Pages

Kamis, 25 September 2014

Hello Japan [Day 6]

Rute: Tokyo Disney Land

Di hari ke 6 ini, gw bakal berkunjung ke Disney Land setelah sehari sebelumnya saya ke Disney Sea. Satu harian ini cukup buat ber-disney ria. Dari pagi ampe tutup.

Tapi berhubung kemaren nampaknya agak tepar, pas di TDL (Tokyo Disney Land) ini gw dateng lebih siang daripada TDS (Tokyo Disney Sea). Cara ke TDL udah gw jabarkan di post sebelumnya yah. Trus TDL itu lokasinya deket sama Resort Gateway, alias, dari turun kereta, ga jauh deh jalannya. Jadi kalau ga kebanyakan duit ya jalan aja ya.

Lanjut!

Seperti biasa gw bakal membahas, what must rides disini. Pada dasarnya emang TDL lebih fantasy, lebih colorful, lebih didedikasikan kepada anak-anak. TAPI menurut gw, justru salah satu must ride di TDL ini adalah yang paling juara dibanding sama TDS. Dan kalau boleh jujur, kalau gw hanya boleh disuruh milih balik ke TDL atau TDS, gw bakal milih TDL.

Ini dia Must Rides-nya....

Big Thunder Mountain Splash Mountain Pooh's Hunny Hunt
Haunted Mansion Space Mountain Buzz Lightyear's Astro Blasters
Star Tours: The Adventures Continue Monsters, Inc. Ride & Go Seek!

Entah per tahun kapan, yang atraksi Michael Jackson something udah ditutup (?).

Karena ada jalur fast-pass nya makanya pasti ini laku, dan banyak peminat. Ini aja sih alesannya kenapa situ mesti nyobain maenan2 di atas. Gw ga maen 2 maenan pertama: Big Thunder Mountain sama Splash Mountain. Yang gw inget Splash Mountain karena itu fast-pass nya sesudah nonton parade 'Dreamlights' (bakal dibahas ntar) which is udah malem dan itu dingin (maaf, saya manusia tropis) lalu mainannya udah bernada 'Splash' yang berarti bakal basah, jadi diputuskan buat ga naek, padahal fast pass udah di tangan. Kalau Big Thunder Mountain, gw lupa kenapa ga naik :s mungkin gara2 waktunya ga pas, mesti ngejer parade 'Dreamlights'.

Oiya sama Pooh's Hunny Hunt juga ngga masuk, gara-gara tutup lagi renovasi.

Apa itu Fast-Pass, sama gimana caranya, udah gw jelasin di post sebelumnya :)

Kita mulai dari:

1. Star Tours: The Adventures Continue (Tomorrowland)
Mainan pertama dan ini keren. Gw suka dari semenjak ngantri sampe naik ride nya. Detailnya keren. Walau gue bukan pecinta Star Wars tapi sukiiiii (suka maksudnya) banget deh sama dekorasinya.
Welcome to the world of Star Wars, now in 3-D! You'll enjoy an unprecedented thrill as you find yourself right in the middle of the action with familiar characters from the film series.
Kalau mau disamain, mungkin bisa lah sama Transformer 4D yang ada di Universal Studio Spore. Meskipun goyangnya ga seheboh Transformer yah, soalnya yang ini cuma 3D.

Penilaian: Asli gw lupa kayak gimana ni mainan, tapi yah itu, ga mengecewakan kok. Apalagi dekorasinya. Star Wars banget. Cakep.




2. Space Mountain (Tomorrowland)
Berhubung gw dah ngambil fast-pass buat Monster Inc, makanya gw ga bisa ngambil fast pass disini. Disini antriannya PUANJANG banget. Mungkin bener kata orang, TDL selalu lebih penuh daripada TDS. Ditambah pas ngantri, belakang gw ada anak yang ga bisa diem dalam tingkah laku dan perkataan. Udah cuaca panas, makin murka lah saya.
What's that gleaming white mountain, bathed in mysterious lights at night? That's the state-of-the-art space station, Space Mountain, where you can board a rocket ship and blast off into outer space. Hold on tight for a thrilling ride through galaxies and meteor showers!
Well, gw kurang tau sih ini ceritanya tentang apa, jadi kurang menjiwai kayaknya. Ini roller coaster ya, dan harap diperhatikan, ini roller coaster tingkat advanced kalau ibarat di les bahasa inggris. Maksudnya bukan yang level cupu.

Penilaian gw: THE BEST ROLLER COASTER I'VE TRIED. Ini bisa disamain sama The Mummy di USS karena dia gelap (banget), tapi asli yang ini karena berasa di angkasa jadi beda banget. Mana lumayan lama juga durasinya. Kebayang kan, gelap terus lu di jugijagijug ke sana kemarih dengan kecepatan tinggi. Gw aja ampe megangin topi takut terbang XD Akhir kata, The Mummy USS dibandingin sama ini, ga ada apa2nya IMHO.



3. Buzz Lightyear's Astro Blasters (Tomorrowland)
Sejenis sama Toy Story mania, dan juga sejenis Monster Inc. Disini kita bakal dibekali dengan pistol buat nembak nembak.
It's Buzz Lightyear from Disney/Pixar's Toy Story films! And you're one of his proud Space Rangers. Board a space cruiser and get ready for a great adventure. Work together with your friends to defeat the evil Emperor Zurg, and save the universe!
Penilaian gw: Menurut gw lebih menarik Toy Story mania XD Agak2 lupa, tapi kurang sih menurut gw
.





4.  Haunted Mansion (Fantasyland)
Disini gw make fast-pass, lumayan banget lho buat menghemat waktu (karena itu tadi, TDL lebih ruame drpd TDS). Berhubung namanya udah serem gitu, makanya staff nya pun udah didesain supaya semacam hidup segan mati tak mau. Biasa ya semua pada muka senyum, ramah, tapi disini, mereka semua datar, macem dah mati.
A griffin statue atop an ominous gate watches all who enter this gothic brick mansion haunted by 999 ghosts, goblins, and ghouls. They're all "dying" to make their number an even 1,000. Look over there, it's a spine tingling statue with shining eyes, and invisible hands are playing a strange requiem on that piano. But wait, who's that sitting next to you...!?
Disini termasuk wahana 'naik-kereta-dan-nikmati-apa-yang-ada' tapi dengan konsep hantu tentunya :3 Bisa dibilang detailnya SAIKO alias bagus bingit. Berasa deh tiba2 pala nongol depan muka, terus hal-hal serem lainnya muncul.

Penilaian gw: Sukiiiii, aku suka yang hantu-hantu, dan sangat tidak mengecewakan masuk sini. Untung pake fast pass, tapi sekali masuk juga orangnya banyak sih. Recommended.

Haunted Mansion-2
taken from Tokyo Disneyland's website
5.  Monster Inc, Ride & Go Seek (Tomorrowland)
Yup, seperti yang sudah gw bilang, ini sejenis Toy Story Mania sama Buzz Lightyear's Astro Blasters.
Tonight there's a special game of hide-and-go-seek at Monsters, Inc. Everyone's playing, even Sulley, Mike, and the human child Boo. As soon as the lights go out, the game begins! How many monsters can you spot with your flashlight?
Penilaian gw: Senjata kita senter, jadi kalau ada monsternya kita senterin hahaha. Kurang seru ya kalau cuma senter, gw sih maunya tembakan, granat, bazooka, rocket launcher biar "Boom!" gitu. Iyah, masih seruan Toy Story Mania. Toy Story di hati lah.

pic not mine. taken from this
Selanjutnya:
Maenan-maenan yang gw naikin yang ga ada fast-pass...

Di TDL emang kebanyakan mainannya 'naik-lalu-enjoy'. Kayak ga seru ya, tapi kalau situ pecinta Disney, ini adalah pernyataan yang salah. Karena adalah level Disney Land jadi ya ini level Disney Land, bukan versi ecek-ecek. Kebanyakan menceritakan kisah mereka dari awal ampe akhir sih. Misalnya Peter Pan, diceritain dari Peter ketemu Wendy sampe ntar berhasil ngalahin si Kapten Hook. Tapi seperti yang gw bilang, dekorasinya level Disney Land, kelas dunia :)

1. It's a Small New World (Fantasyland)
Yup, kalau ada yang paling mirip sama Istana Boneka, mungkin ini dia tempatnya. Karena kita bisa ngeliat boneka seluruh dunia menyapa kita disini. Berhubung waktu itu panas banget, ini cocok buat ngadem :3 Dan kalau situ ngeliat bangunannya dari luar, gw rasa ga ada yang ga mau buat masuk lho. So colorful. Sukiiiiiii
Sail around the world and sing along with the children of the world, as they greet you in the traditional costumes of their countries. From Europe, through Asia, around Africa and Central America and even through the South Pacific islands, you'll see that it really is a small world after all!
Penilaian gw: Depannya cakep banget, ini favorit gw dari segi arsitektur. Warna pastelnya nyatu kayak indomie goreng sama perut gw. Sukaaaakkkkk.
outside
inside
 2. Peter Pan's Flight (Fantasyland)
Seperti yang gw bilang, disini diceritakan kisah si anak terbang Peter Pan yang nyulik anak orang, Wendy dan adek2nya ke Never Land. Karena ceritanya kita lagi terbang, jadi kadang kita mesti nengok ke bawah.



Penilaian gw: Aku sih yes, ga tau kalau kamu ;) Pecinta Peter Pan dan Disney jangan ampe ga masuk ya.

3. Swiss Family Treehouse
Ini kayak cuma semacam rumah pohon sih. Jadi kita bisa ngerasain kalau punya rumah di pohon itu kira-kira gimana ya hahaha. Dari tempat tidur ampe dapur, semua ada. Ujung2nya sih bisa jadi ga meaning atau malah seneng, tergantung situ.
The Robinson family lives high up in a tree on a remote island. Let's go and visit them! That gently swaying hammock looks really comfy, and look at all that delicious looking food on the table. You can even hear the Swiss Polka, the music of their faraway home country. And what an ingenious water conveyor system. You'll want to be shipwrecked just to live in this cleverly built treehouse.

Penilaian gw: Lumayan. Soalnya dulu gw nganggep rumah pohon itu keren :D

4. The Enchanted Tiki Room: Stitch Presents "Aloha E Komo Mai!" (Adventureland)
Balada kera nya TDL. Disini sih kita bakal dengerin ada burung-burung nyanyi dan tentu saja Stitch bakal muncul juga dan ikutan nyanyi :3
The Enchanted Tiki Room is where the Polynesian gods gather. Four songbirds from Hawaii have come to sing their favorite songs for you, but no sooner do they start singing than strange things start happening… Are the gods angry? Or could it be that...?


Penilaian gw: Nihongo ga wakarimasen (gw ga ngerti bahasa Jepang). Katanya sih ada alat bantu buat English subtitle. Tapi berhubung gw ga tau info ini (baru tau pas nulis post ini), jadi ya gw apa adanya aja. Sikit sikit ngerti tapi banyakan ngga. Overall, lumayan juga.

5. Mickey's PhilharMagic (Fantasyland)
Teater 3D yang isinya nyanyi-nyanyi. Gw masuk karena ga pengen rugi mau nyicipin semua. Asli ya maenan di TDL itu banyak banget :'D Bintang utamanya tentu saja Mickey (dan Donald)
Come for a fun and magical concert with Mickey Mouse, Donald Duck, and many more of your Disney friends! Let Donald sweep you away into the fantastic world of Disney animation!
pic not mine
 Penilaian gw: Meskipun gw nonton pas udah malem, capek, tapi berhubung lagu2 Disney (pake bahasa Jepang) yang dikumandangkan, akika yah tetep sukaaaa. Apalagi ada Donald, walaupun dia sial mulu disini :3 Eh ini pertunjukkan 3D ya, jadi gausa norak tiba2 Donaldnya keluar layar (padahal yang norak yang nulis ginian, ampe tangannya dilambe2in)

6. Pinocchio's Daring Journey (Fantasyland)
Sama kayak Peter Pan, ini semacam perjalanan Pinokio dari dia diciptain Kakek Geppeto ampe dimakan ikan paus.
There was once a little boy who was born a wooden puppet. He set out to make his dream come true. What fate awaits him? The Disney classic film Pinocchio is recreated for you in this exciting ride.
pic not mine
Penilaian gw: Udah malem, apa aja gw hajar. Tapi waktu itu entah karena udah malem apa gimana, ini termasuk yang singkat banget lho durasinya. Baru masuk, tiba-tiba udah keluar aja. Apa emang cerita Pinokio begitu doang XD Rekomen buat malem2, soalnya pasti dah ga ngantri.

7. Cinderella's Fairy Tale Hall (Fantasyland)
Mau tau isinya kastil Cinderella? Nah disiniiii lah tempatnya. Fyi, gw ga pernah sekalipun tertarik dengan princess-princess an, tapi ternyata pas masuk sini... sukiiii lol
Cinderella and Prince Charming have opened Cinderella Castle to Guests even while they are away. Cinderella wished to share the story of the magical way that she became a princess. Guests are welcome to wander through the castle to view paintings, diorama, and other artworks that follow her story. Guests of all ages will enjoy entering into the world of this beloved princess.


Penilaian gw: Gw pertama agak kagum liat istana nya pas malem, bersinar dengan warna gradasi biru sama pink/peach. Gw pikir ni istana cuma hiasan doang, ternyata bisa dimasukin x). Oiya disini juga bisa liat kisah2nya si Cinderella, dari jadi babu ampe ketemu pangeran. Gambar2 yang ada dalem istana juga bernuansa magic lho. Try it!


do you believe in magic?
see? the magic really works
8. Country Bear Theater (Westernland)
Another Balada Kera di TDL. Tapi ini, berhubung ga kenal, jadi berasa ga meaning XD Disini kita bakal ngeliat beruang muncul nyanyi2 sambil maen alat musik. Udah tentu pake bahasa Jepang.
Welcome to Westernland's "Grizzly Hall" theater! Those 18 zany, foot-stompin' bears are putting on an un-bear-ably hilarious musical revue for you again today. So set for a spell and enjoy the show.
Penilaian gw: Ga ngerti artinya jadi agak krik-krik. Untungnya ada beruang yang datar ga jelas, Jadi gw ketawa2 aja ngeliatin dia.

Country Bear Theater-1
pic not mine
Kalau ga salah sih segitu aja yang gw masukin. Selebihnya gw berkunjung ke kawasan Toon Town. Bisa dibilang ini tempat tinggal karakter2 Disney macem Goofy, Mickey, Donald. Sebetulnya disini banyak yang bisa di eksplor, tapi gara-gara rame dan wahananya cuma 1 (roller coaster, ga kepengen jg) jadi kita ga lama disini dan pindah ke kawasan lain. Kebanyakan disini itu tempat buat foto sih. Tapi kalau ada waktu lebih, ini harus banget dikunjungin. Lucu2 banget lho rumah2 mereka.




That's all. Dan seperti biasa disini banyak karakter-karakter Disney yang bertebaran jadi bisa kamu ajak foto :)

Selain wahana tentu saja disini bertaburan stand-stand snack yang tentu saja untuk mencegah kita kelaparan. Salah satu stand yang selalu bertebaran itu adalah stand Popcorn. Kalau kamu disini dan di TDS, kamu pasti bakal ngeliat manusia-manusia bawa tempat-tempat yang cute dan lucu yang ternyata itu adalah tempat Popcorn.

pic not mine
Misalnya stand popcorn yang ada di Tomorrow Land di atas. Itu rasanya Soy Sauce & Butter Popcorn (doang), jadi jangan nanya ada rasa lain ga. Disini bisa beli yang pake tempat yang lucu2 itu, atau beli yang biasa aja. Harganya tentu saja amat sangat berbeda.

Oiya, di setiap stand itu bisa beda ya tempat popcornnya. Biasanya disesuaikan sama tema di kawasan itu.

Harga buat beli tempat popcorn + popcornnya itu kisaran 1500 yen -2500 yen (tergantung jenisnya). Iyah, misalnya kalau situ lagi di daerah Monster inc, mungkin bakal dapet tempat popcorn versi monster inc, kalau ke Toon Town, dapetnya yang versi Mickey. Pokoknya jenis-jenisnya beda dan disesuaikan dengan tema kawasannya.

Dan kalau popcorn situ udah abis, dan pengen makan lagi, tenang aja disini juga disediakan fasilitas refil (tapi bayar) yaitu 500 yen per refil. Dan kalau kamu ga butuh sama tempat lucu itu, it's okay, silahkan beli dengan harga 300 yen buat tempat biasa :)

Pilihan rasanya itu ada beberapa sih ya, ada salt, butter, soy sauce, curry, strawberry dan lain sebagainya (eyke lupa). Berhubung saya bukan pecinta manis, dan saya ga menemukan curry, jadi saya pilih yang standar aja... salt. Nah di bawah itu tempat popcorn kesayangan saya. Beli nya cuma gara-gara ini khusus Easter, jadi pasti ini limited edition. Dan tentu saja karena ini the cutest one menurut gw. Kalau ga ada ini mungkin gw bakal beli yang bentuknya kuping sama pantat mickey (yang paling murah harganya)

My tempat popcorn, so cute yet so mahal. two thousand yen.
Nah... terus apa lagi yang harus kita liat disini. Tentu saja PARADE nya. Jangan meremehkan shows TDL karena kalau situ liat, nihonjin (alias orang2 jepang ini) rela lho nge take tempat 2 jam sebelum acara mulai demi dapet spot terbaik lol (kebanyakan duit ya gini).

Show apa aja yang gw liat saat itu?

1. Hippity Hoppity Springtime
Ini cuma ada 1x dalam sehari. Sebetulnya sih ini bukan ada sepanjang tahun ya, tergantung musimnya. Waktu itu lagi musim semi dan deket easter jadilah tema mereka waktu itu tentang telur2. Di parade ini bakal lewat kereta-kereta lucu yang isinya karakter2 Disney dan tentu saja penari2 lainnya yang siap melambai-lambaikan tangan untuk kita.



Penilaian gw:  Gw sukaaaa banget sama lagunya, langsung pas di kuping gw pas sekali denger. Staff-staff disini juga bakal ngajarin sedikit dance sebelum acaranya mulai jd kita jg bisa ikut2 dikit :p Buat yang belom tau ini apaan, jangan sampe kelewatan deh ya.

2. Nighttime Parade "Tokyo Disneyland Electrical Parade Dreamlights"
Come see the Disney stars covered in colorful sparkling lights! This gorgeous parade turns the Tokyo Disneyland night into a radiant world of sparkling lights and Disney music. Which of your favorite characters will appear next?
Sorean tadi udah nonton Hippity, maka malemnya jangan lupa nonton ini. Kalau gw bilang sih ini kebanggannya TDL untuk paradenya dan sepertinya ada sepanjangt tahun. Kombinasi lampu-lampu-dan lampu yang gemerlap bikin hari lu di Disney Land semakin fantasy lah ;D





Penilaian gw: Seru, walau sebetulnya sama kayak Hippity Hoppity yang cuma ngeliat kereta-kereta ini lewat, tapi kalau ngeliat betapa gede nya si kereta2 ini dan berapa lampu yg digunain buat ginian, tentu bakal membuat penilaian berbeda. So colorful, dan tentu saja karena ada karakter Disney yang siap melambaikan tangan buat kita :)

Sebetulnya masih banyak show2 lain yang ga gw kunjungin (saking banyaknya show ditambah sama ride2), jadi emang sejujurnya 1 hari ngunjungin semua itu ga bakal cukup. Kecuali situ booking 1 hari buat situ doang lol. Ambil hikmahnya, berarti gw mungkin bakal balik lagi buat nyicipin semua *grin*

Dan seperti biasa, jangan lupa beli oleh2 disini ya. Kayaknya yang lucu-lucu emang lebih ke Disney Land yah IMHO.



ahn ahn ahn totemo daisuki, MONSTER INC!
*pake nada Doraemon dengan ketukan 4/4*
Dan tanpa terasa udah jam 10.00 malem, adzan disuruh pulang pun udah mulai dikumandangkan. 12 jam di theme park ini bener-bener bikin nagih, kalau ada rejeki dan kesempatan diberikan Tuhan, saya mau banget ke sini lagi, mau keliling Toon Town sama Splash Mountain, Big Thunder Mountain, sama Pooh's Hunny Hunt dan ga lupa, borong barang2 lucu di toko suvenir <3

That's it. Besoknya bakal ke 2 Museum kenamaan, Ghibli dan Fujiko F. Fujio Museum. Ahey, setelah itu cabut ke Kyoto.

all pics are mine unless stated otherwise

Pengeluaran:
Lupa! Buat makan doang kurang dari 1000 yen sepertinya.
PP Minami Senju - TDL - Minami Senju: 840 yen.


*end*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar