang a.k.a Fujiko F. Fujio itu kan udah meninggal. Jadi ya... gitu *ga jelas*

Oke, di Jepang sendiri film ini mulai ditayangkan bulan delapan tanggal delapan yang berarti 8 Agustus. Sementara di Indonesia sendiri mulai ditayangkan serentak pada bulan Desember tanggal 10 di Blitzmegaplex dan Cinemaxx.

Yup, bukan cuma Blitz doang yang nayangin Doraemon, lu bisa juga nonton di Cinemaxx yang ada di kotamu. Emang sih Cinemaxx cabangnya masih dikit lah dibanding Blitz apalagi XXI, tapi boleh juga dijadiin alternatif ;D

Gw sendiri nonton di Cinemaxx cabang fX Sudirman (edit: sejak 2017 kapan gitu udah tutup) (satu lagi ada di Plaza Semanggi). Awalnya gw mau nonton di Blitz Teras Kota, tapi kayaknya transportnya lebih gampang ke fX. Terus di Blitz itu meskipun jadwalnya jauhhhhh lebih banyak, tapi rata-rata udah pada dipesen jadi udah pada semua jadi yaaaa 2 kelebihan semua ada di Cinemaxx yaudah kita ke sono.

Yak, sekian basa basinya. Kita lanjut ke bagian film

Oiya dari berita yang gw baca, 80% orang Jepang yang menonton film ini pada menitikkan air mata. Jadi kalau situ melankolis boleh lho siap-siap bawa tissue, kali aja mau nangis berjamaah di bioskop.

Cerita dimulai bener-bener dari gimana caranya si Doraemon bisa ketemu sama Nobita. Intinya Sewashi (cucu dari cucunya Nobita) itu meminta Doraemon buat nemenin si Nobita supaya masa depannya bisa berubah. Karena seperti yang kita tau Nobita itu anaknya pemalas, bodoh, ga bisa olahraga, pokoknya menyedihkan lah. Terlihat sepertinya masa depannya bakal suram kalau Nobita terus-terusan begini terus.

Maka datanglah mereka dari abad 22 dengan mesin waktu ke tempat Nobita. Doraemon yang diminta Sewashi buat membantu pun rada ogah-ogahan cenderung ga mau, apalagi pas liat tingkah lakunya langsung. Karena Doraemon yang akhirnya ga mau itu, terpaksa Sewashi memutar hidungnya Doraemon yang fungsinya ternyata untuk pemograman Doraemon. Jadi Doraemon tidak boleh pulang ke abad 22 kalau Doraemon belum menyelesaikan misinya yaitu membuat Nobita bahagia.

Bahagia versi Nobita adalah ketika Nobita bisa menikahi Shizuka. Karena Sewashi memberi tahu kalau dia terus-terusan ga berubah maka dia akan menikah dengan Jaiko (adeknya Giant), miskin dan terpuruk. 

Dan dimulailah hari-hari baru Nobita ditemani Doraemon dengan alat-alat super canggihnya.

Di film ini Doraemon bener-bener ngebantu banget dengan alat-alatnya. Pas Nobita telat, dikasih pintu kemana aja. Pas Nobita mau ngebantai Giant, dikasih mantel tembus pandang. Pokoknya disini Doraemon rela ngeluarin alat apa aja asal bisa ngebantu Nobita.

Masalah dimulai ketika mereka sadar kalau secanggih apapun alat yang dimiliki Doraemon, tetap aja ga bisa untuk mengubah perasaan orang. Karena itu Doraemon menyuruh Nobita berusaha dengan usahanya sendiri untuk menjadi lebih baik, termasuk sampai gimana caranya biar Shizuka bisa suka sama dia.

Oke seterusnya bisa ditonton sendiri lah ya.

Buat gw film ini bener-bener nostalgia buat gw. Pas Doraemon ngeluarin alat-alat macem pintu ke mana aja, kain pemutar waktu, monitor waktu, terowongan gulliver, kamera yang kalau gambar baju bisa langsung dipakai pas dijepret (panjang bener), sama pemutar kunci yang bisa bikin kita bergerak lebih cepat, itu semua bener-bener kayak mengulang pelajaran Doraemon di bioskop :"D

Terus karena efek CG dan kecanggihan teknologi, jadi berasa banget kerennya Mesin Waktu pas dipake. Gw ampe terharu sendiri... Ya ampun gini toh kerennya ide nya si pengarang. Dari dulu dia udah bisa mikir kayak gini TwT

Dan tentu saja, pertanyaan gw sepanjang gw bisa mengingat sampai gw nonton film ini... Sebetulnya rambutnya Suneo tuh gimana sih? Kok susun 3 begitu. Mana mulutnya lancip. Akhirnya terjawab sudah. Terima kasih character designer. Semua terlihat begitu lazim sekarang. Gw mengerti sekarang gimana potongan rambut Suneo di dunia nyata. I'm happy lol.
See? See? Itu dia jawaban gw selama ini. Sueno ternyata begitu rambutmu ya XD
img source: this
Yup, Stand By Me Doraemon bener-bener pas buat gw masa kecilnya dilalui bersama makhluk bulat ini. 

Adegan sedihnya? Nangis ga?

Mungkin gw bakal nangis kalau aja gw nonton sendiri. Maaf Doraemon, tapi gengsi gw masih tinggi banget karena gw nonton sama temen, jadi gw cuma ampe di level berkaca-kaca aja yah. Ga ampe kayak cowok yang ada depan gw, doi ampe ngusep-ngusep mata... Pasti dia menangis :'D Maafkan aku Doraemon. Aku akan nonton lagi sendiri biar bisa mewek dengan leluasa hahaha.

Gw pikir malah adegan kita bakal dibikin mewek itu adalah dibagian akhir. Entah itu Doraemonnya pergi ga balik lagi. Tapi ternyata gw malah nahan-nahan nangisnya di tengah. Kalau ga salah ada 2 apa 3x gw pengen nangis. Yang gw inget itu, pertama, pas bagian Doraemon nangis terharu liatin Nobita yang akhirnya bisa bahagia. Kedua, pas Doraemon bilang "Apa kamu bisa ngelawan Suneo sama Giant kalau aku ga ada?". Terakhirnya, gw lupa, kalau ga salah itu di masih awal cerita malah. Gw malah mo nangis hahahahaha toloooongggg pas Nobita lagi depresi depan sungai gara-gara salah belajar terus dapet nilai 0 (antara mo ketawa tapi sedih juga pas tau dia salah belajar).

Buat ending, ternyata film ini happy ending. Di luar dugaan gw, karena gw malah mengira endingnya adalah Doraemonnya rusak, atau Doraemonnya pergi ga kembali ga bersama-sama Nobita lagi. Itulah makanya gw bilang kalau (gw pikir) kita bakal dibikin mewek pas ending. Tapi ternyata ngga. Lu bakal (mau) nangis di tengah ke hampir ending, tapi di endingnya lu bakal tersenyum karena film ini HAPPY ENDING!

Pas gw nonton di Cinemaxx ada subtitle B.Inggris dan B. Indo ya. Dan di subtitle Inggrisnya terjadi perubahan nama tokoh... Hmmm kayaknya hampir semua. 

Japan/Indo - Inggris
1. Doraemon - Doremon
2. Nobita - Noby
3. Shizuka - Shizuka (kayaknya tetep Shizuka deh, tp kalau di wiki jadinya Sue)
4. Suneo - Sneech
5. Giant (Takeshi Gouda) - Big G
6. Sewashi - Sobby (kalau ga salah)

Last, jangan pulang dulu pas creditnya muncul karena ada adegan-adegan yang sok-sok disalahkan yang menurut gw jangan dilewatkan lah biar ga rugi :D

Oiya, melihat adegan-adegan di film ini, mungkin akan lebih baik kalau dari awalnya lu nonton yang versi 3D nya yah. Gw sendiri nonton yang 2D, tapi mungkin gw bakal balik lagi buat nonton yang 3D sekaligus review ulang hahaha. (Tidak gue lakukan akhirnya)

Overall nilai buat film ini: 9/10. Gw suka. Itu aja.

Bakal gw kasih 10/10 kalau endingnya didramatisin, dibikin sedih, pokoknya menyedihkan dan terkesan bad ending. I wish for it sebetulnya hahaha. Tapi yasudahlah ya itu selera gw aja :D

Jadi, silahkan ditonton Doraemonnya ya kakak.

Doraemon adalah teman masa kecilmu, kan?
Hargailah waktu-waktu bersamanya.
-Nobita-

2 komentar:

  1. i love ur review, seriously. setuju bgt gw. anw gw aja cewe jg cm berkaca2, aplg elo yak, haha. we love u doraa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, thank you ya. Btw aku juga cewek kok ahaha XD Yup, tottemo daisuki Doraemon!

      Hapus