Pages

Sabtu, 07 September 2013

AFA ID - Anime Festival Asia Indonesia 2013

Konbanwa! Hari ini, 7 September 2013, eyke (saya) pergi ke AFA!

Buat yang ga tau AFA itu apa, ini adalah salah satu festival (kalau dari namanya) bertemakan A-NI-ME alias ANIME atau kata orang sana, kartun dari Jepang. Jadi all about ANIME lah disini. Pastinya ada cosplay, pameran macam-macam action figure dan goods anime dan ada konser artis Jepang disini. FESTIVAL!

AFA ini dimulai pertama kali tahun 2012 di Kemayoran, Jakarta Utara. Waktu itu gw sendiri ga dateng, dikarenakan jarak dan kemalasan gw lebih tinggi dari niat gw. Tapi dari berita yang gw baca sih, yang paling ketara alias paling membekas adalah antrian tiketnya yang luar biasa sekali... panjangnya :D Ga heran di AFA 2013 ini komentar orang-orang (pas gw baca di Fanpage AFA ID) adalah "Tolong tingkatkan sistem ticketing kalian, supaya kami tidak terlalu lama antri" -- semacam itulah. AFA ID 2012 cuma berlangsung 2 hari sedangkan di 2013 ini bertambah 1 hari menjadi 3 hari berturut-turut (6,7,8 September 2013) dan diadakan di JCC (Jakarta Convention Center) yang lebih deket dengan rumah aye :)


Menurut gw yang paling ditunggu dari AFA ini adalah konser artisnya alias bagian ANISONG. Di AFA sendiri artis yang hadir itu tentunya yang pernah mengisi soundtrack dari sebuah anime. Di tahun 2012 artisnya adalah 7!! (Seven Oops), Bless4, Ichiro Mizuki, LiSA, angela, KOTOKO, Sea☆ A, dan Stereopony. Sementara di 2013 ini ada Eir Aoi, May'n, Aya Hirano, Baby Metal, fripSide, dan KALAFINA. Dari jejeran artis ANISONG 2013 sekarang, gw sangat menantikan KALAFINA :D Sedari 2012 gw berharap kalau KALAFINA bisa jadi artis ANISONGnya :D Dan ketika harapan itu terkabul, gw akhirnya ga nonton juga hahahahaha :D

Kalafina, photo taken from AFAID website


Oke masuk ke bagian perjalanan saya di AFA ID.

Janjian ma temen gw yang sesama pecinta anime (walau dia bilang dah mau pensiun) di deket Ratu Plaza jam 9. Dengan harapan setenga 10 kurang dah ngantri. Acara di AFA ID sendiri baru buka ticket box jam 8 pagi. Gw bilang dateng pagi biar lebih enak ngantri tiket karena ya masalah yang gw sebutkan di atas. NGANTRINYA GILA-GILAAN.

THAT'S MY EXPECTATION.

REALITY: jam 9 temen gw belom nyampe aja dong. Dan nyatanya jam 10 baru nyampe sana =w= TAPI ekspektasi gw dalam antri tiket bener-bener di luar dugaan. NGANTRINYA KAYAK ULAR NAGA. Gw sama sekali ga paham sama antrian ini kok bisa panjang banget. Tapi yah namanya juga dah dateng ya, bertahan saja. Gw dan teman gw mencoba ikut antri (sambil tetep ga paham) dan komentar2 sama suasana di sana. Semua cosplayer yang lewat gw komentarin. Mulai dari yang "Gila niat banget bikin kostumnya" ampe "Itu cewek apa cowok?". Skip bagian komentar. sekitar 1 jam kemudian *fast forward* gw bisa maju sekitar kurang dari 25 meter (GILA GA SIH T___T) sambil kepanasan! Sebetulnya gw pengen ngomel2 kayak yang di belakang samping depan kanan kiri (alias banyak) Tapi ya maaf umur dah kepala 2, pencitraan dong.

