Pages

Selasa, 23 September 2014

Hello Japan [Day 5]

Rute: Tokyo Disney Sea

*tulisan ini akan (selalu) diedit ketika gw baca ulang dan gw rasa ada yang kurang dan perlu ditambahin. Entah ini sudah revisi ke berapa kalinya lol*

Oke, sebelum ingatan memudar, kayaknya gw harus sesegera mungkin menulis perjalanan gw di blog ini (padahal aslinya sih ingatan gw dah memudar ;D)

Di hari yang ke 5 ini emang cuma di 1 tempat, yaitu Tokyo Disney Sea.

Tokyo Disney Sea (selanjutnya bakal gw singkat TDS) itu apaan? Bukannya Disney Land ya?

TDS itu kalau gw bilang itu sodara nya si Tokyo Disney Land (selanjutnya gw singkat TDL). Isinya sama, theme park, macem dufan, bedanya cuma di tema nya aja. Kalau di TDS itu maenannya lebih banyak buat yang dewasa. Maksud buat yang dewasa itu ya maenannya lebih seru, lebih memacu adrenalin, lebih meaning lah. Sementara di TDL itu maenannya meskipun ada juga yang memacu adrenalin, tetapi kebanyakan cuma sekedar kita-naek-perahu-trus-kelalang-keliling-di-wahana. Dan seperti namanya yang Disney Sea, pasti nuansa aer nya banyak disini.

TDS dan TDL itu di daerah yang sama, beda tempat aja, macem tetangga. Lokasinya sendiri ada di Maihama. Karena cuma 1 tujuan hari ini, Minami Senju - Maihama - Minami Senju, gw pun cuma memakai pasmo gw aja, ga pake tiket terusan :3


Yang ga tau cara ke sananya, seperti biasa gunakan Hyperdia dot com ya :) Sangat membantu lho.

Nah berhubung gw dari Minami-Senju jadi inilah rutenya (berdasarkan Hyperdia-dot-com)


Dari Minami Senju naik Metro ke Hatchobori, terus pindah line ke Keiyo Line terus naik lagi ke Maihama :)



Keluar dari kereta pas mo turun dan melihat papan ijo di atas, berarti anda sudah di tempat yang tepat. Hello Tokyo Disney Resort!

Seperti yang Hyperdia bilang, setelah dari Tokyo Disney Gateway, kita disuruh naek kereta ke TDS. Gw saranin sih naik aja. Sebetulnya bisa juga pake jalan kaki, tapi menurut gw itu lumayan juga sih. Kecuali kalau situ kepagian yah setengah jam misalnya, ya gak pa pa deh :3

TAPI, kalau situ tujuannya ke TDL, lebih baik ga usah beli. Soalnya dari gerbang ke Disneyland itu deket. 10 menitan doang jalannya kok.

Okeh, beli deh kita si tiket. One way 260 Yen. Cringgg (kalau ga salah ada yang langsung buat bolak balik deh, tapi saya keburu beli yang ini.)


Naik eskalator ato tangga ke atas terus tungguin deh si kereta dateng


Pemberhentian pertama itu Tokyo Disney Land. Kebayang ga? Baru duduk udah turun lagi. Rugi bro *kalo gw sih rugi*

Apalah ini rame banget. Ini di Tokyo Disney Land. Gambar diambil dari kereta.
Turun lah kita di TDS... Huwaaahhh aslik ya gw udah kebayang bakal seneeeengggggg disini :)

Ini juga pertama kalinya gw ke Disney Sea which is the only one in the world. Ditambah besok bakal ke Disneyland kayaknya hidup gw dah berasa bahagia banget. Matipun aku rela kalo lebaynya sih.

my beloved country, Indonesia. pls don't mind the bule(s) below

It's spring here, so...
Oiya, sebelum masuk theme park ini tas kita pasti diperiksa. Yah untuk mencegah ada orang-orang yang iseng bawa benda-benda keramat kali yah. Dan menurut peraturan mereka, sih, ga boleh bawa makanan ke dalem. Minuman mungkin boleh lah mereka harap maklum. Tapi ya kalau ga mau rugi atau mahal2 beli di dalem ya bawa aja makanan yang beli dari luar. Orang Indo pasti paham gimana caranya nyembunyiin makanan. Lagian meriksanya juga ga detail banget kok, cuma kasi liat tas dalem kita terus, oke disuru masuk.

Habes duitku mak 11.000 yen buat ginian. tapi HAPPY bingit.

Basically, which rides that you have to ride (apelah) adalah yang punya fast-pass ticket.

Fast-Pass itu apa? Jadi alkisah di dunia ini tidak semua orang bakal sabar ngantri, ada kalanya manusia ingin lebih cepat daripada manusia-manusia lain dalam hal mengantri. Dari sifat manusia itulah, makanya di beberapa (yup, ga semuanya) atraksi dibuat 2 jalur. Jalur orang awam dan jalur Fast-Pass.

Intinya, Fast-Pass itu membuat kita lebih cepet buat nyobain permainan itu. Buat masuk ke jalur fast-pass dibutuhkan lah Fast-Pass ticket.

Pasti bayar? Tenang saja rakyat jelata, selama kamu masih nyimpen tiket TDL/TDS nya, kamu bisa mendapatkannya dengan gratis. Tapi terbatas yah.

Oke, gimana cara dapetinnya?

1. Liat dulu, atraksi ini ada jalur fast-pass nya ga? Sia-sia kalau situ mau fast-pass tapi emang ga ada fasilitasnya di atraksi itu. Atraksi apa aja yang ada fast-pass nya? Liat di bawah yah :)
2. Cari mesin fast-pass nya, biasanya digeletakin di sekitaran pintu masuk atraksinya. Jadi yah ga jauh-jauh deh.
3. Ketemu mesinnya, silahkan di scan aja tiket kamu yah, nanti keluar sendiri fast-passnya beserta detail jamnya.
4. Setelah punya fast-pass, bukan berarti bisa langsung masuk ya. Liat dulu penampakan fast-pass kamu, liat dulu detail jamnya karena itu penting.

Kita liat contoh di bawah:


16:25~17:25 itu adalah masa berlaku fast-pass kamu. Ingat, masa berlaku. Jadi kamu BOLEH masuk ke dalam dengan pake fast-pass ini HANYA di antara jam itu, 16:25~17:25. Sebelum jam itu ataupun sesudah jam itu, maaf, ga boleh masuk lewat jalur fast-pass, silahkan ngantri dengan orang-orang awam di jalur sebelah, jalur rakyat jelata.

Kalau situ zoom gambar di atas, ada tulisan: Your next FASTPASS ticket for another attraction will be available after 16:25. MAKSUDnya adalah, sebelum jam 16:25, kalau situ ke permainan yang lain yang ada jalur fast-passnya, situ ga bakal dapetin fast-pass nya, karena emang belum saatnya. Tapi setelah 16:25, monggo, pasti keluar deh pas di scan ticket fast-passnya. 

Jadi, ga bisa tuh trik kita keliling dulu buat dapetin semua fast-pass ;p

Guna ga sih fast pass? GUNA BANGET. Aslik. Sejujurnya pas di TDS ini belom berasa banget sih Fast-pass nya. TAPI pas di TDL, beughhh, antriannya lebih maha dahsyat daripada TDS, jadi berasa banget.

Ini dia must rides di TDS...

Tower of Terror Toy Story Mania! StormRider
Indiana Jones® Adventure: Temple of the Crystal Skull Raging Spirits The Magic Lamp Theater
Journey to the Center of the Earth 20,000 Leagues Under the Sea Mermaid Lagoon Theater


Gw sendiri naik ke hampir semua kecuali di Magic Lamp. Entahlah kenapa gw ga ke situ XD

Berikut gw jelaskan feeling gw pas naik wahan-wahana di atas. Semoga ga mematahkan semangat Anda naik yah. Dan semua gw urutin dari pertama gw naik sampe terakhir.


1. Tower of Terror (American Waterfront)
Pas gw kesini masih pagi, jadi gw ga make fast-pass, dan sebetulnya sih waktu gw disini, gw masih ga ngerti fast-pass kayak gimana, cara makenya. Anyway, gw kurang ngerti sama ceritanya karena dalam bahasa Jepang. Makanya gw kutip aja dari website:
In New York, 1912, stands the hotel known as the "Tower of Terror," so called after the mysterious disappearance of its owner in 1899. Now, the New York City Preservation Society has finished restoring the infamous hotel, and started giving tours to the public. But what happens when you take the elevator to the top floor...?
Yep, jadi ceritanya kita lagi naik elevator ke lantai paling atas dan... dihempaskan ke bawah. Boom! Turun... Naik lagi... Turun... Naik lagi, diulang terus ampe abis. Jugijagijugijagijug. 

Penilaian gw: Menghibur, seru, tapi ga serem-serem banget. Masih lebih hot abang kopaja sama metro mini yang dikejar setoran atau bus lintas Sumatra lah. Itu lebih memacu adrenalin (seriusan). Sebetulnya gw ekspektasi gw ketinggian disini karena reviewnya pada bilang seru, bagus, must ride lah, makanya pas dikasih naik turun kayak gitu, gw semacam "udah? gini doang?". Moral cerita: no expectation, no disappointed.



2. Storm Rider (Port Discovery)
Pas ke sini gw udah ngerti make fast pass tapi gw ga make fast-pass karena gw sebelumnya udah ngambil di Toy Story Mania. Jadi next fast-pass gw masih agak lama, jadi gw manfaatkan buat ngantri di Storm Rider. 

The Center for Weather Control has invented the "Storm Diffusion Device," which can diffuse storms when detonated inside the powerful center of a storm. There just happens to be a huge storm approaching! Board a StormRider, buckle up, and ride into the center of the storm!
Jadi disini kita bakal menaklukan si badai badai yah. Sebagai awak pesawat kita diajak bertempur melawan si badai-badai itu. Semacam 4D, kursi goyang-goyang, disemprot aer.

Penilaian gw: Terlepas dari "ngomong apa sih?" tapi ini lebih menghibur gw dari pada Tower of Terror sebetulnya. Seru, lebih lama durasinya dari si Tower of Terror. Goyang-goyangnya juga aselole lah.

StormRider-1
pic taken from the website of Tokyo Disney Sea
3. Indiana Jones Adventure: Temple of the Crystal Skull (Lost River Delta)
Disini tuh semacam roller coaster aja sih. Kalau mau disamain bisa lah kayak The Mummy nya USS. Agak gelap walau ga segelap The Mummy (yang setipe gelap banget ada di TDL).
The enigmatic genius Captain Nemo has unearthed a heretofore unknown world deep underground. Let a fantastic vehicle, designed by the Captain himself, take you on a journey of mystery and surprise. See a deep cavern full of blinding crystals, a forest of giant mushrooms, and strange creatures who dwell deep inside the earth. But wait, is the earth shaking...?
Penilaian gw: Seru, lumayan seru karena gelap :D Sebagai pecinta roller coaster, yah boljug lah. Tapi menurut gw, ga seserem The Mummy yang ada di US Singapore :)


4. Raging Spirits (Lost River Delta)
Gw pake fast-pass disini. Tapi meskipun pake fast-pass, antrian di fast-pass nya juga masih agak panjang. Tapi beneran ngebantu sih buat maenan 'macem gini doang'. 
Bursting flames, thick steam, and more relentless supernatural phenomena occur in this ancient ceremonial site! The gods have been re-awakened by the excavation, forcing the research team to keep a constant lookout for danger. But this is your lucky day, because it looks like you can take a tour. So come on, are you a match for the raging spirits?
Another roller coaster. Disini ada puteran 360 derajat ala-ala si Halilintar, Dufan. Gw sih udah tau dari review orang, katanya sih biasa aja. Jadi gw ga punya ekspektasi apa-apa disini.

Penilaian gw: Yah boleh kalo punya waktu lebih haha. Seriusan ini ga berbeda sama Halilintar di Dufan. Ditambah sama panas dan kelamaan ngantri (disertai putaran mungkin) akhirnya gw sukses pusing di sini.

depannya oke, tapi maenannya ngga.
pict not mine
5. 20,000 Leagues Under the Sea (Mysterious Island)
Ini termasuk atraksi yang pake fast-pass lho, TAPI pas gw ke situ... antrian ga pake fast pass aja cuma 5 menit lol (di setiap atraksi pasti ada estimasi waktu klo ngantri dari sini butuh berapa menit).
Jadilah gw masuk ke sini dengan ga pake fast-pass. Lumayan ya buang2 waktu.
This continent of legend, said to have been home to an ancient, advanced civilization, sank to the bottom of the ocean long ago. Some say the people of this world lived on and adapted to the world beneath the waves. Captain Nemo is recruiting a brave and trusty crew to join him in his search for the lost world of Atlantis. Will you join him?
Ini semacam wahana 'naik-kereta-terus-nikmati-apa-yang-ada'. Well, bisa gw bilang ini bener-bener ngebosenin. Lu naik semacam kapal selam (soalnya dalem laut) dan disitu lu bakal liat makhluk dalam lautan. Menurut gw sih agak bosen ya XD Soalnya ga kenal sih ini cerita apaan, lagi ngapain. Mungkin boleh kalau searching2 dulu ini cerita apaan biar lebih seru pas naik.

Penilaian: Bosen. Karena selain ga ngerti ini cerita tentang apa, wahananya juga cuma naik terus nikmati. Bener-bener ga sesuai selera. Udah dibikin lawakan tetep aja gw ga suka.

penampakan.
6.  Journey to the Center of the Earth  (Mysterious Island)
Disini juga semacam wahana 'naik-kereta-terus-nikmati-apa-yang-ada' sih, tapi lebih seru karena menjelang akhir bakal dikasih kejutan, dan di sepanjang naik kereta monster-monster yang kita liat itu menurut gw keren XD ahaha
The enigmatic genius Captain Nemo has unearthed a heretofore unknown world deep underground. Let a fantastic vehicle, designed by the Captain himself, take you on a journey of mystery and surprise. See a deep cavern full of blinding crystals, a forest of giant mushrooms, and strange creatures who dwell deep inside the earth. But wait, is the earth shaking...?
Btw baru nyadar, ini nyambung sama 20,000 Leagues Under the Sea ya? lol

Penilaian: bagusss, setidaknya makhluk darat lebih menarik daripada makhluk aer. Kejutan di akhir yang bikin ini rekomen.

Indiana Jones® Adventure: Temple of the Crystal Skull-2
cr on pict

7.   Toy Story Mania! (American Waterfront)
Saran dari gue: Maen pas pulang. Asli, ngebantu melepas stress XD. Stress ngantri. Gw ambil fast-pass ini abis maen Tower of Terror, tapi gw dapet fast-pass nya tuh yang jam 9 malem. Entah karena emang ini fast-pass karena masih di awal-awal jd orang-orang pada ngambilin, atau emang seru banget jd banyak peminatnya.
Go in through Woody's wide open mouth and you'll find that you've shrunk to the size of a toy! A great time playing the carnival games set up under Andy's bed is waiting for you!
Mirip sama perang bintangnya dufan. Jadi kita nembak2in sasaran yang ada. Dan itu ada score nya. Well, jangan maen ngasal tembak ya, karena ada nilai akurasinya. Nilai gw waktu itu lumayan lah, tapi akurasi gw di bawah 50%

Penilaian: Favorit gw nomer 1 di TDS. Mungkin karena gw maen pas pulang, jadi berasa banget ya serunya, sisa tenaga gw, gw kerahkan disini. Di akhir bakal dikasi liat score serta data statistik lainnya. Karena gw maen tembak sana sini dengan ngasalnya, makanya akurasi gw di bawah 50% meskipun score gw cukup tinggi ;p



Sebetulnya sih masih banyak yang belom kejamah sama gw. Terutama di bagian Arabic Coast yah. Gw cuma naik gajah bledug aja disitu (Jasmine's Flying Carpets)





Sementara kawasan favorit gw adalah Mermaid Lagoon karena di dalemnya tuh ademmm... Gelap. Adem deh pokoknya XD Bisa buat ngaso, dan gw beli oleh-oleh disini (ga ada hubungan sama oleh2 sih ya)

Lain kali kalo gw kesampean ke sini lagi, gw mo nyobain:
1. Venetian Gondolas
Gara-gara liat komik Aria dan melihat kota Venezia, kayaknya naik gondola tuh keren banget, berasa udah Itali banget
2. The Magic Lamp Theater
Sesimpel, karena gw belom ke sini :D
3. Mermaid Lagoon Theater
Karena gw mau tau aja XD

Oiya wahana lain yang gw naikin tapi ga termasuk fast-pass:

1. Sindbad's Storybook Voyage (Arabian Coast)
Semacam istana boneka sih. Jadi kita diajak mengikuti perjalanan Sinbad dari awal ampe akhir. Bagus, gw suka, karena yah adem lol, lucu, suka deh, soalnya gw jg kurang tau kisah si Sinbad :)



Udah. Hahaha. Kebanyakan disini kayak naik perahu, naek kereta sih.

Dan selain naik wahana, tentu saja disini bertebaran karakter Disney! Jadi, siapkan kamera dan senyuman anda.

Seperti yang gw pernah baca di blog orang, di Disney Sea (dan Disney Land) staff nya itu udah dibentuk sedemikian rupa biar menghibur orang-orang. Terlebih lagi yang meranin karakter Disney, udah banget deh mirip sama karakter aslinya.

Gw foto 2x sama karakter Disney :) Dua-duanya di kawasan yang sama: Lost River Delta (Raging Spirit, Indiana Jones). Di sini gw foto sama Goofy dulu. Pilihan nya waktu itu ada 3. Mickey, Minnie sama Goofy. Dan tentu saja Mickey paling lama ngantrinya. kalau ga salah 30 menit sendiri. Sementara Goofy, 15 menitan XD I'm not a fan of Mickey so let's go for Goofy!

Gw sih kebayang awalnya bakal se-awkward apa si Goofy Jepang ini sama gw yang bisa dibilang turis. Tapi semua itu kejawab dengan: Oh my, he's so sweet. Pas giliran gw, gw digandeng dong, trus ala loncat-loncat kecil macem bocah, baru difoto. Ya ampun. Staff sama orang2 ampe ketawa. Jadi malu (///v///)

Oiya sebelumnya dia juga nawarin, mau pake service foto mereka ga, dapet berapa kali jepret trus dicetakin. Tapi yah harganya agak halmahera. Lupa tepatnya tapi gw inget banget deh langsung ngurungin niat *maklum turis kere*. Tapi ga pake service itu pun mereka dengan senang hati bakal fotoin kita pake kamera kita kok, bahkan kita ditanya juga, 'kalo gini, oke?', gw sih belom pernah bilang ga ya, jadi gw ga tau deh, kayaknya sih diulang lagi, kalo kita ga suka :3

Nah di Goofy aja gw dah sumringah, ternyata di kawasan yang sama, tempat berbeda, ada... DONALD DUCK! Tepatnya di Saludos Amigos! Greetings. Entah itu isinya cuma Donald doang apa lagi random terus gw dapet Donald (soalnya diliat dari themenya kayak ini harusnya ada 2 temen Donald yang lain, yang tergabung dalam The Three Caballeros). Tapi sumpah, gw seneeeenggggg banget bisa liat my favorite Disney character of all time TwT Dan seperti biasa pas difoto, sambil dipeluk, ughhh gemeuussss! Ga lupa buat Donald seorang gw bilang "Daisuki" entahlah dia paham maksud gw apa ngga. Tapi asli, kalo boleh gw bawa pulang, gw bawa deh. Senang!

maap bukan keluarga apa kerabat. saya cuma mau kasih liat Donald nya kok. Maap blur.
Ga cuma di kawasan ini doang kok bisa ditemuin karakter2 Disney. Biasanya pas kita lagi jalan-jalan juga ada karakter Disney berkeliaran di jalan. Tapi mungkin karena ini theme park dan banyak anak kecil, jadi si karakter Disney itu (mungkin) lebih mentingin bocah-bocah :) Sebagai turis dewasa, harusnya sih kita bisa juga kalau ngotot XD tapi waktu itu banyak bener bocahnya, langsung aja cabut deh. Soalnya ini kan ga ada antrian, asal siapa duluan ngambil perhatian si karakter, ya foto duluan :3

Oiya hal lain yang bisa dikau lakukan dengan karakter Disney itu adalah... Minta tanda tangan. Yup, bagaikan artis aja. Ga usah ragu buat nyerahin buku sama spidol dari kamu, karena mereka udah dirancang buat bisa tanda tangan, mulai dari princess-princess yang asli orang, sampe yang pake kostum macem Pluto :D Bahkan di souvenir shop dijual tuh buku khusus buat tanda tangan. Cute!

Pokoknya ini Place of Happiness deh ^^

Nah selain wahana-wahana dan karakter Disney ada juga pertunjukkan-pertunjukkan karakter Disney yang tersebar di sepanjang TDS. Detail show dan jam nya bisa dilihat dari sini.

Gw waktu itu sih cuma nonton 2 show. Pertama itu sekalian pas makan (padahal ga ngincer, kebetulan aja di satu tempat) yaitu:

1. My Friend Duffy
Welcome to Cape Cod Cook-Off! Presented here is "My Friend Duffy," a fun-filled show set to music and dance that also features Mickey and Minnie. The show tells the story of how Duffy sets off on an adventurous journey, and how Duffy's friend, ShellieMay, came to be. Spend a wonderful time with Duffy and friends!
Disini emang kalau mau lihat ya mesti mesen makanan dulu. Dijatahin yah lama makannya. Kalo ga salah 1 apa 1,5 jam deh per orang. Sambil makan, kita bisa liat pertunjukkan Mickey, Minnie, Donald, Deasy, dan Duffy. Ada pacarnya Duffy juga sih, lupa namanya. Karena pertunjukkan ini dalam bahasa Jepang ya eyke agak2 kurang ngerti :3 Tapi menghibur sih. Apalagi ada Donald <3




Pas awal gw ngeliat ini ya, pikiran gw adalah... Mickey emang tukang mendua, udah punya Pluto malah melihara beruang lagi.

Nah pertunjukkan kedua, yang cocok sebagai penutup di akhir perjalanan TDS adalah...

2. Fantasmic
Taking place at night on the waters of Mediterranean Harbor, this spectacular entertainment features Mickey Mouse as the Sorcerer's Apprentice who creates a fantastic world of Disney through his powers of imagination. Filled with special effects using gigantic water screens, lasers, lights, and fire, this dramatic show promises an evening of unforgettable fantasy and excitement for all.
Kita tinggal nyari spot yang paling pewe dan tunggu aja pertunjukkannya mulai. Karena ini outdoor, jadi waktu itu gw agak kedinginan ya, selain karena udah malem, itu lagi musim semi. Dinginnya tuh macem di puncak deh, tambahin dingin lagi. Sebagai orang tropis, berasa banget deh dinginnya. Jadi jangan lupa jacket ya :3 Kalo ga salah sih pertunjukkannya mulai sekitar jam 7an malem.

Intinya sih disini gabungan water screen, laser, lights, fire, dan lainnya. Cakep banget. Gw ga punya fotonya karena gw rekam video XD This is a must see show. Jangan lupa ditonton. Bisa dibilang ini kebanggaan si TDS. As I said before, TDS is the only Disney Sea in this world.

oh iya, karena ini salah satu kebanggan mereka, ga heran 1-2 jam acara udah pada duduk disini buat take tempat :3
Setelah nonton Fantasmic sih gw ke Toy Story mania, melepas stress seperti yang gw tulis sebelumnya. Selesai Toy Story-an... Pulang deh. Besok, lebih capek lagi sebetulnya karena TDL itu LUAS banget ternyata ^^;

Oiya, selain ride dan show, tentu saja disini betebaran stand-stand snack ya. Yang paling terkenal mungkin stand popcorn. Disini rasa popcornnya aneh2, sesuai tema dari kawasannya, ditambah tempatnya lucu2 bingit. Soal popcorn ini bakal gw bahas di post selanjutnya ya, soalnya gw baru beli di TDL.

Last, beberapa saran dari gw:
1. Kalau pecinta theme park, dateng dari buka, pulang pas tutup. Seriusan XD Jadi ente ga rugi (kalau ngga, ya ga usa)
2. Inget, ambil fast-pass, sangat membantu.
3. Prioritaskan mau naik apa. Apalagi kalau antriannya puanjang. Pas gw disini, bisa gw bilang TDS ga terlalu rame. Itu aja ga kejamah semua.
4. Banyak banget toko suvenir disini, dan biasanya berbeda isinya satu dengan yang lain. Yang harus lu ingat adalah... jangan kalap. Karena emang semua barangnya lucu-lucu, tapi juga mahal *namanya juga daerah turis*
5. It's a place for everyone, ga tua, ga muda, ga bocah, ga cewek, ga cowok pasti menikmati tempat ini... mungkin sih. Tapi asli ini bener-bener place of happiness menurut gw. Jadi jangan sia-siakan fasilitas yang ada disini. Hajar semua!

all pics are mine unless stated otherwise

Pengeluaran:
- PP Minami Senju - Tokyo Disney Sea = 1320 yen
- Makan + snack seharian = kurang lebih 1000 yen (makan 1x doang, snack roti, pulang beli sandwich di 711)

*ends*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar