Pages

Sabtu, 01 Maret 2014

Babak 1: Bikin Visa Jepang... Yuk maree! [Part 1]

Seperti yang pernah gue tuliskan di blog ini, gw ada lah seorang penggemar anime dan manga yang kemudian berkembang menjadi penggemar Arashi dan itu artinya... gue pengen pergi ke Jepang.

Sebelum pergi ke Jepang kita harus punya apa yang utama? 

Visa? Belum tepat.
Paspor? Yah belom tepat juga.

Yang harus kita punya ya UANG.


Kita skip bagian cara mendapatkan uang ya, saya ga bakal bahas ini karena judulnya bukan itu. Okesip!
Setelah punya uang, bikinlah paspor. Caranya pernah saya kasih tau di sini, tp ga tau ya kalau masih berlaku tu cara ato ngga. Secara bikinnya 2 tahun yang lalu, tahun 2012 :)

Yah sudah punya Paspor dan Uang mari kita maka kita boleh masuk ke babak selanjutnya, bikin VISA JEPANG.

Sebetulnya sih udah banyak banget postingan yang membahas soal visa Jepang. Ada di Kaskus (ada threadnya) ada di blog2 orang. Contohnya di blog ini, ini dan ini. Tapi karena saya kepengen nulis juga, jadi ya, saya nulis ginian juga. Okelah.

Secara gue ke Jepang dengan tujuan WISATA dan biaya sendiri (maunya sih biaya dari Pak Presiden, tapi belom kenalan sih, jadi ga enak minta-minta duit) jadi disini bakal diceritain pengalaman gue bikin:

Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri  eng ing eng!

Yang sudah gue lakukan sebelum apply buat visa:
- Beli tiket pesawat PP CGK-HND-KIX-CGK (yang artinya, Jakarta-Tokyo (Haneda)-Osaka-Jakarta) pake Air Asia (panjang cerita sebelum memutuskan pake Air Asia)
- Booking penginapan via agoda dan booking.com semua yang under 3000yen/semalem/seorang
- Browsing tentang tempat2 yang bakal di kunjungi di Tokyo, Kyoto, Osaka
- Ngirit, nabung, berhemat, pinjem duit ma papa buat dimasukin ke tabungan biar makin cantik dilihat saldonya.

Sementara syarat-syarat yang ada di kedutaan adalah: LIHAT DISINI (hayo klik aja, biar pasti, siapa tau gue sesat)

Nah abis itu gue liat lagi yang belum gue punya yaitu:
- Fotokopi KTP (gampang, tinggal criiiiingggg)
- Fotokopi buku tabungan selama 3 bulan terakhir

Berikut gw tuliskan side story cerita gue mendapatkan printout buku tabungan BCA 3 bulan terakhir, berhubung eyke 5 tahun sekali baru print out, sehingga harus berurusan dengan yang namanya GTU (g(i)tu)

*silahkan dibaca jika punya waktu luang LEBIH* *jika berminat silahkan klik tulisan Buka* *ga penting buat yang bukan nasabah BeceA*

Begini ceritanya:
Jumat 21 Februari 2014.
Diajak temen bikin Visa minggu depan, dan gue baru sadar kalau gue belom print buku tabungan. Browsing lah gue di internet. Lho kenapa? Karena gue GA PERNAH PRINT BUKU TABUNGAN SEUMUR HIDUP GUA. Gue bikin tabungan BeceA semenjak kuliah di Binyus tahun 2007 dan di buku tabungan gue yang amat sangat polosssssss dan mulus, cuma ada sekitar 6 baris print-an. 2 baris pertama di print sendiri (tanpa gue minta) pas buka buku tabungan. 4 baris selanjutnya, di print sama bapak gue tahun 2012 (LMAO). 5 tahun jedanya pemirsa! 

Gue browsing bukan karena gue ga ngerti cara nge print, melainkan karena gue pas liat 4 baris terakhir kok seperti digabung ya transaksinya... jadilah gue browsing2 dan kemudian dibilang kalau BeceA itu menggabungkan transaksi2 kalau ga di print2. Kalau ga salah 24 transaksi dan yang akan di print itu CUMA 1 bulan terakhir. DOR! Bagaimana ini, pas browsing syarat2 visa mesti fotokopi buku tabungan selama 3 bulan terakhir. HAAAAH.

Senin 24 Februari 2014
Pergi ke BCA deket kantor (Pancoran) demi ngeprint. Pas di print ternyata benar, GTU lageeee. cuma nambah sekitar 8 baris. di sana dibilang "Mesti ke bank tempat buka rekening bu kalau mau liat detailnya, di Binyus (tempat gw buka rekening). Bilang minta dibukain GTU nya. Setiap GTU bayar Rp 5.000 ya." Hoooo... Apalah itu GTU singkatannya, tapi intinya sih gabungan dari transaksi2 kita. Nah minta dibukain GTU maksudnya kita minta di break down alias dipecah lagi transaksi yg udah digabung itu, jd lebih detail. DAN BAYAR. NAJIS. ITU KAN HAK KITA. PLIS DEH BECEA, udah potong administrasi GEDE banget, masih aja minta duit ginian. Tapi gue yakin transaksi gue dikit jd ga masalah lah. 

Gue nanya lagi: "Mbak, itu prosesnya berapa hari ya?"
Mba CS: "Langsung jadi kok hari itu juga"
Gue: *sumringah* "Oh, gitu ya. Langsung jadi ya"
Mba CS: "Eh, Binyus ya, kalau ga salah itu KCP ya, jadi mesti ke pusat dulu di Wisma Asia, paling nunggu 2-3 atau 4-5 hari, tapi prosesnya harus ke Binyus dulu"
Gue: *pengen nabok Mba2 ya* *nahan diri*"... Oh, ya oke deh. Makasih ya" PHP banget lu mbak.

Selasa 25 Februari 2014
Go To Binus demiiiiiiiiiiiiiii si GTU. Bertemu dengan kampus lama. Okelah disini gw melepas rindu gw dengan duduk di depan Kitchen anak2 Perhotelan *penting*. Ga sih, maksudnya gw sambil nunggu si Bank buka ya gw duduk disitu, deket colokan soalnya.

08.30WIB
Melangkah dengan pasti ke dalam BCA, skip bagian ketemu pak satpam dan langsung ke CS.
Kebetulan dapet CS Cewek yang masih fresh (secara masih pagi, baru buka) dan gue nampaknya customer pertama doi. Kenalkan namanya Aidi. Cantikkkkkkkkk. "Mbak mau break down GTU " lalu kemudian doi dengan sigap menyiapkan segala sesuatu yang harus diperlukan. Diteruskan dengan nunggu-nunggu-nunggu.

Sekitar jam 9.15 WIB urusan gue kelar. Lho? Lama bangettt. Soalnya gue sekalian bikin key BCA. Mungkin itu yang bikin lama. Trus GTU nya? DAPET DONG. Ternyata ga harus nunggu. Si Mbak Aidi langsung ngasih hasil print-an GTU nya, yang gue ampe sekarang ga ngerti kenapa dia ga minta 10 ribu sama gue. Apa dipotong dari Saldo gue langsung? Entahlah. Jadi kata2 Mbak BeceA pancoran tentang harus nunggu adalah SALAAAAAAHHHHHH BESARRRR.
Saran gue: Bagi Nasabah BCA, coba di print tabungannya terus ya kalau ga mau buang2 waktu kayak gue. Sebulan sekalik.

Oke setelah punya fotokopi buku tabungan beserta saldo yang agak cantik (di angka 25, 15 nya minjem bapak gue lol) gue browsing-browsing lagi syarat2 tambahan yang KATANYA akan lebih memudahkan Anda mendapatkan VISA Jepang.

1. Surat Keterangan Kerja
Ini ga ada di web kedutaan. Awas lu bilang ada. Udah gue baca ampe butek ga ada kok... Awalnya gue ga mau sih. Ribet cuy. Gue ga doyan minta ginian ma HRD. Why? Karena gue pasti dimintain oleh2. MALESNYOOOO. *ditembak shot gun ma org HRD*

2. KK & Akta Lahir
Setau gue ini ada di syarat "Apabila pemohon lebih dari 1" atau kalau kita pake tabungan orang tua kita. Jadi ini menerangkan kalau 'ini lho tabungan bapak emak gue, ini lho buktinya kalau gue anaknya' nah emang penting ya? Kan gue pake tabungan gue (meskipun isinya 70% minjem). Dan di KK gue masih "Pelajar" dan disitu nama gue ada marga nya, which is ga ada di Paspor Takutnya sih bikin ribet (lagi-lagi sotoy) Ugh.

Itu tadi syarat-syarat tambahan yang GA ADA TERCANTUM di syarat-syarat visa di web kedutaan. TAPI pada akhirnya gue ikutin juga karena

- KTP gue masih "Pelajar", satu2nya cara yang bisa bilang "Gue dah kerja" ya surat keterangan kerja (asumsi gw aja)
- Gue bisa bikin surat keterangan sendiri dengan kop surat kantor dan bos gue dengan baiknya tanda-tangan ;) Yah sebut saja gue curang. Tapi ya emang itu enaknya kantor gue ;p
- Claudia Kaunang di twitter bilang "SEBAIKNYA disertakan KK dan Akta Lahir"

Jadi inilah yang gue kasih buat apply visa:

1. Paspor
Paspor ASLI ya bukan paspor maenan. Iyah yang warna ijo, yang ada gambar burung garuda. Lu ga perlu fotokopi (kecuali kalau situ pengen) dan pas lu ngasih, kalo pake sampul ya dicopot ajah ya gausa ngasih pake sampul2 nya :))))

2. Form Applikasi Visa
Donlod, dan isi. Diketik atau tulis tangan, sami mawon. Di form diharuskan di TEMPEL foto terbaru -- 6 bulan terakhir (tempel sodara-sodara bukan dijilat, apalagi di staples) dengan ukuran 4,5cm x 4,5cm background putih. Yah kalau ga mau ribet ke foto studio aja ya. Minta yang buat visa Jepang. Kalau studio fotonya ga ngerti, langsung keluar dari situ, cari yang lain.

3. Fotokopi KTP
Yang ini fotokopi aja, karena situ pas ngasih visa ini juga ga mungkin punya KTP asli soalnya mesti dituker di depan pas masuk ke dalam kedutaan.

4. Tiket PP pesawat
Ini yang membuktikan pergi dan pulangnya engkau dari negeri sakura. print saja, item putih ga masalah. gue malah print dengan kualitas draft. yeah hemat tinta... kantor.

5. Itinerary  
Jadwal perjalanan ente mau kemana, kasih tau ya disini. Formnya donlod sini, gausa dibikin sendiri ;p Boleh tulis tangan boleh diketik. Saran: Disesuaikan dengan budget (bukti keuangan --liat nomer 6). Kalau cuma 5 juta di tabungan, jangan tulis ke Tokyo trus Kyoto, Osaka, Fukuoka, bahkan Sapporo atau Hokkaido. Bisa DITOLAK visanya. 3 tempat aja 1 hari. Dan ga usah yang terkesan hedon ya biar kemungkinan visanya di-approve lebih tinggi. Yang umum juga aja gausa detail-detail amat pake jam-jam segala, ribet kan? Ahaha tp kalo niat yaudah. Pada akhirnya pas di sana ga ngikutin itinerary ini juga ga masalah, siapa juga yang tau.

Oiya disini juga eyke nyertain print voucher hotel yang udah di booking :) Yup booking-an hotel yang udah ente pesen. Kalau akhirnya mau di cancel dan ganti hotel/penginapan ya ga masalah.

6. Bukti keuangan ente
Seperti yang sudah dibilang, saldo 3 bulan terakhir agan, gausa rekening koran sih. Soalnya gue juga ngga. Lagian kan di syaratnya juga dibilang Rekening Koran ATAU buku tabungan. Jadi yang bilang HARUS rekening koran, kata siapa tuh, sotoy ah. Sesuaikan lah sama itinerary Anda. Kalau cuma 3-5 hari ya kayaknya 5 juta jg oke ya :D Kata orang rumusnya 1 hari x 1.000.000 rupiah. Kalo kata temen gue 1 hari x 2.000.000... gue sendiri mengambil rumus temen gue (bisa minjem, ya gampang)

7. Dokumen lain-lain
Surat keterangan kerja, Akta Lahir sama Kartu Keluarga. yah moga-moga aja bantu. Ibarat mereka liat "Oh masih ada keluarga disini, pasti pulang lah"

Nah semua itu disusun urut (kecuali nomer 7 gue ga ngerti mesti naro dimana, jadi aja gue naro paling belakang) di kertas A4, KTP pun ga gue potong (ga tau deh kalau boleh kertas lain, kayaknya sih mesti A4)

Sesudah itu tarolah di amplop biar ga ilang dan berceceran. Bila sudah siap semua. Berangkatlah kau ke Kedutaan JEPANG *alamat ada di bawah tuh*

Jam 08.30-12.00 WIB untuk Apply Visa
dan
Jam 13.30-15.00 WIB untuk Pengambilan Visa.

WEEKEND TUTUP. Jadi Senin-Jumat ya ngurusnya :)

If you're not sure about something, hanya mendengar KATANYA KATANYA, daripada berpersepsi sendiri dan bertanya pada orang-orang (yang walaupun sudah pernah apply visa tapi kan mereka bukan orang kedutaan), boleh kok telepon ke kedutaannya langsung. "Katanya" sih mereka dengan senang hati bakal membantu kamyuuu. Why i said "katanya"? Karena gue juga ga pernaaaahh... dan sebelum bertanya ada baiknya membaca FAQ berikut. Siapa tau pertanyaan lo udah kejawab disitu. Ga perlu nelpon lagi toh, ga perlu keluar pulsa toh.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia (Gedungnya warna coklat samping Plaza Indonesia)
Jl. M.H. Thamrin No. 24, Jakarta Pusat (10350)  
Tel: +62-21-31924308   Fax: +62-21-31925460   Fax: +62-21-3157156 (Bagian Konsulat/VISA)

Cerita gue bakal dilanjutkan di post selanjutnya (soalnya ini panjang banget kayak novel)

Buat kalian semua yang sedang apply visa ... GOOD LUCK!

2 komentar:

  1. mau tanya doong aku jg mau apply visa jepang tapi GTU nih tabungannya ;p nah.. jd yg disertakan tuh forokopi tabungan + breakdown GTU nya aja (breakdownnya di lembar terpisah kan?) atau minta rekening koran lengkp dari bank nya ya? makasiih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo :) Iya pake fotokopi tabungan sama break down GTU juga udah cukup (yup lembar GTU nya dipisah). Ga usah rekening koran. Semoga membantu ya. Good luck apply visanya ^^

      Hapus