Hmmm... Nah ga lama dari 1 jam kemudian itu... Ada semacam keramaian terjadi. Entah kenapa sebagian (kecil) orang pergi dari antrian terus pergi entah kemana. Gw yang terheran langsung nyuruh ke temen gw buat memantau keadaan di tempat orang kabur tadi. Gw sendiri tetep di antrian. 5 menit berlalu temen gw ga kunjung balik lagi. ETDAH. Ada apa iniiiii~ Gw tanya, ternyata temen gw dah masuk babak baru yaitu ke gerbang kemenangan antrian yang udah lebih deket ke ticket box (lumayan jauh dari tempat gw ngantri bedanya). Usut demi usut ternyata temen gw cuma ngikutin orang dan nyempil kayak upil. Akhirnya nyampe sana deh :P Beruntung bingits.

Yah anggeplah keseluruhan gw ngantri tiket itu 1 stenga jam. FIUH ga sih? FIUH BANGET. CAPEK POLL. Untung temen gw bisa dapet shortcut yang lumayan. Ga kebayang kalo ngga :(

Tiket sendiri ada macem-macem di AFA 2013 ini.
1. Exhibition (only) IDR 65.000. Aksesnya cuma sebatas di daerah Exhibition atau pameran-pameran aje.
2. Stage IDR 150.000 Aksesnya ampe ke stage dimana tempat cosplayer-cosplayer kondang, special guest dan bisa nonton film-film anime.
3. Concert IDR 380.000 (GA) or IDR 750.000 (VIP) Akses sampe konser. Bisa masuk Stage, bisa masuk Exhibition. VIP itu bisa dapet ttd artisnya. HASEK YA. MAHAL TAPI KAN? lol

Kalau ibarat di Shingeki Kyojin itu Exhibition = Wall Maria, Stage = Wall Rose dan Concert itu = Wall Sina *kebanyakan nonton Shingekyo*.

Gw sendiri cukup beli yang 65.000 IDR alias Exhibition only. It's enough for me. Cuma mau tau aja sih kayak apasih si AFA ini.

Demi dia, saya ngantri 1,5 jam

Oke sekarang masuk ke dalem. Ga boong ya ini bener-bener mengerikan. Bahkan deket pintu pun udah ramai orang. Gw makin ga paham sama isinya. Gw bilang ma temen gw mending makan dulu deh isi tenaga sambil duduk. Maklum 1,5 jam ngantri tiket kan ga pake duduk. lol

Oiya ini peta AFA 2013..
taken from AFA fanpage on Facebook

Jadi gw ke Basement dulu buat makan dan disana gw memilih Yoshinoya. Ga ada alasan khusus. Kenyang makan, gw mulai meraba-raba isi AFA dari bawah. Seperti yang bisa diliat di peta ada AFA Cafe. Afa Cafe sendiri adalah tempat yah semacam Butler dan Maid Cafe. Intinya di sana ada pelayan cowok dan cewek. Bedanya kalau biasa kita liat pelayan restoran biasa mukanya culun atau ga jelas atau biasa aja, disini Anda bisa melihat muka pelayan yang lebih cakep dan lebih kece dari Anda. Keliatan menarik ya? Tp seperti biasa antriannya bikin gw tetep ga paham. Menurut gw yang Maid lebih menarik daripada Butler. Yang butlernya byk yang cantik daripada dibilang Ganteng :p Sementara yang cewek ada yang cakep menurut gw *kenapa gw cewek bilang ginii oooooooo* *masih straight kok tapi*

photo taken from AFAID website

Dari AFA Cafe gw meluncur ke bagian Creative dan Community Zone. Disitu menurut gw nothing special *digebok*. Isinya semacam komunitas-komunitas yang jual merchandise semacam pin, poster, dll dari karakter anime, tapi ini versi Fanart alias mereka (?) bikin sendiri :) Menurut gw gambar-gambar mereka cukup berbakat. Ada yang bagus banget tapi gw ini orang nya pelit banget buat beli semacam fanart lol. Tapi gw pernah kok beli pin "Japan" dan "Italy" dari Hetalia di acara Jejepangan beberapa tahun yang lalu. 

Oiya di tempat yang sama ada panggung juga yang ternyata juga adalah panggung Cosplay. Gw sempat melihat Gundam Hitam disana (gundam kan? bener kan?) dan Reika di sana :D Beda banget lho crowd antara yang mau liat Reika sama sebelumnya ;p Maklum Reika asli buatan Jepang alias Nihonjin. Jadi disini agak-agak kyaaaaa gimana gtu. Capek liatin orang cosplay, gw dan temen gw memasuki babak baru, lantai 1!

Disini bener-bener makin penuh. Gw semakin ga paham lagi (terus aja Deb). Gw langsung mengincar ke bagian Gramedia sembari mau melihat komik... diskon :D Permisi demi permisi mulai dikumandangkan dan akhirnya sampailah kami di bagian Gramedia. Oh iya katanya kalau bawa potongan iklan AFA di kompas tanggal tertentu bisa dapet hadiah special. Ceritanya sih gw dah bawa ya ;p Tapi pas eksekusinya, orang yang jaga malah bingung. Hello, kenapa bingung situuuu -,- Untung ada Ibu-ibu sebelah yang ikutan ngotot. Entah dapet ilham darimana tu penjaganya, dikasihlah kita orang block note Beelzebub 1 biji. Merasa ga tertarik (ga pernah baca/nonton Beelzebub), gw langsung kasih tu block note ma temen gw -,- Agak sia-sia ke sini. Niat awal mau borong komik, eh malah komik2nya udah kebeli semua.

Oiya pas sebelum nyampe Gramedia gw melihat mesin Gachaaa~~ (kalau di peta di bagian BANDAI) Apa itu? Itu lho yang dimasukin koin trus goyang goyang *SALAAAAHHHHH*... Maksud gw, mesin isi mainan yang mesti kita masukin koin dulu, puter trus keluar deh mainannya yang kayak telor itu. Isinya random alias ga cuma 1 macem. Jadi untung untungan deh. Gw sendiri 2x nyoba di bagian Gintama :D dan dua-duanya dapet Gin-San. OHMYYYYYY. 

Selepas Gramedia gw menjelajah lagi lagi dan lagi. Kali ini gw mencari stand Animonster karena gw yakin dia punya promo (maunya sih dapet gratisan kayak waktu di pameran toys-toys something di WTC Senayan). Ternyata eh ternyata, kawasan Animonster alias Megindo ada di bagian perbatasan. IGS dan AFA ID. IGS adalah Indonesia Game Show yang ternyata juga buka pameran di hari dan tempat yang sama dengan AFA (beda aula aja). Namanya juga daerah perbatasan, isinya juga ya perbatasan, antara ga ada sama dikit :D Di stand Animonster, promo mereka buy 1 get 1 free :) Gw sendiri beli Animonster edisi terbaru (cover Gintama) sama Animonster cover Shingeki no Kyojin (bonusnya)

Balik ke kawasan AFA, gw bilang ma temen gw, gw mau liat booth Shingeki no Kyojin. Ini salah satu anime yang lagi bekeeenn banget di dunia. Iya dunia, soalnya animenya masih tayang sampe gw menulis post ini dan gambar, doujin, fanart mereka masih bertebaran di seantero internet. Maksud hati mau liat-liat dulu boothnya, eh di booth SAO (Sword Art Online) dah dikasi peringatan ma yang di atas (cicak). Di booth SAO ada tulisan "Silahkan naik ke lantai 2 untuk mengantri di booth SAO" wtf? Gw lagi-lagi ga paham. SEBEGITU BANYAKNYA ORANG KAH? Tapi gw tetep maksa buat ke booth Shingekyo. Tiba-tiba gw menemukan sekumpulan antrian lagi, dan gw curiga, jangan-jangan ... ini boothnya (Shingeki no Kyojin). Pas mau melewati antrian, gw sempet disangka mau nyelak antrian, ahhahahahaha sorry yah, gw cuma mau bilang minggir tapi gw ragu, jadilah gw berenti di tengah-tengah manusia berkerumun dan terkesan mau nyelak.

Pas liat booth Shingeki no Kyojin (baru keliatan tuh boothnya), woooowww yang ga ngantri aja padet merayap, alias di sekitaran situ terjadi stuck yang ga jelas kenapa -____- Oiya harga topeng si Colossal Titan katanya 1 juta lho hahahha mamammm. Tp bantalnya Levi sama Eren disitu lucuuuww :3 Baguslah tapi gw ga beli, pasti gw dah meraung-raung nyesel sekarang kalau gw beli (liat harga dan membandingkan dengan kegunaan)

Bosan sama antrian, ga lama gw jalan-jalan terus nyampe di booth Animax. Disitu gw liat ada yang difoto, eh apa ini lucu sekali! Trus gw liat lagi, eh ternyata ga cuma difoto, dikasi Clearfile!! DAN ITU HYOUKA :'D Mau sihhh, tapi pasti bayar! *pikiran mayoritas orang Indo -- mana ada yang gratis di dunia ini*

Temen gw entah kenapa langsung narik gue buat ikutan, tapi sebelumnya dia nanya "bayar ga?" ke staff nya (mungkin doi juga pengen sama clearfilenya). Dan jawabannya adalah "GRATIS! nanti dapet Clearfile Hyouka, trus fotonya diunggah di facebook Animax"... WOOOOOWW THIS IS WHAT I WANT. Barang gratis, antrian masuk akal dan GRATIS :'D dapet Hyouka pula TwT *Oreki i love youuu* *bahagia* *mental gratisan*

Setelah itu gw ke mesin Gacha, yang ceritanya sudah gw ceritakan di atas. Selepas itu gw dan temen gw langsung bilang "Yuk ah cabut, dah capek"... lol bener bener udah tua. Kita berdua nongkrong dulu di daerah perbatasan IGS dan AFA. Sambil beres beres merchandise yang didapat :)

So what I've got today?
- 2 majalah Animonster dengan harga 1 majalah normal = 38.000 IDR
- Phone strap Gin-san 2 biji dari mesin Gacha = 60.000 IDR (1 kali maen 30k = 2 koin)
- Clearfile Hyouka =  Gratis
- Capek, kaki pegel, keringetan lol

Saran:
- Buat yang mau ke AFA ID dan cuma liat Exhibition, usahain SEPAGI mungkin. Jangan malas, atau Anda hanya akan melihat antrian bagai ular naga panjangnya bukan kepalang terutama pas weekend.
- Mau nonton konsernya? Beli online! Termasuk buat yang beli access Stage. Karena di tengah-tengah, bagian Redemption dipisah dari yang cuma beli tiket, menghemat waktu Anda.
- Bawa minum atau makan dari rumah :'D Lebih hemat kk!
- Siapkan duit TUNAI Anda, jaga-jaga siapa tau bakal kalap di sana :p
- Kalau berniat beli merchandise, disarankan untuk beli dulu, alias ga pake jalan-jalan dulu. Stand ga kemana-mana, tapi antrian bisa makin panjang, barang bisa abis :)
- Dateng hari pertama, karena bisa dipastikan stock masih fresh alias masih BANYAK.
- Hargai pengunjung lain, tunjukkan sopan santun Anda. Belajarlah antri dan tertib.
- Yakini dari awal (terutama di weekend) kalau ini bukan acara rame, tapi RUAME BANGET dan gw yakin pengunjungnya bakal terus bertambah tiap tahun. Jadi, selamat berjuang anime lovers.

Last,
I don't think I want to go to this event again hahaha. This is the first time and maybe will be the last time. Semoga tahun depan lebih baik lagi yaaa. Iya, maksud saya lebih LUAS tempatnya.

No photo about cosplays or booths because I was too lazy to take a picture since it was too crowded :] Isorry!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar